Masih Ingat Selir Cantik Raja Thailand yang Pakai Tanktop Sambil Kemudikan Pesawat? Kini Pangkat Selirnya Telah Dicabut karena 'Rakus' Kekuasaan!

Kamis, 24 Oktober 2019 | 08:00
Thailand Royal Office

Suar.ID -Raja Thailand telah menghukum seorangselir dengan menanggalkan semua gelar, status, dan pangkat militernya karena tidak loyal.

Hal ini dilakukan oleh Raja Thailand hanya tiga bulan setelah sang selir ditasbihkan gelar tersebut.

Dilansir dari CNN pada Selasa (22/10/2019), Sineenat Wongvajirapakdi, 34 tahun, telah dianugerahi gelarselir pada 28 Juli.

Ia merupakan wanita pertama yang diberi pangkat tersebut dalam hampir satu abad.

Thailand's Royal Office
Thailand's Royal Office

Baca Juga: Istana Thailand Rilis Foto Candid Selir Resmi Raja Thailand Hanya Pakai Tank Top di Kokpit Pesawat, Situs Istana Langsung Jebol

Tetapi pemberitahuan resmi, yang dirilis Senin oleh Kerajaan Thailand, mengumumkan bahwa Raja Maha Vajiralongkorn telah menarik semua gelar kerajaan dan pangkat militer yang dimiliki olehSineenat karena ambisinya yang ingin setara dengan ratu.

Menurut pemberitahuan itu, Sineenat sebelumnya telah berusaha untuk menghalangi istri Raja, Suthida Vajiralongkorn Na Ayudhyauntuk dinobatkan menjadi ratu.

Sineenat jugameminta ditunjuk sebagai pengganti ratu tersebut.

"Setelah pelanggaran berulang-ulang dan upaya campur tangan dengan urusan kerajaan, Yang Mulia Raja dengan ramah memberinya gelar Royal Noble Consort pada bulan Juli dengan harapan bahwa Sineenat Wongvajirapakdi akan mengurangi tekanannya dan mengubah perilaku dan tindakannya," kata pemberitahuan itu.

Baca Juga: Seragam Sekolah Seksi di Thailand Kini Dilarang, Bila Nekat Bisa Didenda Rp 13 Juta dan Dipenjara

Namun, Sineenat 'melampaui kewenangannya', bertindak tanpa persetujuan Raja dan menentang tradisi kerajaan, kata pemberitahuan itu.

"Tindakannya dianggap tidak loyal dan tidak tahu berterima kasih atas kebaikan dari Yang Mulia," kata pemberitahuan itu.

"Hal ini menyebabkan perpecahan di antara para pelayan kerajaan dan menyebabkan kesalahpahaman di antara masyarakat. Ini merupakan tindakan sabotase terhadap negara dan juga terhadap sistem monarki yang ada. "

Di bawah perintah Raja, Sineenat kini telah dihapus dari posisi pegawai negeri sipil di militer, dan semua lambang yang ia dapatkan, kini telah ditarik.

Thailand's Royal Office
Thailand's Royal Office

Baca Juga: Istana Thailand Rilis Foto Candid Selir Resmi Raja Thailand Hanya Pakai Tank Top di Kokpit Pesawat, Situs Istana Langsung Jebol

Sineenat adalah mantan perawat tentara yang bertugas di unit pengawal kerajaan Raja, dan memegang pangkat militer jenderal utama.

Dia menghabiskan waktu di militer untuk mengikuti kursus peperangan dan uji coba di hutan, menurutsiaran negara Thailand PBS.

Tak lama setelah dia menjadi selir, Kerajaan Thailand merilispotret langka Sineenat dan Raja Thailand.

Dalam beberapa potret, ia mengenakan pakaian formal Thailanddan duduk di sebelah Raja Thailand.

Baca Juga: Tak Disangka! Tiga Biksu ini Menjadi Viral Usai Berhasil Juarai Kompetisi E-sport di Thailand

Di potret yang lain, keduanya berpegangan tangan.

Sebelum dinobatkan menjadi Raja pada bulan Mei lalu, Vajiralongkorn telah mengumumkan pernikahannya dengan Jenderal Suthida Vajiralongkorn Na Ayudhya, yang sebelumnya merupakanselir kerajaannya, dan mengangkatnya sebagai ratu.

Iniadalah pernikahan keempat bagi Raja Vajiralongkorn, yang memiliki dua putri dan lima putra, hanya satu diantara anaknya yang secara resmi diakui sebagai pangeran.(Ervananto Ekadilla/Suar.ID)

Editor : Khaerunisa

Sumber : CNN, PBS, Strait Times

Baca Lainnya