Siap-siap! Ini Info Terbaru Formasi CPNS 2023 dan Prioritas PPPK 2023

Rabu, 01 Maret 2023 | 21:37
Kompas.com

Ilustrasi CPNS

Suar.ID- Tahun 2023 ini pendaftaran CPNS diapstikan akan dibuka.

Banyak orang sudah tak sabar ingin melakukan pendaftaran CPNS 2023.

Seperti yang diketahui, pemerintah bakal membuka rekrutmen CPNS di tahun 2023.

Namun hingga saat ini, informasi terkait tanggal resminya belum diumumkan.

Mengutip darikompas.com, Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama, mengatakan bahwa informasi resminya akan tayang di kanal resmi BKN.

Oleh karena itu, info rsmi akan diumumkan di situs maupun akun media sosial terverifikasi dari BKN.

Adapun terkait pembukaan pendaftaran CPNS 2023, Satya hanya meminta untuk menunggu pengumuman resmi.

"Tunggu pengumuman resmi saja," kata Satya.

Formasi CPNS 2023

Meski belum ada tanggal resmi terkait rekrutmen CPNS, pemerintah memastikan bahwa penerimaanCPNS 2023tetap bakal dilakukan.

Mengutip dari kompas.com, pengadaan calon aparatur sipil negara (CASN) 2023 yang terdiri dari CPNS dan PPPK tersebut memiliki empat arah kebijakan yang mendukung transformasi sumber daya manusia.

"Pemerintah sudah memutuskan untuk melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK pada 2023," kata Menpan-RB Abdullah Azwar Anas, dikutip dari laman Kemenpan-RB.

Khusus untuk seleksi CPNS 2023, Anas menyebutkan prioritas pemerintah difokuskan pada pemenuhan kebutuhan profesi tertentu, yakni Hakim, Jaksa, Dosen, dan Tenaga Teknis Tertentu

"Termasuk talenta digital serta jabatan pelaksana prioritas sesuai Peraturan Menteri PAN RB No 45/2022 tentang Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah," katanya.

Prioritas PPPK 2023Sementara itu, untuk penerimaan PPPK 2023 akan difokuskan pada pemenuhan tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta agar instansi terkait lainnya mulai mendata dan mengusulkan kebutuhan ASN 2023 yang prioritas untuk segera diisi di instansi masing-masing.

"Berdasarkan usulan kebutuhan dari pemerintah, lembaga, dan pemda akan ditetapkan formasi dengan memperhatikan pendapat Menteri Keuangan dan pertimbangan teknis Kepala BKN," jelas dia.

Lebih lanjut, pihaknya menambahkan bahwa rekrutmen CASN 2023 juga mempertimbangkan sejumlah variabel tertentu seperti indikator jumlah PNS yang pensiun dan pemenuhan SDM guna mendukung program strategis nasional, termasuk letak geografis dan kemampuan anggaran.

"Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan kajian terkait penataan dan pemenuhan kebutuhan formasi ASN Papua dan Papua Barat serta DOB Papua," katanya.

Baca Juga: Peluang Besar Lolos CPNS 2023, Ini Formasi Prioritas Dan Daftar Jurusannya

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya