Roy di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (11/7/2022).(Kompas.com/Cynthia Lova)
Roy di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (11/7/2022).(Kompas.com/Cynthia Lova) ( )

Viral di TikTok dan Banyak Diajak Kolaborasi, Ini Kisaran Penghasilan Roy Citayam

20 Juli 2022 16:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Semakin populer sejak video TikTok yang diunggah Bara Ze viral, Roy Citayam sebut besar penghasilannya saat ini.

Roy yang memiliki nama asli Aji Alfiandi itu menyebutkan besar penghasilan yang dia dapatkan usai  viral sebagai bagian dari remaja Citayam Fashion Week di SCBD atau Sudirman, Citayam, Bojong Gede dan Depok.

"Pertama sebelum viral, dia ngasih katanya 'nanti kalau videonya tembus gua kasih Rp 400 (ribu),' kan itu ada endorse," ujar Roy menirukan ucapan orang yang membuat konten tentang dirinya, dikutip dari YouTube MOP Channel. 

"Jadi kalau tembus (FYP) kasih segitu" tambahnya. Namun setelah remaja berusia 17 tahun ini viral dan video pertamanya bahkan meledak dengan jumlah penonton lebih dari 30 juta kali di TikTok, honor yang didapatnya meningkat.

Nominal yang didapatnya bahkan bertambah berkali lipat dibanding pertama kali dia diajak buat konten.  "Pas udah viral, sekarang dikasih sejuta, jadi dinaikin sama dia," kata Roy.

Remaja yang sekolahnya berhenti di kelas 3 SMP lantaran masalah biaya ini juga mengungkap bahwa uang yang didapatnya dari konten juga digunakan untuk membantu keluarga.

Meskipun Roy putus sekolah, tapi dia berniat membiayai sekolah adiknya yang baru berusia 7 tahun. Terlebih ayahnya belum lama ini sempat diberhentikan karena imbas pandemi Covid-19.

"Kemarin buat bayar kontrakan nambahin Rp 300 (ribu),"ujar Roy. "Sama tadi buat bayar apa (sekolah adik) udah ngasih Rp 200 (ribu), meskipun sedikit," tambahnya.  Roy sendiri mengaku tak melanjutkan sekolah karena kendala biaya.

Saat itu ibunya tengah sakit dan membutuhkan banyak biaya.  Rumah tempat tinggalnya juga sampai dijual untuk biaya pengobatan mendiang ibunya.

Untuk diketahui, Roy merupakan satu dari beberapa remaja dari kawasan Dukuh Atas yang mendadak viral di media sosial TikTok karena konten wawancara yang awalnya dibuat oleh Bara Ze dan kemudian disusul oleh Andy Tumere. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral di TikTok dan Banyak Diajak Kolaborasi, Berapa Penghasilan Roy Citayam?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/07/20/154130066/viral-di-tiktok-dan-banyak-diajak-kolaborasi-berapa-penghasilan-roy-citayam?page=2.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm