Follow Us

Anjing Gila Ngamuk Serang Warga, 17 Penduduk Kolaka Utara Terluka

Nieko Octavi Septiana - Sabtu, 23 Februari 2019 | 17:47
ilustrasi anjing rabies
animalbliss.com

ilustrasi anjing rabies

Suar.ID - Serangan anjing gila membuat Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, menerapkan status siaga rabies di daerah tersebut.

Pada Jumat (22/2/2019) pagi, Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Utara, Irham, menjelaskan dalam beberapa hari sudah ada 17 warga Kolaka Utara yang diserang anjing gila.

Status siaga 1 rabies ditetapkan karena menurutnya korban gigitan anjing gila terus bertambah.

“Dari angka 5 orang drastis naik menjadi 17 orang dan kami takutkan jangan sampai angka ini terus bertambah. Makanya kami juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap anjing liar yang berkeliaran ditengah pemukiman,” katanya.

Baca Juga : Begini Nasib Oknum Polantas PJR yang Nekat Tilang Truk Cabai Meski Surat Truk Lengkap

Status siaga satu terhadap gigitan anjing dilakukan oleh Dinas Kesehatan berdasarkan keputusan bersama dengan DPRD Kolaka Utara.

“Kami sepakat untuk menindak masalah ini dengan cara melakukan pembasmian besar-besaran terhadap anjing liar yang berkeliaran. Jadi untuk korban yang diserang kami juga sudah menyuntikkan vaksin anti rabies,“ tambahnya.

Saat ini seluruh Puskesmas yang ada di Kolaka Utara telah mendapatkan tambahan stok vaksin anti rabies dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Hal ini untuk meminimalisir jumlah korban gigitan.

Hingga saat ini tercatat lebih dari 20 orang yang telah menjadi korban gigitan anjing liar. Dan mereka yang terserang rata-rata mengalami luka yang serius.

Baca Juga : Janggal, Polisi Tak Temukan Hal Ini pada Kasus Bidan yang Mengaku Diperkosa 5 Orang di Ogan Ilir

Bahkan ada yang sempat diserang pada bagian mata sebelah kiri.

Pemerintah Kabupaten Kolaka juga berharap keterlibatan masyarakat Kolaka Utara secara aktif dalam meminimalisir masalah ini, dengan cara mengurung anjing peliharan mereka.

(Suparman Sultan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Anjing Gila Serang Puluhan Warga, Kolaka Utara Tetapkan Siaga 1 Rabies

Editor : Yoyok Prima Maulana

Baca Lainnya

Latest