Follow Us

Minimarket Jepang Memperkenalkan Robot Bertenaga AI yang Bisa Menggantikan Pekerjaan Manusia

Adrie Saputra - Sabtu, 20 Agustus 2022 | 19:01
Robot bertenaga AI di Family Mart.
Oddity Central

Robot bertenaga AI di Family Mart.

Suar.ID - Family Mart, jaringan toko swalayan terbesar kedua di Jepang, baru-baru ini mulai menggunakan robot bertenaga AI untuk mengisi kembali rak kosong dengan berbagai macam produk.

Hal ini dilakukan sebagai cara untuk menangani tenaga kerja negara yang menyusut dengan cepat.Penurunan populasi tenaga kerja adalah salah satu ancaman terbesar bagi bisnis yang beroperasi di Jepang, dan beberapa sudah mulai mencari cara untuk menggantikan pekerjaan manusia.

Contohnya, rantai toko serba ada Family Mart, sebuah perusahaan baru-baru ini bekerja sama dengan perusahaan robotika Telexistence yang berbasis di Tokyo untuk memperkenalkan robot bertenaga AI di ratusan tokonya di seluruh negeri.

"Karyawan" baru ini akan bertanggung jawab untuk mengisi ulang minuman di lemari es dan diharapkan membuat pekerjaan pekerja manusia lebih mudah dan dalam beberapa kasus, menggantikan mereka sepenuhnya.

Robot bertenaga AI di Family Mart.
Oddity Central

Robot bertenaga AI di Family Mart.

Disebut TX SCARA – kependekan dari Selective Compliance Assembly Robot Arm – Robot baru Telexistence ini didukung oleh platform Jetson AI Nvidia untuk memproses informasi dan menggunakan infrastruktur cloud Azure Microsoft untuk merekam dan mereferensikan data penjualan guna mengoptimalkan tugasnya.Menurut Telexistence, setiap robot TX SCARA dapat menggantikan satu hingga tiga jam kerja manusia per hari, per toko serba ada, dengan waktu luang yang dihabiskan di area di mana pekerjaan manusia bahkan lebih penting, seperti layanan pelanggan dan peningkatan lantai toko.Rupanya, robot penyimpanan rak baru dapat bekerja tanpa bantuan manusia 98% dari waktu; 2% lainnya, mereka dapat dikendalikan dari jarak jauh oleh manusia, menggunakan headset realitas virtual bila diperlukan.

Telexistence akan menerima biaya bulanan untuk pekerjaan robot, pemeliharaannya, dan dukungan pekerja manusia jarak jauh saat dibutuhkan.

Robot bertenaga AI di Family Mart.
Oddity Central

Robot bertenaga AI di Family Mart.

Robot TX SCARA sedang diperkenalkan di sekitar 300 toko Family Mart di seluruh Jepang, tapi ini baru permulaan.

Jika mereka terbukti berguna seperti yang diharapkan Telexistence, ada rencana untuk meluncurkannya di 16.000 toko perusahaan Jepang.

Telexistence dan Microsoft telah mengumumkan rencana untuk memperluas ke pasar toko serba ada AS, serta pasar luar negeri lainnya."Robot Telexistence akan menjadi pengaruh yang kuat, menyediakan pasokan tenaga kerja baru yang hampir tidak ada habisnya," kata CEO Telexistence, Jin Tomioka.

"Sumber daya surplus baru akan didistribusikan kembali dengan tepat melalui mekanisme pasar, dan dalam jangka panjang, ini dapat mengarah pada transisi masyarakat manusia yang akan ditingkatkan secara signifikan oleh tenaga kerja otomatis."

Baca Juga: Denise Chariesta Sebut Razman Nasution Cocok Jadi Pengacara Persatuan Dukun se-Indonesia

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest