Follow Us

Bakal Cair Selama 3 Bulan Berturut-turut, Begini Cara Cek Penerima Bansos Ramadan 2023

Nadia Fairuz Ikbar - Sabtu, 11 Maret 2023 | 11:15
Bansos Sembako
dok.TribunJabar

Bansos Sembako

GridStar.ID -Pemerintah akan memberikan bantuan sosial (bansos) menjelang Ramadan 2023 berupa beras, telur, dan ayam. Pemberian bansos Ramadan ini direncaanakan berlangsung selama Maret, April, dan Mei 2023.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan, bansos diberikan untuk menekan inflasi pangan menjelang Ramadan dan Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Pemerintah kemarin telah memutuskan bahwa akan memberikan bantuan beras selama 3 bulan. Demikian pula untuk bantuan telur dan ayam," ujar Airlangga seperti dilansir dari Kompas.com, Jumat (10/03).

Terkait dengan bansos beras, pemerintah telah menunjuk Perum Bulog untuk menyalurkanaanya yang akan dimulai Maret 2023.

Disebutkan, ada sebanyak 21,6 juta keluarga penerima manafaat (KPM) yang masing-masing akan memperoleh bantuan beras seberat 10 kilogram.

Sejauh ini, regulasi mengenai pemberian bansos Ramadan 2023 masih disusun, termasuk penentuan kelompok masyarakat yang akan menjadi penerima bansos.

Rencananya, abansos berupa komoditas pangan ini akan diberikan kepada penerima program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT).

"Bulan Maret ini akan ada survei terkait dengan kemiskinan sehingga tentu diharapkan kita bisa menahan inflasi agar kemiskinan tidak meningkat," ungkap Airlangga.

Pemerintah juga terus memantau harga komoditas pangan utama seperti beras, minyak goreng, cabai, bawang, daging, dan telur ayam ras.

Baca Juga: Sambut Ramadan 2023, Cek Syarat Penerima Bansos Pemerintah Jelang Bulan Puasa dan Idul Fitri

Lalu, bagaimana cara cek penerima bansos Ramadan tahun 2023?

Perlu diketahui, penerima bansos PKH dan BPNT mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Editor : Hinggar

Baca Lainnya

Latest