Ngeri! Pria Ini Meninggal Dunia Usai Mengalami Penyakit Pernapasan setelah Menggunakan Vape

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 18:30
Pixabay

Ngeri! Pria Asal Illinois ini Meninggal Dunia Usai Mengalami Penyakit Pernapasan Setelah Menggunakan Vape

Suar.ID -Beberapa pemuda asal Illinois terpaksa dirawat setelah menggunakan vape.

Bahkan setelah dirawat di rumah sakit keadaan pemuda ini bukannya membaik malah makin memburuk.

Kabar baru mengatakan bahwa salah seorang dari pemuda tersebut kini telah meninggal dunia, ini merupakan kematian pertama yang dihubungkan dengan vaping.

Dilansir ABCpada Sabtu (24/8), negara bagian menerima laporan kematian pada hari Kamis, kata Dr Jennifer Layden, kepala petugas medis lembaga Illinois.

Baca Juga: Terungkap, Inilah Masa Lalu 'Pahit' Nuraeni yang Rela Menjadi Istri ke-4 Mbah Dirgo

Petugas bersama Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan pada hari Jumat bahwa 193 orang di 22 negara telah terjangkit penyakit pernapasan parah setelah menggunakan vape.

Namun, mereka mengatakan bahwa penyebab umum penyakit itu belum diidentifikasi dan merekamenyebut"kasus potensial" ini masih dalam penyelidikan.

Semua pasien ini adalah remaja dan juga orang dewasa yang menggunakan rokok elektrik atau alat vaping lainnya.

Dokter mengatakan, penyakit yang diderita para pasien ini menyerupai kesulitan dalam bernapas karena reaksi zat kaustik terhadap paru-paru.

Baca Juga: 6 Zodiak yang Sering Merasa Paling Benar Sendiri, Mereka Seringkali Membuat Orang-orang Frustasi

Penyakit terkait vaping terus meningkat

Penyakit ini telah dilaporkan sejak akhir Juni, namun jumlahnya telah meningkat dengan cepat dalam seminggu terakhir.

Ini mungkin sebagian kasus-kasus ini awalnya dikaitkan dengan vaping sudah mulai dikelompokkan seperti itu.

Laporan terbaru menyebutkan 2 korban di Connecticut, 4 di Iowa dan 6 di Ohio.

Petugaskesehatan meminta dokter dan rumah sakit untuk memberi tahu pejabat kesehatan negara tentang kemungkinan kasus penyakit paru terkait vaping yang mereka temui ini.

Baca Juga: Jarang Terekspos, Inilah Sosok Dicky Suprapto, Suami Pertama Suzzanna yang Juga Pernah Jadi Mantu Soekarno

Agensi Illinois mengatakan jumlah orang yang mengidap penyakit pernapasan setelah vaping meningkat dua kali lipat dalam sepekan terakhir, menjadi 22 orang.

"Tingkat keparahan penyakit yang dialami orang yang terkena penyakit pernapasan ini sangat mengkhawatirkan dan kita harus mengatakan bahwa menggunakan rokok elektrik dan vaping bisa berbahaya," kataDirektur IDPH Dr Ngozi Ezike.

Ada kandungan berbahaya lain

Rokok elektik dianggap sebagai alternatif yang tidak begitu berbahaya dibandingkan dengan rokok biasa, tetapi pejabat kesehatan khawatir tentang anak-anak yang menggunakannya.

Sebagian besar kekhawatiran ini difokuskan pada nikotin, yang menurut para pejabat kesehatan berbahaya untukperkembanganotak anak-anak.

Baca Juga: Dian Sastro Ungkap Anak Pertamanya Berkebutuhan Khusus, Awalnya Tak Percaya hingga Diperiksa 3 Dokter, Kenali Tandanya Sejak Dini

Selain itu akanmembuat anak-anak danremajauntuk mudah mengkonsumsi rokok.

Namun para ahli menemukan beberapa produk vaping yang mengandung zat berbahaya lainnya.

Termasuk di dalamnya bahan kimia penyedap dan minyak yang digunakan untuk menguapkan mariyuana, kata para ahli.

Sejumlah pasien yang terkena penyakit ini memiliki produk vape yang mengandung THC, ini adalah bahan penginduksi tinggi yang terkandung dalam ganja.

Baca Juga: Aura Kasih Naik Pitam Merasa Dilecehkan dengan Sebutan 'Pabrik Susu', Ibu Asal Inggris Ini Tunjukkan Keajaiban ASI Bisa Bersihkan Bakteri

Petugas CDC mengatakan mereka tidak memiliki rincian tentang berapa banyak orang yang sakit setelah menghisap THC dalam vape.

American Vaping Association, sebuah kelompok advokasi, mengeluarkan pernyataan yang menyatakan bahwa "produk THC pasar gelap" yang sebenarnya patut disalahkan.

Kelompok itu meminta pejabat federal untuk membersihkan produk-produk nikotin dari kecurigaan ini.

Baca Juga: Terbongkar, Raffi Ahmad Ternyata Pernah Naksir Desy Ratnasari, Malu-malu Saat Diungkit Soal Kirim Kado Spesial Pakai Inisial

Matthew Myers, kepala Kampanye untuk Anak-anak Bebas Tembakau, mengatakanperlu digaris bawahimengapa Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS harus melihatrokok elektrik dan dampaknya terhadap kesehatan sebelum dapat dijual ke publik.

Para pejabat kesehatan mengatakan mereka perlu mengumpulkan lebih banyak informasi.

"Penyelidik belum mengidentifikasi produk atau senyawa spesifik apa pun yang terkait dengan semua kasus ini," Ileana Arias, seorang pejabat CDC yang mengawasi penyakit tidak menular, mengatakan selama panggilan Jumat dengan wartawan.

Baca Juga: Akhir Tragis Dua Sejoli yang Kawin Lari karena Tak Dapat Restu, Ayah Si Wanita Murka hingga Sewa Pembunuh Bayaran

Editor : Adrie P. Saputra

Sumber : abc.net.au

Baca Lainnya