Suar.ID -Agama Gajah Mada Akhirnya Terbongkar Lewat Fakta Yang Disodorkan Pakar Ini, Beragama Islam?
Berkat tulisan Arif Barata di situs portal-islam.id, Mahapatih Gajah Mada dan Majapahit sempat menjadi perbincangan hangat di media sosial.
Pasalnya, tulisan yang mengutip buku Kasultanan Majapahit: Fakta Sejarah yang Tersembunyi karya Herman Janutama itu menyatakan, Gajah Mada beragama Islam dan Majapahitmerupakan kasultanan.
Reaksi atas tulisan itu beragam.
Namun, umumnya mencibir dan menertawakan.
Meski demikian, banyak pihak yang mencibir juga tak bisa menunjukkan dasar argumennya.
Dalam diskusi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan beberapa waktu lalu, arkeolog menuturkan, jika tak memahami sejarah dan arkeologi, sangat mungkin masyarakat memiliki kesimpulan yang salah tentang Majapahit.
Arkeolog Universitas Indonesia, Hasan Djafar mengatakan, artefak berbau Islam dari masa Majapahit memang banyak ditemukan.
Di Makam Troloyo, ada 100-an nisan dengan hiasan tulisan Arab.
Nisan itu berasal dari masa 1203 - 1533 Masehi.
Artinya, ada sejumlah nisan yang berasal dari masa sebelum berdirinya Majapahit pada 1292.
Hal ini berbeda dengan pandangan umum yang menyatakan, Islam baru muncul pada akhir kerajaan itu.
Eksistensi Islam sebelum Majapahit didukung oleh sejumlah catatan.
"Ada yang menyebutkan, tahun 1082, sudah ada masyarakat Islam di Gresik," kata Hasan, melansir kompas.com.
Memang, ada artefak berbau Islam.
Namun arkeolog tetap berkeyakinan, kerajaan Islam pertama di Nusantara adalah Samudera Pasai, bukan Majapahit.
Koin dengan tulisan Arab, nisan dengan kalimat syahadat, tidak cukup menjadi bukti keislaman kerajaan yang berpusat di Trowulan itu.
"Majapahit tetap bercorak Hindu-Buddha,"
"Tercermin dalam peraturan perundang-undangan dan sistem teologinya,"
"Saya tidak melihat benih-benih Islam sedikit pun," tegas Djafar.
Arkeolog dan penulis buku "Catuspatha: Arkeologi Majapahit", Agus Aris Munandar juga buka suara.
Keyakinan Majapahit merupakan kerajaan Hindu-Buddha, didasarkan pada sumber-sumber arkeologi yang sebenarnya punya peringkat tersendiri.
"Sumber peringkat pertama atau yang paling bisa dipercaya adalah prasasti yang sezaman, lalu prasasti yang terkait dengan prasasti sezaman itu," katanya.
Sumber pada peringkat berikutnya, data arkeologis berupa monumen, fitur, dan artefak bergerak.
Karya sastra yang sezaman dan yang lebih muda berada pada peringkat yang lebih rendah.
Hal lain yang bisa jadi sumber arkeologi adalah berita asing, legenda, mitos, dongeng, dan pendapat para ahli.
"Kalau ada artefak koin dengan tulisan Arab, itu tidak bisa langsung menghapus kekuatan sumber prasasti, lalu dijadikan dasar mengatakan Majapahit kerajaan Islam," ungkapnya.
Lebih lanjut Agus menerangkan, identitas agama Gajah Mada dan Majapahit bisa dilihat dari prasasti hingga sistem pemerintahan.
Gelar raja, misalnya, sudah bisa menjadi bukti Majapahit merupakan kerajaan bercorak Hindu-Buddha.
"Raden Wijaya bergelar Krtarajasa Djayawarddhana Anantawikramotunggadewa,"
"Djayawardhana itu sudah jelas Hindu, karena artinya keturunan Dewa Wisnu yang bertahta," jelas Agus.
Identitas agama Majapahit juga bisa dilihat dari konsep dewaraja.
Setiap raja di Majapahit memiliki dewa pujaan pribadi.
Saat raja itu meninggal, dia diyakini akan bersatu dengan dewanya.
Candi yang dibuatusai meninggalnya raja itu akan dihiasi oleh figur sang raja yang digambarkan sebagai dewa pujaannya.
"Contoh, Tribhuanottunggadewi itu memuja Dewi Parwati,"
"Maka setelah meninggal, diwujudkan sebagai dewa itu," kata Agus.
"Nama pejabat tinggi dalam Majapahit juga menunjukkan corak Hindu dan Buddha,"
"Misalnya, ada Dharmmadyaksa ring Kasaiwan dan Dharmmadyaksa ring Kasogatan,"
"Kasogataan artinya Kebuddhaan,"
"Tidak ada Dharmmadyaksa ring Muslimah atau lainnya," imbuh Agus.
Bukti lain, penataan kota Majapahit yang memperhatikan letak gunung yang dipercaya sebagai tempat suci dan corak prasasti.
Soal Surya Majapahit yang diklaim menjadi bukti keislaman kerajaan itu, Agus menuturkan, delapan sinar yang ada pada lambang itu sebenarnya adalah tanda arah mata angin.
Dalam kepercayaan Majapahit, tiap arah angin punya dewanya sendiri.
Sinar Majapahit menjadi ciri khas candi-candi peninggalan Majapahit.
Lantaran, corak itu dijumpai pada batu sungkupnya.
Agama Gajah Mada sendiri dipercaya adalah Buddha.
Bukti penguatnya adalah catatan kitab Negarakertagama.
Kitab Negarakertagama menyebut, setelah pensiun, dia dianugerahi tanah Kebuddhaan bernama Madakarupira.
Lokasi tanah itu berada di selatan Pasuruan.
"Penulis (Kasultanan Majapahit) kemungkinan tidak mengerti pemeringkatan itu," kata Agus.
Menurut Agus, untuk menafsirkan identitas agama suatu kerajaan, peringkat sumber-sumber arkeologis perlu diperhatikan.
Baca Juga: 5 Fakta Temuan Koin Emas Zaman Majapahit di Malang