Follow Us

Tertutupi oleh Hebohnya Wabah Corona, Kasus Demam Berdarah di Indonesia Meningkat Tajam, Korban Meninggalnya juga tak Kalah Banyak!

Ervananto Ekadilla - Kamis, 16 April 2020 | 10:00
Di tengah pandemi covid-19, jumlah korban DBD juga ikut bertambah.
Kompas.com

Di tengah pandemi covid-19, jumlah korban DBD juga ikut bertambah.

Suar.ID - Di tengah pandemi virus corona (covid-19), kasus demam berdarah (DBD) yang terjadi Indonesia juga terus bertambah.

Direktur Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonosis Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menyebutkan hingga data 14 April 2020 terdapat 41.883 orang yang positif menderita DBD.

"Kasus tertinggi terjadi di Jawa Barat 6.317 orang, Nusa Tenggara Timur 4.579 orang, dan tertinggi ketiga Lampung dengan jumlah kasus 3.972 kasus," kata Siti Nadia kepada Tribunnews.com, Rabu (15/4/2020).

Dari 41.883 orang yang terjangkit demam berdarah terdapat 266 kasus dan paling banyak terjadi di Nusa Tenggara Timur dengan jumlah 48 yang meninggal.

"Tertinggi kasus pertama meninggal NTT 48 orang, Jawa Barat 33 orang, Jawa Timur 26 orang," ucap Siti Nadia.

Kementerian Kesehatan memastikan walaupun ada pandemi covid-19, fasilitas kesehatan yang ada masih mampu menangani pasien demam berdarah.

Tapi dengan pandemi covid-19 ini pemerintah meminta masyarakat di rumah saja sambil juga menjaga kebersihan sehingga tidak banyak jentik nyamuk demam berdarah di sekitaran rumah.

"Sampai sekarang masih tertanggulangi ya, tapi masyarakat harus jaga kesehatan supaya tidak terkena DBD sehingga tidak perlu ke rumah sakit," pungkas Nadia.

(Tribunnews)

Source : Tribunnews

Editor : Ervananto Ekadilla

Latest