Anjing-anjing di Israel Bisa Mendeteksi Kanker Hanya dengan Mengendus Air Liur Seseorang

Senin, 18 Februari 2019 | 16:55
dogingtonpost.com

doctor dog

Suar.ID-Anjing kerap disebut sebagai sahabat manusia.

Hewan berbulu ini tidak hanya dapat dijadikan teman bermain atau sebagai teman terapi saja.

Saat ini sepertinya anjing juga bisa berperan sebagai paramedis.

DiIsrael, beberapaanjingdilatih untuk mendeteksikankerdengan mengendusair liurseseorang.

Baca Juga : Penampakan Stuckie Si Mumi Anjing yang Terjebak dalam Pohon Selama Lebih dari 50 Tahun

Ini dilakukan karenaanjingdinilai memiliki kemampuan untuk mencium 'aroma' penyakit dalam tubuh manusia.

Ke depannya, tes ini diharapkan mampu mendeteksi kanker lebih awal sehingga orang yang positif mengidapnya dapat segera melakukan pengobatan.

Untuk melakukan tes deteksi kanker ini diperlukan biaya sebesar 399 Shekel atau sekitar Rp1,5 juta.

Seseorang dapat mengirimkan sampel air liur ke perusahaan bernama "Prognose 220 Mil" yang nantinya air liur ini akan coba diendus oleh anjing mereka.

Baca Juga : Sudah Kerja Keras, Wanita Ini Memilih Tidur di Kotak Telepon karena Gajinya Tak Cukup untuk Menyewa Tempat Tinggal

Baca Juga : Kematian Tidak Terjadi Secara Instan, Ini 3 Tahapan Kematian yang Dilalui Manusia Sebelum Benar-benar 'Pergi'

Jika setelah mengendus anjing tersebut duduk diam, maka itu menandakan positif kanker. Hasil ini nantinya akan langsung dikirimkan kembali kepada pengirim air liur.

Yael Dror Alon, salah satu klien Prognose yang dinyatakan positif kanker melalui tes ini. Padahal, sebelumnya ia sempat dinyatakan bebas kanker oleh dokter.

SelainIsrael, percobaan deteksikankermenggunakananjingsempat dicoba di Inggris dengan mendeteksi napas manusia.

OrganisasiMedical Detection Dogsdan rumah sakit Milton Keynes bekerja sama untuk melakukan percobaan menggunakan sembilan ekoranjing.

Baca Juga : Pesta Pernikahan Putra Ajik Krisna Dihadiri Artis Hingga Anak Presiden, Siapa Sebenarnya Sosok Ajik Krisna yang Terkenal Ini?

Jenisanjingyang digunakan adalah Labrador, Spaniel, dan Vizsla Hungaria, dengan tingkat akurasi senilai 93%. Tes ini juga diharapkan dapat dikembangkan untuk mendeteksi penyakit lainnya seperti Parkinson dan Malaria.

Artikel ini pernah tayang di nationalgeographic.grid.id dengan judulAnjing-anjing Ini Dilatih untuk Mendeteksi Kanker Melalui Air Liur

Baca Juga : Sudah Kerja Keras, Wanita Ini Memilih Tidur di Kotak Telepon karena Gajinya Tak Cukup untuk Menyewa Tempat Tingga

Editor : Masrurroh Ummu Kulsum

Sumber : national geographic

Baca Lainnya