Dipanggil ke Istana oleh Presiden Jokowi, Sosok Calon Menteri Ini Pernah Relakan Rumahnya Digusur Demi Jalankan Tugas Negara!

Selasa, 22 Oktober 2019 | 21:00
Kompas.com

Suar.ID -Selasa (22/10/2019), merupakanharikedua pengumuman menteri di kabinet 2019 dari Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin.

Sudah sekitar 20 calon menteri yang dipanggil di harikedua pengumuman menteri ini.

Salah satu dari 20 calon menteri tersebut adalah Basuki Hadimuljono.

Dari tayangan Youtube liveKompas TV, Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), pada periode 2014-2019, pada pukul 11.36, ia terlihat memasuki Istana Kepresidenan.

Baca Juga: Jadi yang Pertama Dipanggil Jokowi ke Istana Terkait Jabatan Menteri, Ternyata Mahfud MD Punya Rumah Mewah nan Asri, Seperti Ini Penampakannya!

Kedatangannya tersebut ia akui untuk memenuhi undangan dari Presiden Joko Widodo.

Tak jauh berbeda dengan tokoh-tokoh lain yang hadir, Basuki juga mengenakan baju putih karena mendapatkan arahan dari protokoler istana.

"Baru saja (dihubungi), ini langsung. Lewat telepon saja," katanya singkat ketika berhadapan dengan wartawan.

Dalam periode pertama Pemerintahan Jokowi, Basuki Hadimuljono menjabat sebagai Menteri PUPR.

Baca Juga: Akan Ditunjuk Jokowi sebagai Menteri Pertahanan, Siapa Sangka Sosok Tegas Ini Merupakan Anak Mama dan Kecilnya Suka Pakai Seragam Polisi

Dalam menjalankan tugasnya sebagai menteri, rupanya terdapat hal berharga yang harus dikorbankan oleh Basuki Hadimuljono.

Rumah pribadi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono terkena rencana penggusuran.

Rumah Basuki yang terletak di Bekasi, Jawa Barat itu, menjadi bagian dari lokasi proyek jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

Dilansir dari Kompas.com, saat wartawan meminta konfirmasinya mengenai hal ini, awalnya Basuki menolak menjawab. "Enggak penting ah, yang kayak gitu ditanya-tanyain terus," ujar Basuki saat dijumpai di Kompleks Istana Presiden Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Baca Juga: Digadang-gadang akan Jadi Wakil Menteri Bos Gojek, Inilah 8 Foto Cantik Anak Bos Televisi Besar di Indonesia yang Modis Habis

Namun, akhirnya ia memberikan pernyataan.

Basuki menyebutkan, berdasarkan peta proyek Tol Becakayu yang terletak di tepi saluran air Kalimalang, jarak antara rumah dengan saluran itu 15 meter.

Ternyata, proyek jalan tol itu sendiri membutuhkan lahan seluas 24,7 meter.

"Jadi, kena," ujar Basuki.

Baca Juga: Akui Akan Jadi Menteri yang Dipilih Jokowi, Masa lalu Pria Ini Dikuak Oleh Pengamat Politik: Dikenal Sebagai Rising Star

Basuki sendiri baru mengetahui hal tersebut ketika ia merasa perkembangan kelanjutan proyek tol ini dianggapnya lambat.

"Saya tanya kok lama banget kenapa? Ternyata gara-gara enggak berani, kan," ujar Basuki.

Kontraktor pun akhirnya menginformasikan bahwa proyek tol itu harus "memakan" lahan kediaman sang menteri.

"Saya dikasih tahu, ini Pak jalurnya. Lah ini rumahnya (saya). Terusin, jangan dibelokin ya. Karena ini kan yang paling optimal," ujar Basuki.(Fabian Januarius Kuwado/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judulCerita Menteri Basuki yang Rumahnya Kena Gusur Gara-gara Proyeknya Sendiri...

Editor : Khaerunisa

Sumber : Kompas.com, Kompas TV

Baca Lainnya