Malaysia Dikabarkan akan Melegalkan Ganja untuk Keperluan Pengobatan

Rabu, 09 Oktober 2019 | 13:30
analyticalcannabis.com | macleans.ca

Malaysia berebcana melgalkan ganja.

Suar.ID - Malaysia bisa segera menjadi negara Asia Tenggara kedua setelah Thailand, untuk melegalkan ganja untuk keperluan medis.

Melansir dari analyticalcannabis (17/4/2019), perusahaan farmasi Australia THC Global Group Ltd. dan pemerintah Malaysia sedang dalam pembicaraan untuk mengembangkan kerangka kerja kebijakan dan jalan menuju legalisasi ganja.

Sebagai bagian dari proses, THC Global Group telah bermitra dengan perusahaan agri-tech Heleogenics untuk membantu menghasilkan produk ganja medis di negara Asia Selatan.

Jika membuahkan hasil, kolaborasi ini bisa menjadi faktor terakhir untuk mendorong pemerintah meninjau ulang undang-undang narkoba yang sangat menentang ganja.

Baca Juga: Masih Ingat Prada DP yang Mutilasi Vera Oktaria Pacarnya Sendiri? Ini Vonis yang Dia Terima yang Diterima dengan Sedikit Mengganjal oleh Keluarga Vera

Kembali pada Agustus 2018, seorang pria Malaysia dijatuhi hukuman mati karena menjual minyak ganja kepada seorang pasien yang sakit.

Tetapi dalam beberapa hari, puluhan ribu warga Malaysia telah menandatangani petisi untuk mendukungnya.

Kasus ini mendapat begitu banyak perhatian nasional sehingga perdana menteri Mahathir Mohamad dengan cepat meminta hukuman matinya ditinjau ulang.

Pemerintah Malaysia kemudian mengumumkan akan menghapuskan hukuman mati untuk 32 pelanggaran, termasuk tuduhan narkoba, dan anggota parlemen mulai menyusun undang-undang untuk mendekriminalisasi mariyuana dalam kepentinganpengobatan.

Baca Juga: Sudah Sangat Meresahkan, Pelaku Kekerasan Seksual Tertangkap, Diganjar Hukuman 'Kebiri' dengan Anjing Pitbull

Berbicara kepada Bloomberg tentang potensi perubahan kebijakan pemerintah, Menteri Air, Pertanahan dan Sumber Daya Alam Malaysia, Xavier Jayakumar, mengatakan, "Akan dibutuhkan sedikit dorongan menyangkut topik ini."

"Pandangan pribadi saya adalah jikaitu mempunyaimanfaat pengobatan, maka itu bisa menjadi barang terkontrol yang dapat digunakan oleh Departemen Kesehatan untuk keperluan resep."

Namun, sejak itu, pemerintah telah membuat sedikit kemajuan untuk memperkenalkan ganja medis.

Baru-baru ini pada Februari tahun ini, wakil menteri kesehatan negara itu menyatakan bahwa tidak ada perusahaan yang terdaftar di kementerian untuk menggunakan produk berbasis ganja untuk tujuan medis.

"Sebelumnya ada satu perusahaan asing yang terdaftar di kementerian untuk mengimpor produk-produk tersebut ke Malaysia bertahun-tahun yang lalu," katanya kepada pers pada Februari.

"Tapi saya pikir setelah itu mereka tidak memperpanjang lisensi mereka. Jadi saat ini, tidak ada."

Itu sampai THC Global Group Ltd. mulai bekerja dengan pemerintah Asia Selatan.

Sekarang, dengan investasi dari bisnis ganja Australia, negara itu akhirnya dapat membuat dan menyediakan produk ganja medis untuk warganya yang membutuhkan. (Adrie P. Saputra/Suar.ID)

Editor : Adrie P. Saputra

Sumber : analyticalcannabis.com

Baca Lainnya