5 Artis Cantik Ini Melakukan Bunuh Diri, Ada yang Diduga Depresi karena Dirudapaksa 31 Pria sekitar 100 Kali

Senin, 19 Agustus 2019 | 12:13
Soompi | Fanspop

Artis Korea Selatan yang melakukan bunuh diri.

Suar.ID- Kasus bunuh diri nampaknya masih menghantui dunia hiburan Korea Selatan.

Kasus bunuh diri yang dialami artis Korsel seperti Jonghyun SHINee ternyata bukanlah kasus depresi pertama.

Sebelumnya ada sederetan artis Korea yang telah melakukan bunuh diri, seperti namaJang Ja Yeon yang kasusnya sempat dibuka untuk investigasi ulang.

Berikut ini beberapa cerita tragis dari artis cantik yang melakukan bunuh diri di Korsel.

Baca Juga: Seorang Pria Bunuh Diri karena Diduga Kecewa Tak Bisa Menyelamatkan Pacarnya yang Dirudapaksa secara Bergilir oleh 5 Pria Asing

1. Woo Seung Yeon

Soompi

Woo Seung Yeon

Woo Seung-yeon (25), ditemukan tewas di rumahnya di Seoul dalam apa yang tampaknya menjadi kasus bunuh diri, kata polisi.Woo gantung diri di kamarnya dan ditemukan tewas oleh teman sekamarnya yang memberi tahu polisi, menurut Kantor Polisi Songpa Seoul.

Dilansir dariib-article.com, dia ditemukan tewas gantung diri di dalam lemari.Dia meninggalkan catatan yang menyatakan bahwa dia mencintai keluarganya dan dia menyesal meninggalkan mereka.

Dia juga mengirim pesan teks yangbertuliskan "maafkan saya" kepada saudara perempuannya, yang mencoba menghubunginya lewat telepon, kata seorang petugas polisi.Woo memulai debutnya sebagai model untuk majalah mode dan muncul dalam peran kecil dalam film "Herb" (2007) dan "Private Eye" (2009).

Dia mengambil cuti dari Departemen Bahasa dan Sastra Perancis di Universitas Chung-Ang.Dia ditandatangani oleh agensi Oracle Entertainment dua bulan lalu dan diharapkan untuk memperluas karir aktingnya.Agensinya mengatakan dia menjalani perawatankarena depresi dan berbicara kepada saudara perempuan dan teman-temannya tentang kegagalannya di audisi.

Polisi percaya bahwa depresi itu mungkinsalah satu penyebab dia melakukan bunuh diri.

Baca Juga: Mengaku Sempat Ingin Bunuh Diri Gara-gara 'Video Pamit', Ria Ricis Diberi Nasihat Oleh Oki Setiana Dewi

2. U; Nee

fanpop.com

U; Nee

Lee Hye-Ryeon, yang namanya diubah menjadi Heo Yun dan lebih dikenal dengan sebutan U; Nee, adalah seorang penyanyi, rapper, penari dan aktris Korea Selatan yang ditemukan gantung diri di apartemennya.

Polisi yang menyelidiki kematian mengatakan bahwa orang-orang yang dekat dengannya, bersaksi bahwa U; Nee tampaknya telah menderita depresi.

Ada spekulasi bahwa U; Nee marah oleh kritik dan serangan online.

Polisi mengatakan kepada wartawan bahwa U; Nee telah menyembunyikan stresnya dengan baik, mengatakan bahwa bahkan keluarganya sendiri tidak tahu dia depresi.

U; Nee tidak meninggalkan catatan atau keinginan bunuh diri, kata polisi.

U; Nee datang ke perhatian publik dengan nama Lee Hye-ryeon dengan debutnya di drama TV KBS "Grown-ups Just Don't Understand" pada tahun 1996.

Dia muncul di film "Seventeen" pada tahun 1998 dan kemudian di drama TV "Theme Game" dan "Tears of the Dragon".

Album debutnya "Go" dirilis pada tahun 2003 dan dia mendapatkan popularitas yang lebih besar dengan rilis tahun 2005 dari album keduanya "Call Call Call".

U; Nee terlahir dari ibu yang tidak menikah, mengalami masa kecil yang sulit, katanya dalam sebuah talk show KBS pada tahun 2005.

"Saya tinggal dengan nenek saya ketika saya masih kecil. Sangat sulit untuk hidup tanpa ayah,"katanya di acara talk show.

Laporan kematian U; Nee menyebabkan kehebohan dengan penggemar online, menyebabkan server komputer menjadipadat.

Dalam satu jam setelah kematiannya diketahui, hampir 3.000 pesan diposting di situsnya.

Banyak yang menyatakan belasungkawa seperti, "Semoga dia beristirahat dalam damai di Surga."

Perasaan U; Nee juga diduga diposting di situs Web-nya yang mengabarkan kematiannya.

"Saya merasa semuanya kosong. Saya sedang berjalan di jalan untuk mencapai tujuan yang saya tidak tahu," kata postingan itu.

Baca Juga: Muak karena Sering Bertengkar dengan Ibu Mertuanya, Wanita Ini Lempar Anaknya Sendiri dari Jembatan Setinggi 10 Meter dan Hampir Bunuh Diri

3.Jung Dabin

Soompi

Jung Dabin

Jung Da Bin meninggal pada usia 26 tahun, tiga minggu sebelum ulang tahunnya yang ke 27.

Meskipun keluarga dan teman-teman Jung Da Bin menduga bahwakematiannya adalah kasus yang bukan disebabkan oleh bunuh diri, pihak berwenang menyangkal spekulasi setelah menjalani penyelidikan.Artis muda yang cantik ini dikenal dengan penampilannya di film "Rooftop Room Cat".

Kabarnya, Jung Da Bin depresi, seperti yang dilakukan U; Nee.

Kematiannya jelas merupakan kejutan besar dalam dunia hiburan di Korea, karena sebulan sebelumnya, U; Nee memutuskan untuk bunuh diri.Dikenal sebagai artis ceria dan ramah, Jung Da Bin muncul di banyak drama TV dan bekerja dengan beberapa bintang besar di Korea.

Memulai karirnya sebagai model, ia mendapatkan perhatian publik pada tahun 2000 ketika ia mendapat peran dalam film "Legend of Gingko" sebagai versi yang lebih muda dari karakter Choi Jin Sil.

Karirnya melangkah lebih jauh pada tahun 2003 berkat drama terkenal "Rooftop Room Cat".

Berkat drama kali ini dia menjadi artis TV top.Tahun berikutnya, ia membintangi film komedi romantis berjudul "He Was Cool" bersama Song Seung Heon.

Kemudian dia membintangi drama populer "My Sister 19-Year-old" bersama dengan Kim Jae Won.

Karya terbarunya adalah dia sempat berperan dalam drama berjudul "The Typhoon In That Summer" pada tahun 2005.

Baca Juga: Kisah Wanita 'Hidup Kembali', Membuat Drama Bunuh Diri Demi Bisa Kawin Lari dengan Selingkuhan, Kini Jadi Tersangka Pembunuhan

4.Lee Eun Joo

Channel-Korea

Lee Eun Joo

Lee Eun-ju, yang menjadi terkenal dengan perannya dalam drama TV "Firebird" dan film "aegukgi: The Brotherhood of War", ditemukan gantung diri di apartemennya.

Dia berumur 25 tahun saat itu.

Kakak laki-laki Lee memberi tahu polisi setelah menemukan mayatnya di rumahnya di Seongnam, Provinsi Gyeonggi pada sore hari.Tanda pada tubuh menunjukkan bahwa Lee juga mencoba untuk memotong pergelangan tangannya.

Sebuah surat yang ditulis dengan darah dan ditemukan di tempat kejadian berbunyi, "Ibu, aku minta maaf. Aku mencintaimu."

Dalam catatan bunuh diri yang terpisah, aktris itu juga menulis, "Aku ingin melakukan banyak hal. Meskipun aku hidup, aku tidak benar-benar hidup."

"Aku tidak ingin ada yang kecewa. Sangat menyenangkan memiliki uang... Aku ingin menghasilkan uang."Keluarga Lee mengatakan aktris itu telah mengalami insomnia dan menunjukkan tanda-tanda depresi atas adegan telanjang yang dia lakukan untuk film "The Scarlet Letter", yang memulai debutnya Oktober lalu.

Mereka percaya ini adalah alasan dia bunuh diri.Lee masuk ke TKP pada tahun 1996 sebagai model iklan untuk seragam sekolah.

Dimulai dengan peran 1997 di drama KBS "Start", ia muncul dalam serangkaian drama TV dan film.Melalui film-film seperti Hong Sang-soo "Virgin Stripped Bare oleh Bachelors-nya", "Bungee Jumping on Own Own", "Unborn But Forgotten" dan "Au Revoir, UFO," Lee telah mendapatkan tempat di daftar A-Chungmu-ro.

Tahun lalu, ia muncul di drama TV "Firebird", memenangkan pujian besar untuk perannya sebagai karakter yang kuat namun feminin.Berita itu mengirimkan gelombang kejut melalui industri hiburan dan komunitas penggemarnya.

Situs-situs Internet yang ditujukan untuk Lee dibombardir dengan belasungkawa.

Baca Juga: Merasa Suaminya Menghindar dan Menjauhi, Wanita Hamil Ini Berusaha Bunuh Diri dengan Terjun dari Atas Tebing 50 Meter

5.Jang Ja Yeon

Tribunnews.com

Jang Ja Yeon

Seorangartis Korea bernama Jang Ja-yeon melakukan bunuh diri di rumahnya pada 7 Maret 2009.

Artis yang membintangi "Boys Over Flowers", yang memerankan karakter Sunny menjadibudak seks oleh agensinya.

Dia diberitahu untuk berhubungan seks dengan pria kaya dan dipukuli jika dia menolak melakukannya, hal itulah yang menyebabkannya diduga depresi.Dia diketahui menjadi budak seks dari catatan yang dia tinggalkan sebelum dia meninggal.

Dalam surat bunuh dirinya, dia menuliskan telah dipaksa untuk berhubungan seks dengan 31 orang.

Jang Ja-yeon, yang berusia 30 tahun ketika dia gantung diri di rumahnya di Seoul, mengatakan bahwa kepala agen bakatnya memaksanya untuk berhubungan seks dengan 31 orang sekitar 100 kali.

Beberapa dari mereka adalah tokoh terkemuka di industri hiburan, sementara beberapa di antaranya adalah kepala perusahaan swasta dan pejabat organisasi berita.

Ia juga dipaksa menghadiri pesta minum.

Korea Herald melaporkan bahwa Jang menulis lebih dari 50 surat dan mengirimnya ke kenalannya, menyebut 31 orang dan mengekspresikan kebenciannya terhadap mereka.

Beberapa orang diselidiki oleh polisi pada tahun 2009, tetapi tidak ada yang dituntut.

Penuntutan Akan Mulai Investigasi Kembali Kasus Jang Ja Yeon Dari 9 Tahun LaluWarga Korea mempertimbangkan berita untuk menginvestigasi kembali kasus Jang Ja Yeon sebagai kemenangan besar bagi gerakan #MeToo.

Karena gerakan #MeToo semakin kuat di Korea, mereka yang mengingat kasus Jang Ja Yeon menyerukan penyelidikan ulang.

Pada Februari 2018, petisi Blue House dimulai dan ditandatangani lebih dari 230.000 kali, mendesak jaksa penuntut untuk menyelidiki kembali kasusnya.

Kepada petisi, Blue House menjawab bahwa, sementara undang-undang pembatasan mungkin telah berakhir untuk hal-hal yang berkaitan dengan kasus ini, penuntutan diharapkan untuk sepenuhnya meninjau semua aspek yang terlibat dengan kasus yang harus dipilih untuk penyelidikan ulang.

Pada April 2018, kasus ini dipilih sebagai salah satu dari beberapa kasus yang akan ditinjau untuk kemungkinan penyelidikan ulang dan Korea tumbuh penuh harapan.

Akhirnya, pada tanggal 5 Juni 2018, Kementerian Kehakiman Korea Selatan telah menunjuk jaksa penuntut untuk membuka kembali kasus Jang Ja Yeon dan menyelidiki kasus paling menghebohkan negara.

Daftar 31 orang yang ditulis oleh Jang Ja Yeon tidak hanya mengungkapkan nama, tetapi juga menggambarkan apa yang dia alami sebagai aktris rookie di dunia industri.

Dia dipaksa untuk melayani sebagai hiburan seksual untuk produser film dan drama, pejabat perusahaan pers, dan banyak lagi.(Adrie P. Saputra/Suar.ID)

Editor : Adrie P. Saputra

Sumber : koreatimes.co.kr, english.chosun.com, ib-article.com

Baca Lainnya