Follow Us

Tekan Angka Stunting, Anies Luncurkan Beras Fortifikasi FS Nutri Rice

Wulan - Rabu, 26 Januari 2022 | 15:00
Anies Baswedan menghadirkan beras fortifikasi FS Nutri Rice
ppid.jakarta.go.id

Anies Baswedan menghadirkan beras fortifikasi FS Nutri Rice

CERDASBELANJA.ID – Sebagai upaya peningkatan gizi dan percepatan penurunan stunting di Ibu Kota, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan beras fortifikasi FS Nutri Rice.

Mengutip dari WHO, fortifikasi adalah proses yang sengaja dilakukan untuk meningkatkan kandungan mikronutrien esensial seperti vitamin dan mineral, ke dalam makanan.

Proses ini, dilakukan untuk meningkatkan kualitas nutrisi daari pasokan makanan, serta memberikan manfaat Kesehatan untuk masyarakat, dengan risiko minimal tehadap Kesehatan.

Sementara itu, beras fortifikasi adalah beras yang diperkaya dengan zat gizi mikro, seperti zat besi, Vitamin B12, dan asam folat.

Beras fortifikasi bisa memberikan dorongan nutrisi, bagi masyarakat yang mengalami kekurangan gizi atau stunting dalam skala besar.

Adapun beras kesehatan tersebut, merupakan hasil kolaborasi antara PT Food Station, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) sebagai pihak pendukung yang ikut mendistribusikan kepada warga.

Anies mengapresiasi inovasi beras kesehatan ini yang diluncurkan bersamaan dalam memperingati Hari Gizi Nasional.

Kolaborasi tersebut, menghasilkan pengembangan produk beras kesehatan (beras fortifikasi) yang mengandung vitamin dan mineral, dan terjangkau bagi masyarakat umum.

"Kami mendukung semua pihak yang terlibat dan upayanya telah sejalan dengan Program Prioritas Nasional, untuk percepatan penurunan angka stunting. Hal ini, muncul karena kita telah banyak menyaksikan contoh masyarakat maju dan berkembang yang didukung pemerintahnya dengan menyiapkan gizi dan nutrisi yang mereka butuhkan," ujar Anies di Balaikota Jakarta, Selasa (25/1).

Baca Juga: Investor Harus Tahu, Ini Beda Investasi, Trading, dan Spekulasi

Anies juga menilai, dalam mencegah permasalahan stunting dan kekurangan gizi lainnya, pola makan bagi calon ibu dan anak di usia muda menjadi salah satu hal yang krusial untuk diperhatikan.

Dengan demikian, dengan adanya beras FS Nutri Rice yang kaya dengan vitamin dan mineral ini, diharapkan dapat meningkatkan kecukupan gizi, khususnya untuk perempuan hamil dan generasi muda di DKI Jakarta.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest