Follow Us

Jarang yang Tahu, Ternyata Begini Cara Simpan Bawang Merah yang Benar Agar Tetap Awet

Adrie Saputra - Rabu, 04 Mei 2022 | 12:01
Manfaat makan bawang merah bakar
Kompas

Manfaat makan bawang merah bakar

Suar.ID - Bawang merah sangat mudah dijumpai di pasar tradisional.Bawang merah biasanya digunakan untuk memasak agar bisa menambah cita rasa yang lebih enak.Tak heran bila bawang merah ini hampir selalu ada di setiap rumah.

Namun mungkin banyak yang belum tahu cara menyimpan bawang merah yang benar.Jika salah, bawang merah bisa cepat busuk dan tidak tahan lama.Untuk menghindari masalah ini, ada beberapa cara menyimpan bawang merah agar tetap awet:1. Simpan di tempat sejuk dan keringBawang merah harus disimpan di tempat yang sejuk, kering, gelap dan berventilasi baik.Tempat seperti ini bisa termasuk ruangan dapur, ruang bawah tanah, dan garasi.2. Simpan dalam wadah bersirkulasi udara yang baikBawang merah akan tahan lama jika disimpan dalam wadah yang tidak kedap udara, seperti kantong jaring, kukusan bambu, keranjang terbuka atau pantyhose.Tujuan cara simpan ini untuk memastikan sirkulasi udaranya tetap baik.Bawang merah akan bertahan hingga 30 hari.3. BekukanSebagai alternatif, bawang merah dapat disimpan di freezer hingga enam bulan.Untuk membekukan bawang merah, pertama kupas kulitnya dan pisahkan siung.Kemudian masukkan bawang merah yang sudah dikupas ke dalam kantong yang dapat ditutup kembali atau wadah kedap udara dan simpan di dalam freezer.Sementara itu, bawang merah juga dapat dicincang dan dibekukan hingga 3 bulan.Namun, saat dicairkan, teksturnya seperti bawang merah yang ditumis ringan, jadi bawang tidak bisa garing saat dimasak.

Baca Juga: Bikin Tetangga Sekampung Kaget! Coba-coba Gosok Bawang Merah ke Leher Tiap Malam Sebelum Tidur, Pagi-pagi Rasakan Khasiat Menakjubkan Ini

Source : sajiansedap

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest