Batal Diangkut Pakai Andong dan Becak, 6000 Tamu Undangan Ngunduh Mantu Kaesang-Erina Bakal Naik Bus

Jumat, 09 Desember 2022 | 12:31
Instagram @kaesangp

Tamu undangan ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono bakal diangkut bus

Suar.ID - Para tamu undangan acara ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dipastikan akan diangkut menggunakan shuttle bus.

Rencana awal menggunakan alat transportasi becak dan andong untuk tamu dibatalkan oleh panitia pernikahan.

Sekitar 220 bus disiapkan untuk membawa para tamu dalam acara ngunduh mantu yang digelar Minggu (11/12/2022).

Bus ini akan membawa para tamu undangan dari hotel dan tempat parkir ke lokasi acara di Pura Mangkunegaran.

Hal ini disampaikan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi setelah menggelar rapat analisis dan evaluasi bersama jajaran polres se-Solo Raya yang digelar di Mapolresta Solo.

Luthfi menjelaskan, dua titik parkir yang telah disiapkan adalah Benteng Vastenburg dan Stadion Manahan Solo.

"Karena jumlah undangan ada sekitar 6.000 orang, jumlah volume dan rasio kendaraan tidak akan mampu ditampung apabila semua menuju lokasi menggunakan kendaraan pribadi masing-masing."

"Sehingga, beberapa tamu akan kami jemput menggunakan bus. Ada sekitar 220 bus yang disiapkan," ungkapnya.

Luthfi menjelaskan, rapat anev ini digelar juga dalam rangka upaya preemtif dan preventif keamanan di wilayah eks-Karesidenan Surakarta.

Luthfi telah meminta jajaran kapolres/kapolresta se-Solo Raya menggelar kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (KKYD) sepekan jelang acara.

"Kemudian, besok, kami akan melakukan TFG (tactical floor game) untuk melakukan ploating jalur, mulai dari kedatangan tamu, pergerakan tamu dari lokasi penginapan menuju Venue acara."

"Rencana, kami akan melakukan pengalihan arus di beberapa titik yang nanti akan mulai disosialisasikan ke masyarakat oleh kapolresta dan sirlantas pada hari Senin (5/1/2022)," ungkapnya.

Menurutnya, ribuan personel bakal disiapkan untuk mengantisipasi segala kemungkinan, baik jelang acara berlangsung hingga pasca acara selesai atau di saat tamu pulang.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyampaikan, Polda Jateng menyiapkan 2.188 personel untuk kegiatan tersebut.

Mereka akan bertugas mulai kegiatan siraman di Sumber, kediaman Presiden Jokowi, kirab yang mengambil start dari Loji Gandrung, hingga acara ngunduh mantu yang akan dilaksanakan di Pura Mangkunegaran.

"2.188 personel itu akan dibagi dalam lima satgas dan akan ditugaskan mengadakan pengamanan di lima titik, yaitu lokasi siraman di kediaman presiden, lokasi start kirab di Loji Gandrung, rute kirab, serta Pura Mangkunegaran."

"Adapun lokasi-lokasi lain di Surakarta, tetap mendapat prioritas pengamanan dan pelayanan masyarakat tetap dilaksanakan seperti biasa," tuturnya.

Iqbal mengatakan, Polda Jateng juga menyiapkan 86 kendaraan roda dua dan 94 kendaraan roda empat guna mendukung pengamanan kegiatan.

"Semuanya sudah dalam kondisi siap dan bisa digunakan sewaktu-waktu," ungkapnya.

Sementara, untuk posko kegiatan, kata dia, Polda Jateng menyiapkan tiga posko di Benteng Vastenburg, Pura Mangkunegaran, dan Traffic Management Center (TMC) Polresta Solo.

Semua posko dilengkapi alat komunikasi canggih, termasuk sarana pemantauan CCTV dan ambulans.

Ini untuk menjamin seluruh rangkaian resepsi ngunduh mantu hingga kelancaran arus di kota Surakarta tetap terjaga.

Untuk itu, pihaknya menyiapkan sejumlah tim urai lalu lintas di lima Polsek yang ada di Surakarta.

Tim urai ini, lanjut Iqbal, akan terhubung dengan Traffic Management Center Polresta Surakarta yang akan menginformasikan titik-titik kemacetan yang membutuhkan pengaturan lalu lintas.

"Akan ada juga rekayasa lalu lintas saat momen Kirab dari Lodji Gandrung Menuju Pura Mangkunegaran. Adapun rute kirab diawali mulai depan Lodji Gandrung dan melalui ruas jalan Simpang tiga Sriwedari, Simpang tiga Pengadilan, Simpang empat Novotel dan seterusnya, hingga nanti finish di gapura Mangkunegaran," tuturnya.

Ribuan warga, tambah dia, diprediksi akan memenuhi jalan untuk menyaksikan kirab pasangan pengantin, Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono.

Seluruh warga masyarakat dihimbau kerjasama dan partisipasinya agar rangkaian kegiatan berjalan lancar.

"Polda Jateng sudah menyiapkan personel dan strategi pengamanan. Namun, untuk kesuksesan seluruh rangkaian acara, kami mohon doa restu, kerjasama, serta partisipasi dari seluruh komponen masyarakat," pinta Iqbal.

Baca Juga: Cara Dapat Makanan Gratis saat Pernikahan Kaesang dan Erina di Solo, Simak Jadwal KRL Jogja Solo Terbaru Desember 2022

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya