Akibat Kasus Kejahatan Pembunuhan dan Mutilasi Vera Oktaria, Prada DP Divonis 3 Bulan Penjara

Kamis, 15 Agustus 2019 | 20:30
(Kompas.com/Aji YK Putra)

Prada DP telah dijatuhi vonis 3 bulan penjara

Suar.id- Pengadilan Militer I - 04 Palembang telah memvonisPrada DP atau yang biasa dikenal denganPrada Deri Permana 3 bulan penjara terkait kasus kejahatan militer terhadap tugas.

Atas pembunuhan terhadap Vera Oktaria yangmerupakankekasihnya sendiri,Prada DP saat ini menjadi terdakwa dalam kasus pembunuhan disertai mutilasi.

Prada Deri Permana merupakan Prajurit TNI Dikjurtaif Dodiklatpur Rindam II Sriwijayajuga pernah kabur dari kesatuan yang berlokasi di Baturaja.

Putusan hakim lebih rendah dari tuntutan Oditur Mayor Chk Andi Putu, sebelumnya Oditur menuntut terdakwa Prada DP dengan pidana 4 bulan penjara.

Baca Juga: Kekerasan Seksual hingga Kecerobohan Prada DP Bantu Polisi Ungkap Pelaku, Fakta Terbaru Sidang Mutilasi Vera

Sidang yang dipimpin ketua majelis hakim Letkol Chk Khazim SH. didampingi Letkol Sus Much Arif Zaki Ibrahim SH. dan Mayor Chk Syawaluddin SH. menjatuhkan vonis kepada Prada DP.

"Resmi menyatakan Terdakwa Prada DP telah terbukti secara sah meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana Desersi dan divonis hukuman 3 bulan penjara," kata Hakim.

"Menyatakan terdakwa nama Prada Deri Pramana dengan sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana disersi dalam waktu damai, atas keterangan tersebut terdakwa dijatuhi hukuman 3 bulan Penjara," tegas ketua majelis hakim Letkol Chk Khazim SH.

Terdakwa Prada DP yang mengenakan pakaian Lengkap loreng prajurit TNI sambil berdiri didepan hakim persidangan, setelah mendengar vonis putusan hakim tertunduk lesu sambil menangis.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Sebelum Koma, Olga Syahputra Datangi Tempat Ini 4 Hari Berturut-turut: 'Takut Nggak Keburu'

Terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal pasal 87 ayat (1) ke 2 juncto ayat (2) KUHPM juncto dan perundangan pengadilan yang berlaku.

Prada Deri Pramana menjalani sidang dalam perkara kejahatan militer terhadap tugas (desersi) usai dirinya mengikuti sidang kasus pembunuhan.

Dalam tuntutan, Prada Deri Pramana dituntut oditur selama 4 bulan penjara.

Prada Deri Permana (DP) dituntut empat bulan penjara atas perkara desersi (meninggalkan pendidikan).

Baca Juga: Video Penangkapannya Beredar, Terungkap Alasan Rio Reifan Kembali Menggunakan Sabu-sabu Setelah Sempat Mengelak

Sidang ini dilaksanakan setelah sidang kasus pembunuhan disertai mutilasi atas Terdakwa Prada Deri Pramana terhadap korban Vera Octaria.

Sidang dilaksanakan di Pengadilan Militer I-04 Palembang, Jalan Gubernur H Bastari, Sungai Kedukan, Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Selasa (6/8/2019) sore.

Terdakwa Prada DP saat ini masih berstatus anggota TNI.

Prada DP kabur dari kesatuannya di Baturaja.

Baca Juga: Pilih Cerai dari pada Dipoligami Farhat Abbas, Nia Daniaty Buktikan Kini Lebih Bahagia Bahkan Sering Plesiran ke Luar Negeri

Oditur militer dalam tuntutannya menyatakan terdakwa telah terbukti secara sah meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana desersi dan dituntut hukuman empat bulan Penjara.

Hal itu, dibacakan langsung Oditur Mayor Chk Andi Putu dalam sidang yang dipimpin ketua majelis hakim Letkol Chk Khazim SH. didampingi Letkol Sus Much Arif Zaki Ibrahim SH. dan Mayor Chk Syawaluddin SH. sebagai hakim anggota.

"Mohon Majelis Hakim yang bersidang meyatakan Prada Deri Pramana NRB 3119 00 49211297 siswa Dikjurtaif Dodiklatpur Rindam II Sriwijaya, telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana Disersi dalam masa damai."

"Mengingat pasal 87 ayat (1) ke 2 juncto ayat (2) KUHPM dan perundangan pengadilan yang berlaku," terangnya.

Baca Juga: Sosok Mak Vera yang Dituding Hobi Judi dan Hamburkan Harta Warisan Olga Syahputra, Kini Hidup dari Jualan Ayam

"Kami mohon agar terdakwa dijatuhi satu, pidana penjara selama empat bulan, dua menetapkan barang bukti berupa 56 lembar rekapitulasi absen siswa Dikjurtaif Rindam II Sriwijaya tetap dilekatkan dalam berkas perkara juga dibebani terdakwa membayar biaya perkara sebesar lima ribu rupiah," tegasnya

Menanggapi tuntutan tersebut, ketua majelis hakim Letkol Chk Khazim SH, akan melanjutkan sidang kembali pada Selasa 13 Agustus 2019 mendatang.

(Tribunsumsel.com/M Fajri)
Salma Fenty Irlanda

Lakukan Aktivitas Ini Sebelum Hilangkan Jejak, Prada DP Tak Langsung Memutilasi Korban,.

Pada sidang disersi dengan agenda dakwaan pekan lalu, terungkap sebab Prada DP lari dari kesatuan.

Dari keterangan surat dakwaan yang dibacakan Oditur Mayor Chk Andi Putu SH., terdakwa Prada Deri Pramana disersi dari kesatuan di Baturaja menuju Palembang.

Baca Juga: Dibunuh dengan Sadis oleh Saudara dan Teman Dekatnya Sendiri, Terungkap Motif Pembunuhan Remaja di Tegal yang Jasadnya Ditemukan dalam Karung

Terdakwa Prada Deri Pramana mengatakan, desersi karena tidak mau mengikuti tes komando.

"Tidak mau ikut tes komando karena saya takut tesnya berat, waktu SMP saya pernah terjatuh jadi masih trauma," ungkapnya kepada ketua majelis hakim Letkol Chk Khazim SH. didampingi Letkol Sus Much Arif Zaki Ibrahim SH. dan Mayor Chk Syawaluddin SH. sebagai hakim anggota.

Setelah lari dari kesatuan, Prada DP lari ke Palembang dan tinggal di kos-kosan.

Ia sempat ditemani seorang perempuan bernama Sherli yang belakangan diketahui sebagai pacarnya juga selain Vera Oktaria.

Baca Juga: Viral Video Mesum 'Vina Garut' Bersama 3 Pria, Polisi Telah Berhasil Tangkap 2 Terduga Pelaku

Hukuman 4 bulan penjara ini bukan hukuman untuk kasus pembunuhan Vera Oktaria.

Prada Deri Permana atau Prada DP menjalani sidang perdana di Pengadilan Militer I-04 Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (1/8/2019).

Dalam persidangan sejumlah fakta terungkap.

Dalam dakwaan yang dibacakan Mayor D Butar Butar yang bertindak sebagai Oditur, diketahui terdakwa Prada DP telah berencana untuk membunuh Vera Oktaria (21) yang tak lain merupakan kekasihnya sendiri.

Baca Juga: Tagar #TerimaKasihZara Trending di Twitter, Zara Beberkan Alasannya Memilih Lulus dari JKT48

Hal itulah yang menjadi dasar nekatnya terdakwa kabur saat menjalani Pendidikan Kejuruan Infantri di Baturaja.

"Terdakwa curiga karena Vera diduga punya hubungan dengan orang lain. Terdakwa sudah berencana akan membunuh korban apabila korban ketahuan memiliki hubungan dengan orang lain karena merasa perjuangannya selama 5 tahun sia-sia," ujar Mayor D Butar Butar dalam persidangan.

Setelah berhasil kabur dari pendidikannya, terdakwa mengajak korban untuk pergi ke Sungai Lilin, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Mereka hendak menuju ke rumah seorang kerabat terdakwa.

Baca Juga: Rekam Evakuasi Mobil dari Jurang, Pria Ini Justru Abadikan Penampakan Tangan Pucat Terjulur Membuang Sampah dari Jendela Mobil

Namun, karena hari sudah larut malam, akhirnya mereka memutuskan untuk menginap di satu kamar penginapan Sahabat Mulia di Kecamatan Sungai Lilin Musi Banyuasin.

"Kemudian sekitar pukul 02.30 pagi, terdakwa dan korban sempat melakukan hubungan suami istri. Kemudian kembali melakukan hubungan suami istri sekitar pukul 05.00 pagi," ujar Mayor D Butar Butar yang membacakan dakwaan terhadap Prada Deri Pramana.

"Sempat pula terjadi sedikit pertengkaran karena korban melihat terdakwa merokok. Terdakwa meminta maaf dan kemudian saling memaafkan," sambungnya.

Tak lama kemudian, terjadi lagi keributan antara korban dan terdakwa, dimana keduanya saling memperebutkan handphone milik korban.

Baca Juga: Punya Masalah Kesehatan yang Kambuh Hampir Setiap Bulan, Ahok Ngaku Kondisinya Justru Membaik Saat Ditahan di Mako Brimob

Hal itu dilatari dari keinginan terdakwa yang ingin memeriksa pesan di handphone tersebut.

Selanjutnya terdakwa bisa mengambil handphone milik korban.

"Tapi setelah tiga kali mencoba, nomor kode handphone milik korban tidak bisa dibuka."

"Padahal sesuai kesepakatan, kode handphone mereka harus sesuai dengan tanggal jadian keduanya," ungkap Mayor D Butar Butar.

Baca Juga: Digosipkan Dekat dengan Glenn Fredly, Inilah Sosok Mutia Ayu yang Berprofesi Sebagai Model dan Pedangdut

Suhartini (50) ibu kandung Vera Oktaria tak Kuasa menahan tangis saat menjadi saksi di persidangan Prada Deri Pramana di pengadilan Militer I-04 Jakabaring.

Kemarahan terdakwa semakin memuncak saat korban membentak terdakwa dan mengatakan bahwa dirinya sudah hamil dua bulan.

(TRIBUNNEWS)
Salma Fenty Irlanda

Prada DP Ditangkap, Ibu Vera Oktaria

Kemudian terdakwa menjambak rambut dan membenturkan kepala korban ke dinding sebanyak 3 kali sampai korban lemas.

"Setelah itu terdakwa naik ke tubuh korban dan menutup wajahnya dengan dua bantal serta tangan kirinya mencekik leher korban sekitar 5 menit hingga akhirnya meninggal dunia," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di TribunStyle.com dengan judulPrada DP Tak Langsung Mutilasi Vera Oktaria, Lakukan Aktivitas Ini untuk Hilangkan Jejak Pembunuhan

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya