Kim Jong Un Tiba di Vietnam untuk KTT ke-2 dengan Donald Trump

Selasa, 26 Februari 2019 | 13:58
Mirror

Donald Trump dan Kim Jong Un

Suar.ID - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, telah tiba di Vietnam untuk pertemuan puncak dengan Donald Trump.

Kedua pemimpin akan berusaha mencapai kesepakatan tentang janji Korea Utara untuk menghentikan program senjata nuklirnya

Trump dijadwalkan tiba di ibukota Vietnam, Hanoi, pada hari Selasa.

Mereka akan bertemu pada hari berikutnya untuk percakapan singkat secara empat mata, diikuti dengan makan malam, di mana mereka masing-masing akan ditemani oleh dua tamu dan juru bahasa.

Baca Juga : 5 Bulan Numpang di Rumah Pacar, Eh Pria Ini Justru Menginjak Leher Anak Kekasihnya Itu hingga Tewas

Juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders, mengatakan bahwa pertemuan antara kedua pemimpin pada hari Kamis akan mempunyai banyak pertemuan.

Pembicaraan mereka dilakukan delapan bulan setelah pertemuan puncak bersejarah mereka di Singapura, yang pertama antara presiden AS yang duduk dan seorang pemimpin Korea Utara.

Sementara tidak ada harapan nyata bahwa pertemuan kedua akan membawa kesepakatan akhir tentang penghapusan senjata nuklir Korea Utara yang mengancam AS, ada beberapa harapan yangdapat mengarah pada deklarasi bahwa Perang Korea 1950-53 akhirnya secara resmi berakhir.

Tetapi Amerika Serikat akan mengharapkan gerakan signifikan Kim terhadap denuklirisasi sebagai imbalannya.

Baca Juga : Emak-emak yang Bilang ‘Jika Jokowi Terpilih, Tak Ada Lagi Azan’ Ditetapkan Jadi Tersangka

Screenshot Mirror

Kim akan bertemu dengan pemimpin Vietnam.

Di Singapura, Kim berjanji untuk bekerja menuju denuklirisasi total di semenanjung Korea.

Senator dan pejabat keamanan Demokrat AS telah memperingatkan Trump agar tidak membuat kesepakatan yang tidak akan banyak membantu mengekang ambisi nuklir Korea Utara.

Kim, yang melakukan perjalanan dari ibukota Korea Utara dengan kereta api, tiba di stasiun di kota Dong Dang di Vietnam setelah menyeberang perbatasan dari China.

Pejabat Vietnam siap menyambutnya di stasiun dengan karpet merah, termasuk penjaga kehormatan dan bendera Korea Utara-Vietnam yang berkibar.

Baca Juga : Syahrini dan Reino Barack Dikabarkan Nikah Besok, Mbah Mijan Ramal Rumah Tangga Keduanya: Syahrini Sangat Dominan!

Mirror

Tentara Vietnam mengamankan jalannya pertemuan di KTT.

Kim terlihat meninggalkan kereta di Dong Dang dan masuk ke kendaraan Mercedes Benz untuk menempuh perjalanan 105 mil ke ibukota, Hanoi, dengan mobil.

Dia melambai dari mobil sebelum berangkat ke orang-orang muda yang berjejer di jalanan sambil mengibarkan bendera Vietnam dan Korea Utara.

Sekitar selusin penjaga berlari di samping mobilnya ketika ia berangkat.

Baik Kim dan Trump juga akan mengadakan pembicaraan terpisah dengan para pemimpin Vietnam.

Baca Juga : Bibi Ardiansyah Unggah Bukti Chat Vanessa Angel dengan Mucikari Siska, Terlihat Ada Kiriman Foto Seksi

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo juga tiba di Hanoi, Selasa, kata seorang wartawan yang bepergian bersamanya.

Pompeo telah menjadi utusan utama Trump dalam upayanya untuk meningkatkan hubungan dengan Korea Utara yang tertutup dan telah melakukan beberapa perjalanan ke Pyongyang untuk menegosiasikan langkah-langkah menuju mengakhiri program nuklirnya.

Trump mengatakan kepada wartawan bahwa dia dan Kim akan memiliki "KTT yang sangat luar biasa". (Adrie P. Saputra/Suar.ID)

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya