Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas III Pangkalpinang dibawah jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan HAM (kemenkumham) Bangka Belitung
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas III Pangkalpinang dibawah jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan HAM (kemenkumham) Bangka Belitung ( Ist Humas Lapas Perempuan)

Lapas Perempuan Pangkalpinang Tengah Panen Sayuran Pakcoy Hidroponik

9 September 2021 06:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas III Pangkalpinang yang berada dibawah jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan HAM (kemenkumham) Bangka Belitung tengah memanen sayur pakcoy di kebun hidroponik, hasil dari kegiatan binaan di Lapas perempuan, Rabu (8/9/2021).

Kegiatan memanen hasil hidroponik ini dilakukan bersama oleh Kepala Kasubsi Pembinaan, Irma Ristika Dewi dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

"Meskipun  minim lahan, saya berharap ini memberi banyak manaat sebagai kegiatan pembinaan yang ada di lapas, dan hasil panen akan dipasarkan ke masyarakat," kata Kepala Kasubsi Pembinaan, Irma dalam rilis kepada Bangkapos.com, Rabu (8/9/2021).

 Irma menyebutkan, kini kebun hidroponik LPKA lebih tertata rapi dan memiliki media tanam yang lebih banyak serta memadai.

"Alhamdulillah hari ini kita bisa melihat dan memperkenalkan produk hasil karya pembinaan terhadap warga binaan kita, kita apresiasi warga binaan kita yang sudah merawat pokcoy ini sehingga hari ini output dari kegiatan pembinaan dapat kita rasakan dan akan kita ekspose keluar yakni sayur pakcoy yang hijau dan segar-segar tentunya sehat,"tambahnya.

Irma juga mengatakan, tanaman ini sudah ditanam sejak tabun 2020 laku, dan setiap bulan selalu panen paking sedikit 50 Kg yang dirawat oleh warga binaan.

"Karena keterbatasan lahan di Lapas perempuan dan juga tanaman hidroponik ini salah satu solusi untuk membuat kegiatan penghijauan di Lapas dengan lahan yang minim," ucapnya.

"Ya kita tidak diam begitu saja, melalui sinergitas yang intensif dilakukan kita mulai menyisir setiap sudut kantor untuk dijadikan media bercocok taman baik hidroponik maupun dengan media tanah menggunakan polybag," lanjutnya.

Dia menuturkan, warga binaan yang dianggap cakap dan kompeten, diberikan kepercayaan untuk merawat sayur yang ada di kebun hidroponik.

Sampai perawatan dan pengecekan nutrisi sayur dilakukan setiap hari sehingga perkembangan dan pertumbuhan sayuran terkontrol.

"Kebutuhan air nutrisi untuk sayur pakcoy ini sendiri kisaran 1000-1200 ppm. Oleh sebab itu setiap hari kita lakukan pengecekan agar nutrisi sayuran tercukupi dan pertumbuhannya sesuai dengan yang diharapkan," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Lapas Perempuan Pangkalpinang Panen Sayuran Pakcoy Hidroponik, https://bangka.tribunnews.com/2021/09/08/lapas-perempuan-pangkalpinang-panen-sayuran-pakcoy-hidroponik.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm