Follow Us

Kapan Proyek Kereta Cepat Relasi Jakarta-Bandung Selesai?

Adrie Saputra - Jumat, 10 Maret 2023 | 18:02
Kapan Proyek Kereta Cepat Relasi Jakarta-Bandung Kapan Selesai?
Kompas.com

Kapan Proyek Kereta Cepat Relasi Jakarta-Bandung Kapan Selesai?

Suar.ID - Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya terkait perkembangan kereta cepat relasi Jakarta-Bandung.

Kereta ini memang diharapkan bisa menghemat waktu tempuh jarak dari kedua kota tersebut.

Namun kecepatahn kereta ini tidak akan secepat kereta cepat Jepang yang bisa di atas 500km.jam.Kereta cepat Jakarta-Bandung ini dikabarkan hanya akan melaju hingga kecepatan maksimal 80 km/jam.Mengtutip dari laman indonesiabaik.id, layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung diproyeksikan akan segera beroperasi di jalur khusus sepanjang 142,3 km. Stasiun pemberhentian Kereta Cepat Jakarta-Bandung ada sebanyak empat stasiun mulai dari Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar. Stasiun Tegalluar akan berfungsi sebagai stasiun sekaligus sebagai depo.

Sementara Stasiun Padalarang akan menjadi stasiun Hub yang menghubungkan layanan kereta cepat dengan kereta api.Kapan Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Selesai?Mengutip dari Instagram @keretacepat_id (KCIC), progres pembangunan Kereta Api Cepat Pertama di Indonesia dikabarkan sudah hampir selesai.

Mengutip dari kompas.com, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan jika proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) harus selesai sesuai target pada pertengahan tahun 2023 mendatang. Luhut mengatakan jika tak ingin penyelesaian proyek KCJB ini kembali molor.

"Ini (Proyek KCJB) harus jadi dan tidak boleh mundur."

"Itu adalah tekad saya pribadi untuk menyelesaikan ini," kata Luhur dalam uji dinamis KCJB di Bali yang disiarkan dari kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu (16/11/2022). Luhut mengatakan jika saat ini, progres proyek KCJB sudah mencapai 80,40 persen dan akan terus dilanjutkan sampai rampung pada pertengahan 2023.Sekadar informasi, proyek kereta api cepat ini merupakan salah satu proyek utama Global Maritime Fulcrum - Belt and Road Initiative (GMR-BRI) yang menjadi landmark kerja sama antara Indonesia dan China.

Baca Juga: Rafael Alun Kepergok Sembunyikan Harta dan Tidak Patuh Perpajakan

Editor : Suar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular