Banyak Dikonsumsi Masyarakat Karena Dianggap Sehat, Rupanya Makanan dan Minuman ini Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan, Bahkan Lebih Berbahaya dari Sebatang Rokok!

Jumat, 14 Agustus 2020 | 14:00
Freepik

Banyak Dikonsumsi Masyarakat Karena Dianggap Sehat, Rupanya Makanan dan Minuman ini Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan, Bahkan Lebih Berbahaya dari Sebatang Rokok!

Banyak Dikonsumsi Masyarakat Karena Dianggap Sehat, Rupanya Makanan dan Minuman ini Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan, Bahkan Lebih Berbahaya dari Sebatang Rokok!

Suar.ID -Banyak makanan yang hingga kini dianggap sehat bagi tubuh.

Namun sebenarnya makanan ini bisa jadi berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Bahkan makanan ini justru lebih berbahaya dari sebatang rokok.

Wah, kira-kira makanan apa aja ya?

Baca Juga: Aduh, Jorok Banget! Bocah Tersedak saat Makan Chicken Nugget Restoran Cepat Saji, Ternyata Ada Benda Menjijikan Ini di Dalamnya

1. Jus buah

Siapa sangka, buah dalam bentuk cair seperti jus, ternyata telah kehilangan sebagian besar elemen sehatnya, seperti serat, yang memainkan peran penting dalam pencegahan diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

Selain itu, konsumsi jus yang enggak terkontrol sebenarnya bisa menyebabkan masalah kesehatan karena jumlah gula yang dikandungnya.

Faktanya, beberapa dari mereka memiliki gula sebanyak total kaleng minuman bersoda.

Baca Juga: Gara-gara Tidur dengan Gaya Ini, Seorang Wanita Alami Hal Nahas, Sarafnya Rusak dan Harus Dioperasi!

Kita dianjurkan untuk makan seluruh buah daripada minum jus.

2. Granola bar

Freepik
Freepik

Ilustrasi Granola Bar

Meskipun kaya nutrisi, beberapa batang granola juga kaya akan gula tambahan.

Baca Juga: Tak Mewah dan Dekat Pantai, Inilah Potret Rumah Masa Kecil Luna Maya di Bali yang Kini Jadi Bungalow, Sering Dibuat Venue Wedding Lho!

Menurut Database Nutrient, bar paling populer mengandung 15 hingga 30 g gula per sajian.

Di sisi lain, jika dipilih dengan benar, snack bar adalah cara yang sempurna untuk membunuh rasa lapar dan menghindari makan berlebih karena makanan tersebut enggak proporsional dan mengandung banyak nutrisi penting.

Bar yang sempurna harus memiliki setidaknya 3 g serat, 5 g protein, dan kurang dari 10 g gula.

Baca Juga: Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Amanda Manopo Mendadak Umumkan Vakum dari Panggung Hiburan, Ada Apa?

3. Sushi

Freepik
Freepik

Ilustrasi sushi

Sushi itu sendiri sebenarnya enggak berbahaya. Namun, berbagai bahan dan aditif dalam sushi lah yang menjadi masalah utama.

Banyak sushi yang mengandung mayones, keju krim, saus, dan produk kontroversial lainnya yang meningkatkan nilai gizi dan membuat satu sushi dengan asupan kalori sepanjang hari.

Untuk menghindari masalah berat badan, pilihlah sushi sederhana dengan salmon atau gunakan sashimi.

Baca Juga: Kini Hartanya Habis Dijual dan Hidupnya Pun Tak Kalah Nelangsa, Sosok Pedangdut ini Sekarang Cuma Bisa Pasrah Makan Nasi Pera dan Sayur Hambar di Penjara, Indah Sari: Bener-bener Udah Nggak Punya Apa-apa...

4. Ikan

Ikan adalah sumber yang kaya asam lemak omega-3 yang sehat, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Tetapi isinya sangat tergantung pada apa yang dimakan ikan.

Sayangnya, ikan yang kita beli di supermarket biasanya enggak datang dari laut, tetapi dari peternakan.

Karena itu, mereka enggak cuma kekurangan nutrisi sehat, tetapi mereka juga mengandung zat kimia tambahan yang digunakan petani untuk membuatnya tumbuh lebih cepat.

Baca Juga: Umi Kalsum Sampai Banjir Air Mata Saat Bongkar Kelakuan Asli Janda Beranak Satu ini, Sebut Banyak Hal yang Disembunyikan: Ibu Kesel Nak!

5. Makanan bebas lemak

Beberapa waktu lalu, diet bebas lemak jadi populer banget.

Sampai ahli gizi menyadari bahwa produsen mulai mengganti lemak sehat dengan gula olahan untuk menjaga rasa alami produk.

Jadi, alih-alih memiliki apa yang tampak seperti camilan sehat, kita benar-benar mengonsumsi bom gula yang disamarkan.

Sekarang para ahli merekomendasikan untuk memilih produk susu yang kaya protein dan lemak sehat, seperti keju cottage atau yogurt Yunani, yang tidak mengandung gula olahan.

Baca Juga: Banyak Warganet Inginkan Gading Marteen dan Gisella Anastasia Kembali Bersatu, Paranormal ini Malah Ungkapkan Kenapa Keduanya Tak Mungkin Rujuk Kembali: Berat Sekali untuk Rujuk...

6. Sereal

Sereal selalu dianggap sebagai solusi sederhana untuk sarapan sehat dan bergizi.

Namun, enggak semua jenis sereal memberikan jumlah manfaat yang sama sebagian besar terbuat dari biji-bijian olahan.

Selama pemrosesan ini, sereal kehilangan sejumlah besar serat dan nutrisi lain yang membantu untuk tetap kenyang.

Belum lagi jumlah gula yang ditambahkan ke sereal untuk membuatnya terasa lebih enak dan lebih menarik bagi anak-anak.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Tak Ingin Jerinx Dipenjara, Tamara Bleszynski Meminta Maaf ke IDI | Lesty Kejora: Mungkin Saja Rizky Billar Juga Pepet Wanita Lain

Peningkatan asupan gula dapat menyebabkan diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

Sebagai alternatif, pilih oatmeal atau gandum utuh yang mengandung cukup serat untuk membuat kenyang dan energik.

7. Roti putih

Roti putih adalah produk lain yang terbuat dari biji-bijian olahan yang enggak memiliki nutrisi dan serat yang sehat.

Sementara serat berkontribusi pada berat badan yang sehat, tekanan darah yang baik, dan risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular yang lebih rendah, fakta bahwa roti putih tidak memilikinya mungkin menjadi alasan mengapa menghadapi semua masalah ini.

Roti gandum bisa menjadi alternatif yang baik.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi harian mengurangi risiko pengembangan penyakit yang disebutkan di atas.

Baca Juga: Sempat Buat Publik Geger Gegara Putusnya Hubungan Asmara Jessica Iskandar dengan Richard Kyle, Kini Hal Tersebut Malah Disebut Cuma Settingan, Erick Bana Pun Langsung Murka Usai Terlanjur Bela Mati-matian Sang Adik Sampai Nekat Unfollow IG Jedar!

8. Kedelai

Kedelai bisa jadi sama berbahayanya bagi kesehatan seperti halnya untuk ekologi.

Tanaman kedelai dikatakan sebagai tanaman pertanian paling merusak karena merampas tanah nutrisi dan membiarkannya hancur total.

Selain itu, sebagian besar kedelai dimodifikasi secara genetik, yang berarti kita hampir enggak mendapatkan nutrisi yang dijanjikan dari mereka.

Masalah lain dengan kedelai adalah konsentrasi isoflavon yang tinggi, atau estrogen tanaman, yang meningkatkan level mereka dalam tubuh dan mengganggu siklus menstruasi.

Untuk alasan yang sama, asupan kedelai biasanya dihubungkan dengan peningkatan aktivitas hormon tiroid, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan yang enggak terduga, berkeringat, dan pembengkakan leher.

Baca Juga: Gairah Bercintanya Besar sampai Istri Mengeluh, Ashanty Ungkap Urungkan Rencana Tambah Momongan, Ini Alasannya

(Lutfi Mudrika Izaki)

Artikel ini telah tayang di SajianSedap.com dengan judul: "Dikira Menyehatkan, Ternyata Kumpulan Makanan Ini Lebih Buruk Dibandingkan Rokok! Bisa Timbulkan Penyakit Berbahaya".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya