Sedang Bermain di Sungai, Bocah 9 Tahun Ini Tak Sengaja Temukan Fosil Telur Dinosaurus Berumur 66 Tahun

Sabtu, 03 Agustus 2019 | 08:00
Asiaone, Weibo/Berita Harian Guangzhou

Bocah 9 tahun temukan telur dinosurus

Suar.ID - Meski telah berlalu berjuta-juta tahun, ternyata masih banyak sisa-sisa fosil purbakala yang tersimpan di dalam tanah di bumi ini.

Penemuan fosil dari zaman purbakala sering kali mengejutkan masyarakat.

Hal itu pun terjadi beberapa waktu lalu di Cina.

Namun, kali ini lebih mengejutkan lagi karena yang menemukannya adalah seorang bocah berusia 9 tahun.

Baca Juga: Lagi Asyik Jalan-jalan di Desa, 4 Anak Ini Malah Menemukan Fosil Telur Dinosaurus

Dilansir dari Asiaone.com (29/7/2019), Seorang siswa sekolah dasar berusia 9 tahun dari Heyuan, provinsi Guandong Cina Selatan, secara tidak sengaja menemukan apa yang ia duga sebagai fosil telur dinosaurus.

Peristiwa itu terjadi saat ia tengah bermain di tepi sungai di daerah pusat kota bersama ibunya.

Li Xiaofang, ibu bocah itu, kemudian menghubungi museum setempat.

Anggota staf dari museum itu pun datang dan menggali lebih banyak telur dinosaurus di sekitar tempat itu.

Baca Juga: Ucapkan Belasungkawa ke Agung Hercules, Artis Ini Malah dapat Hujatan dari Netizen!

Ternyata, fosil dinosaurus yang ditemukan oleh bocah 9 tahun itu adalah fosil dinosurus yang berasal dari 66 juta tahun lalu.

Li kemudian menceritakan bagaimana sang putra bisa menemukan fosil itu.

Dari cerita sang ibu, terkuak fakta mengagumkan tentang anaknya yang mampu menemukan fosil berjuta-juta tahun lalu itu.

Karena ternyata, kemampuan sang anak mengenali fosil telur dinosurus didapatnya dari kunjungannya ke museum dinosurus belum lama ini.

Baca Juga: Rey Utami dan Pablo Benua Tulis Surat Permintaan Maaf untuk Fairuz A Rafiq demi Mediasi, Kuasa Hukum Bantah Ikut-ikutan Galih Ginanjar

Awalnya, bocah 9 tahun dan ibunya tengah bermain di dekat sungai di mana sebuah jembatan di atasnya telah rusak oleh banjir.

"Jembatan di atas sungai telah rusak oleh banjir, dan tanah di bawah abutment (bangunan bawah jembatan) terbuka," katanya.

Di sekitar jembatan yang rusak itulah bocah 9 tahun ini menemukan kulit telur.

"Dia menemukan kulit telur di lereng (dari jembatan yang rusak) dan segera memanggil saya untuk memberi tahu saya tentang penemuannya, mengatakan itu seperti telur dinosaurus," kata Li.

Baca Juga: Ulang Tahun yang ke-47, Sang Anak malah 'Digerebek' Gara-gara Narkoba, Begini Reaksi Histeris Venna Melinda

Ya, anak itu mengenali sendiri kulit telur itu sebagai telur dinosurus dari hasil kunjungannya ke museum dinosurus lokal.

Pasalnya, saat mengunjungi museum itu, dia melihat berbagai bentuk fosil telur dinosurus.

Meski beberapa fosil telah rusak, namun fosil yang berada di museum itu ternyata membantunya mengenali telur dinosurus secara sekilas.

Segera setelah penggalian yang pertama, yang lain juga digali sekitar 80 cm di atas tempat sebelumnya di lereng.

Baca Juga: Tiba-tiba Roboh, Anggota Paskibra 17 Agustus Dinyatakan Meninggal, Keluarga Sebut Aurellia Jalani Latihan Terlalu Keras

Mengetahui nilai-nilai arkeologis benda yang ditemukan anaknya, sang ibu, Li, menghubungi Museum Dinosaurus Heyuan melalui bantuan seorang teman.

Kota itu, yang dikenal sebagai "kampung halaman dinosaurus", telah menemukan sejumlah besar telur dinosaurus dan fosil tulang sejak 1996.

Sebuah lembaga penelitian dinosaurus bernama Museum Hewan Kuno Cina dan Museum Telur Dinosaurus, juga dikenal sebagai Museum Dinosaurus Heyuan, telah didirikan di kota itu.

Huang Zhiqing, wakil direktur departemen penelitian Museum Dinosaurus Heyuan, mengatakan mereka bergegas ke tempat kejadian dengan polisi setelah menerima berita itu.

Baca Juga: Gading Marten Pakai Kaus Michael Jordan Legenda Basket NBA, Gempita: Oh, Seperti Uncle J Ya Main Basket

Sebanyak 11 'telur batu' masing-masing berdiameter sekitar 9 sentimeter digali, kemudian diverifikasi sebagai telur dinosaurus yang semuanya berasal dari zaman Cretaceous akhir, menurut museum setempat.

Huang Zhiqing mengatakan rumah-rumah dibangun di tempat di mana telur dinosaurus ditemukan, sehingga tanah melunak seiring waktu berlalu.

Fosil telur dinosaurus tetap dalam kondisi baik meskipun air dan erosi sangat langka.

Huang Zhiqing mengatakan museum akan mengatur tenaga kerja untuk membersihkan dan memperbaiki fosil telur dinosaurus ini.

Baca Juga: Sosok Agung Hercules di Mata Anak-anaknya: 'Walaupun Bukan Orangtua Biologis, Tapi Rasanya Kaya Kenal Seumur Hidup'

Mereka juga akan menemukan waktu yang tepat untuk memeriksa kembali dan menggali abutment lebih lanjut.

"Mungkin kita akan menemukan hal-hal baru," kata Huang Zhiqing.

Li mengatakan, penemuan anaknya terhadap telur dinosaurus tidak dapat dipisahkan dari pendidikannya.

"Mungkin karena lingkungan kota, dia penuh rasa ingin tahu tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan dinosaurus," katanya, seraya menambahkan bahwa dia pergi ke perpustakaan dan museum untuk mencari informasi yang dia ingin tahu.

Baca Juga: 7 Fakta Terbaru Kasus Mutilasi Vera Oktaria, Password HP yang Sulut Amarah Prada DP hingga Gergaji Patah Dua Kali

Editor : Moh. Habib Asyhad

Sumber : asiaone.com

Baca Lainnya