Follow Us

Bakal Guncang Pasaran! Inilah Ban Sepeda yang Tidak Bakal Bisa Kempes dan Bisa Bertahan Seumur Hidup

Adrie Saputra - Senin, 29 Maret 2021 | 18:00
Ban METL
The SMART Tire Company

Ban METL

Suar.ID - Sebuah perusahaan ban telah bekerja sama dengan NASA untuk menghadirkan ban sepeda ruang angkasa pertama di dunia yang akan dipasarkan.Perusahaan Ban SMART baru-baru ini mengumumkan ban sepeda inovatif tanpa udara yang awalnya dikembangkan dan diuji oleh NASA untuk misi Mars Rover di masa depan.

Dijuluki METL, ban revolusioner ini terbuat dari logam yang tidak seperti peregangan, ini mengatur ulang struktur molekulnya saat Anda menekuknya, dan bisa langsung kembali ke bentuk aslinya.

Baca Juga: Bak Kehilangan Arah Usai Bercerai dengan Ketiga Istrinya, Kini Kiwil Hidup Berpindah dan Tak Menentu: Tiba-tiba Kehilangan Semua, Kok Bisa Begini...Ini pada dasarnya memiliki fleksibilitas karet, tetapi sekuat titanium, yang berarti Anda mungkin tidak perlu mengganti ban sepeda seumur hidup Anda."Kabel dijalin bersama untuk menciptakan struktur ban tanpa udara yang memiliki kemampuan untuk melenturkan dengan medan, tidak seperti roda kaku saat ini.""Bahan SMA (Shape Memory Alloy) bertindak sebagai peredam kejut dan dapat melintasi medan yang sarat batu dengan mudah tanpa merusak ban," kata NASA menjelaskan teknologi yang mendasari di balik ban METL.Secara teknis, ban pintar METL sebenarnya adalah pelek dengan tepi luar yang terbuat dari bahan super elastis yang disebut NiTinol +, yang membentuk gundukan di jalan tetapi memantul kembali ke bentuk asli hampir seketika.

Baca Juga: Cerita Cosmos: Satpam yang Jadi Pahlawan karena Berani Hadang Pelaku Bom Bunuh Diri yang Akan Masuk ke Halaman Gereja

Diproduksi menggunakan proses yang memanaskan roda hingga suhu lebih dari 500 derajat Celcius, ban METL dirancang untuk suhu ekstrem dengan lingkungan planet seperti Mars. Dengan demikian, Anda dapat mengharapkan ban tanpa udara ini bertahan lebih lama daripada ban tubeless biasa.Ban pintar METL adalah hasil dari inisiatif yang disponsori NASA yang menantang startup dari sektor swasta untuk mengadaptasi inovasi yang layak untuk ruang angkasa untuk penggunaan dunia nyata. Salah satunya adalah SMART Tire Company, yang berencana meluncurkan secara komersial ban sepeda inovatifnya tahun depan.

Ban METL
The SMART Tire Company

Ban METL

Anda mungkin berpikir bahwa memiliki ban metalik yang bersentuhan dengan aspal bukanlah ide yang bagus, dan Anda benar. Karena itulah komponen logam pada ban METL tidak akan benar-benar bersentuhan dengan aspal.

Baca Juga: Cuma Demi Konten TikTok, Wanita ini Tega Paksa Seorang Nenek yang Sudah Tua Renta Ikut Joget Hingga Tarik Kesana-kemari, Netizen Geram: Mendadak Lupa Otak Cuma Demi Konten!

Ban METL
The SMART Tire Company

Ban METL

Ban akan dilapisi dengan jenis bahan seperti karet baru yang disebut Polyurethanium, yang cocok untuk semua jenis kondisi cuaca, dan menawarkan daya cengkeram yang baik untuk penanganan yang unggul.Ban METL SMART Tire Company diharapkan memasuki pasar pada tahun 2022, tetapi saat ini kami tidak memiliki informasi tentang harga. Saya perkirakan biayanya pasti lebih mahal daripada ban sepeda pada umumnya.

Source : Oddity Central

Editor : Suar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest