Jadwal Pernikahan Kaesang Pangarep Dan Erino Gudono, Benarkah Pindah Ke Mangkunegaraan Karena Gedung Pernikahan Sudah Dibooking Orang?

Selasa, 06 Desember 2022 | 13:26
IG @erinagudono

Jadwal pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sudah ditentukan: 10 Desember 2022. Acara di Solo dan Yogyakarta.

Jadwal pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sudah ditentukan: 10 Desember 2022. Acara di Solo dan Yogyakarta.

Suar.ID -Jadwal pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sudah ditentukan: 10 Desember 2022.

Rencananya, pernikaha Kaesang Pangarep akan digelar di dua kota: Solo dan Yogyakarta.

Anak ketiga Presiden Jokowi itu akan melangsungkan akad di PendopoAgung Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12).

Setelah itu, keluarga mempelai akan menjalani prosesi ngunduh mantu di Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung dilanjutkan dengan Tasyakuran di Pura Mangkunegaran.

Kenapa di Pura Mangkunegaraan?

Alasannya karena Grha Sabha Buana, gedung serbaguna di Solo, yang juga dimiliki keluarga besar Jokowi, sudah dipesan orang.

"Karena gedungnya kepakai. Sebetulnya kita punya gedung sendiri yang dulu Mas Gibran, Mbak Ayang (Kahiyang) juga di situ," kata Jokowi usai mengikuti rapat persiapan Kaesang-Erina di Restoran Soga, Jalan Slamet Riyadi yang berjarak hanya beberapa ratus meter dari Loji Gandrung, Minggu (4/12/2022), mengutip Tribun Jateng.

Jadwal resepsi pernikahan Kaesang bertabrakan dengan pernikahan orang lain.

Sebab itu,keluarga terpaksa mencari tempat lain hingga akhirnya memutuskan untuk mengadakan tasyakuran di Pura Mangkunegaran.

"Kita kan nggak bisa mentang-mentang gedungnya sendiri langsung disuruh pindah harinya atau disuruh pindah gedung. Kan nggak bisa. Alasannya sebenarnya hanya itu," katanya.

1. Persiapan kantung parkir

Lebih dari lima kantong parkir besar disiapkan untuk acara pernikahan ngunduh mantu putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Kota Solo atau Surakarta.

"Kantong parkir sudah kami mapping (petakan) di beberapa tempat," kata Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi kepada Kompas TV, Kamis (1/12/2022).

Selain lapangan parkir kendaraan di lokasi utama, yakni halaman Pura Mangkunegaran, pihak berwenang juga menyiapkan lima lokasi lain untuk mengantisipasi banyaknya kendaraan dari para tamu undangan.

"Lebih dari lima lokasi besar yang kita siapkan untuk menampung (kendaraan) jika memang dibutuhkan area parkir yang cukup luas," ujarnya.

Lokasi kantong parkir besar itu terletak di SD Beskalan, PTPN IX Solo, eks Aspol Beskalan, areal parkir Stadion Manahan, dan Benteng Vastenburg.

2. Konsep Pesta Rakyat

Asmoro Decoration dipercaya untuk mendekor acara ngunduh mantu pernikahan Kaesang dan Erina S Gudono di Loji Gandrung, Minggu (11/12/2022) nanti.

Untuk prosesi adat ngunduh mantu semuanya dilakukan di Loji Gandrung, sedangkan di Pura Mangkunegaran Surakarta buat semacam pesta atau resepsi untuk para tamu undangan.

Baca juga: Wakapolda DIY Pastikan Aktivitas di Ambarrukmo Plaza Tak Terganggu Selama Pernikahan Kaesang-Erina

Acara ngunduh mantu di rumah dinas Wali Kota Solo tersebut akan dibalut dengan sebuah pesta rakyat untuk masyarakat.

Art Director Asmoro Decoration, Pandji Vasco Da Gama mengatakan untuk acara di Loji Gandrung nanti akan dikonsep sebuah pesta rakyat. Nantinya digelar dengan jumlah tamu yang terbatas.

"Audience dikasih masuk tapi terbatas, sekitar 300 orang. Konsepnya katanya Ibu (Iriana-red) kan pesta rakyat. Jadi rakyat biar ikut merasakan kebahagiaan," terang dia, Rabu (30/11/2022).

3. Pura Mangkunegara bersolek

Pura Mangkunegara bersolek helang pesta Kaesang dan Erina.

Di hari Minggu (1/12/2022), tembok luar dan pagar besi Pura Mangkunegaran dicat agar cantik.

Salah seorang tukang cat, Sawaldi warga Jagalan Solo mengakui bahwa pekerjaan yang digarap bersama rekannya adalah bagian dari persiapan pesta pernikahan ngunduh mantu yang akan digelar Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ini untuk menyambut pernikahan Mas Kaesang," kata Sawaldi, Jumat (2/12/2022).

Selain pengecatan ulang, kelompok Sawaldi juga melakukan penataan taman air, jaringan dan ketersediaan listrik, lampu penerangan dan pasokan air.

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya