Pelaku Pemboman Polrestabes Medan Diduga Dibrainwash oleh Sosok Misterius Ini, Hal Inilah yang Ditemukan dari dalam Rumahnya

Sabtu, 16 November 2019 | 15:00
Tribun Medan

Polisi dan tentara menjaga seputaran rumah SA yang diduga terkait pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes, Kamis (14/11/2019).

Suar.ID -Pihak kepolisian telah menggeledah sebuah rumah yang diduga merupakan milik guru ngaji pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara.

Dari penggeledahan yang dilakukan oleh pihak kepolisian, ditemukan sejumlah barang bukti.

Pelaku, RMN, diduga terpengaruh paham radikalisme dari istri, D, dan guru mengaji.

Melansir dari Tribun Medan, Wakapolda Sumatera Utara, Brigjen Mardiaz Kusin Dwihananto, menerangkan bahwa pihaknya telah menyita sejumlah barang saat melakukan penggeledahan.

Baca Juga: Sebelum Melakukan Aksi Bunuh Diri, Beginilah Tingkah Laku dari Pelaku Pemboman Polrestabes Medan di Mata Tetangganya: Pergi Pagi, Pulang Malam

Diantara barang yang disita tersebut adalah busur panah, pipa, fotocopy-an, dan surat khilafah.

Dari ChannelYouTube KompasTV, Kamis (14/11/2019), Mardiaz mengatakan saat ini pihaknyatelah mengantongi identitas dari guru mengaji tersebut.

Hanya saja, Mardiaz enggan menyebut identitas pimpinan pengajian itu.

Dia menyebut bahwa petugas masih bekerja keras untuk mengusut kasus ini.

Baca Juga: Suaminya Lakukan Bom Bunuh Diri di Medan, Istrinya Ternyata Siap Lakukan Hal Menakutkan Ini di Bali, Sudah Kontak dengan Sosok Mengerikan Ini

Sebelumnya, polisi telah menggeledah rumah RMN dan mertuanya.

"Dalam interogasi kepada istri pelaku, menyampaikan adanya kelompok-kelompok, kelompok mengaji," ujar Wakapolda Sumut.

Namun, Mardiaz tentunya belum dapat langsung menduga guru dari RMN termasuk pelaku atau tidak.

Mardiaz mengatakan saat ini masih dalam tahap mendalami dan pengembangan untuk mengetahui motif dibalik kejadian bom bunuh diri yang terjadi di Mapolrestabes Medan pada Rabu (13/11/2019).

Tribun Medan
Tribun Medan

Polisi saat melakukan penggeledahan di rumah berwarna hijau oranye yang merupakan rumah terduga pelaku bom bunuh diri Dedek di Gang Melati VIII Marelan.

Baca Juga: Disebut berstatus mahasiswa, ternyata begini sebenarnya riwayat pendidikan pelaku bom bunuh diri di Medan

Sejauh ini, polisi telah mengamankan istri dan kedua mertua pelaku.

Sebelumnya, Kapolda Sumatera Utara, Irjen Agus Andrianto menerangkan pelaku telah terpapar radikalisme dari media sosial.

Mengutip dari Kompas.com, Agus mengatakan pihaknya sampai saat ini belum mengetahui pelaku berasal dari kelompok siapa.

"Ini kemungkinan adalah, masih belum bisa kita ketahui siapa kelompoknya."

"Hanya ada kemungkinan mereka dari jaringan yang lain atau mungkin satu jaringan yang belajar dari media sosial," terang Agus di sela Rapat Koordinasi Nasional Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Baca Juga: Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri Medan yang Beratribut Ojol Ternyata Sempat Melakukan Hal Ini saat Dicegat Masuk oleh Petugas

Lebih lanjut, Agus mengungkapkan Polda Sumut bersama Polres Medan dan Densus 88 Antiteror Polri sedang mendalami penyelidikan mengenai kasus bom bunuh diri itu.

Tak hanya itu, polisi juga akan mendalami motif dan potensi jaringan yang ada, serta memeriksa catatan yang dimiliki pelaku dan keluarga.

"Kami akan mengembangkan hasil temuan olah TKP ini, kemudian pengembangan dari catatan pelaku dan keluarganya," kata Agus.

"Kemudian bersama-sama dengan Densus 88 untuk melakukan upaya stabilitas wilayah keamanan Sumatera Utara," imbuhnya.

Baca Juga: Bom Bunuh Diri di Medan Ternyata Hadiah untuk Sosok yang Baru Dipilih Presiden Jokowi Ini, Adik Amrozi juga Buka-bukaan kenapa Aksi Ini Gagal

Diketahui, lima rumahtelah digeledah polisi.

Satu rumah di Jalan Jangka, tiga rumah di Marelan dan satu rumah di Belawan.

Saat ini polisi masih mengejar guru mengaji RMN.(Abdi Tumanggor/Tribun Medan)

Artikel ini telah tayang di Tribun Medan dengan judulPOLISI Buru Guru Ngaji Pelaku Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan, Ini yang Ditemukan dari Rumahnya

Editor : Adrie P. Saputra

Sumber : Kompas.com, Tribun Medan

Baca Lainnya