Follow Us

Rekeningnya Diblokir PPATK, Munarman Protes: Itu untuk Biaya Pengobatan Ibu Saya!

Adrie Saputra - Selasa, 12 Januari 2021 | 20:30
Eks Sekretaris Umum FPI, Munarman usai menjalani pemeriksaan penyidik Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2019) malam.
Tribunnews/Jeprima

Eks Sekretaris Umum FPI, Munarman usai menjalani pemeriksaan penyidik Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2019) malam.

Suar.ID - Eks Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI), Munarman, mengaku bahwa rekening bank miliknya telah diblokir.

Mengutip dari Tribun Jakarta, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) diabarkan telah memblokir sementara puluhan rekening milik organisasi masyarakat FPI dan pihak-pihak yang terafiliasi.

Munarman mengatakan bahwa dalam rekening itu terdapat biaya berobat ibunya yang sedang sakit.

Baca Juga: Tak Terima Ibu dari Anaknya Terus Dihujat karena Video Syur, Gading Marten Tantang Sosok Ini hingga Bela Gisel: Lucu kan Menurut Lo, Yok Sini!Terkait pemblokiran itu, Munarman menuturkan bahwa uang dalam rekening terebut diperlukan untuk biaya pengobatan ibunya yang sedang sakit.“Rekening itu untuk biaya pengobatan ibu saya yang sudah dua tahun lebih terbaring di tempat tidur,” kata Munarman saat dihubungi Kompas.com, Senin (11/1/2021).Kepada Kompas.com, Munarman memperlihatkan lembaran surat pemberitahuan dari pihak salah satu bank negara dengan nomor FMI/04/00102/R perihal pemblokiran rekening.

Baca Juga: Selama ini Bungkam, Kini Akhirnya Rizky Billar Umumkan Pernikahannya dengan Lesti Kejora Akan Digelar Tahun ini, Sang Aktor Pun Sempat Menangis Saat Ungkap Pengalaman Masa Lalunya yang Pernah Gagal Nikah: Saya Merasa Usia Main-main Saya Udah Cukup

Berdasarkan informasi dalam surat pemberitahuan, rekening Munarman sudah diblokir oleh pihak bank sejak 4 Januari 2021.Disebutkan pula bahwa pemblokiran sesuai dengan surat permintaan dari PPATK bernomor SR/11/AT.05.01/1/2021."Ibu saya sedang sakit, sudah dua tahun hanya terbaring, dan rekening itu untuk biaya pengobatan ibu saya, untuk beli obat dan keperluan ibu saya,” tutur Munarman.Secara terpisah, pengacara FPI Yanuar Aziz mengatakan, Munarman masuk dalam pemblokiran rekening selain keluarga pimpinan FPI Rizieq Shihab.

Ia menyebut, pemblokiran tersebut terjadi pada Rabu (6/1/2021).“Juga pihak yang terkait FPI seperti rekening H. Munarman dkk (dan kawan-kawan) juga (diblokir),” kata Yanuar saat dihubungi, Senin (11/1/2021).

Baca Juga: Wijin Buka-bukaan Beberkan Bagian Tubuh Gisel yang Paling Ia Suka: Pasti yang Atas lah!

“Keluarga ada 7 rekening, sejak rabu pekan kemarin (diblokirnya),” tutur dia.Sebelumnya diberitakan, jumlah rekening milik FPI dan afiliasinya yang diblokir sementara oleh PPATK bertambah.“Jumlah rekening (yang sudah diblokir sementara) sampai saat ini berjumlah 79,” kata Kepala PPATK Dian Ediana Rae ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (8/11/2020).Pembekuan sementara rekening tersebut dilakukan sesuai kewenangan PPATK berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (UU TPPU) dan UU Nomor 9 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme.Ketua Kelompok Hubungan Masyarakat PPATK Natsir Kongah mengatakan, langkah itu merupakan bagian dari fungsi analisis dan pemeriksaan.“Tindakan penghentian sementara transaksi dan aktivitas rekening FPI berikut afiliasinya tersebut dilakukan dalam rangka pelaksanaan fungsi analisis dan pemeriksaan laporan dan informasi transaksi keuangan yang berindikasi tindak pidana pencucian uang dan/atau tindak pidana lain," kata Natsir dalam keterangannya, Rabu (6/1/2021).

Baca Juga: Padahal Sang Pacar Sudah Jadi Tersangka Video Syur, Wijin Akui Hatinya Tak Tergoyahkan Ingin Nikahi Gisel Meski Sempat Dituding Numpang Hidup Hingga Dinafkahi Mantan Istri Gading Marten: Kalau Gue Ngerasa Hatinya yang Buat Gue Ngerasa Yakin

Menurut dia, pembekuan itu dilakukan untuk mencegah pemindahan atau penggunaan dana dari rekening yang diketahui atau dicurigai merupakan hasil tindak pidana.PPATK sedang menelusuri rekening dan transaksi keuangannya. Nantinya, hasil analisis akan disampaikan kepada aparat penegak hukum. (Tribun Jakarta)

Source : Kompas.com, Tribun Jakarta

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest