Berbelit-belit, Suami Susi ART Ferdy Sambo Blak-blakan Soal Kesaksian Istrinya di Persidangan

Kamis, 03 November 2022 | 17:38
Kompas TV

Susi ART Putri Candrawathi beri keterangan di hadapan majelis hakim, Senin, (31/10/2022).

Suar.ID - Sikap dan tindak tanduk Susi Asisten Rumah Tangga (ART) Ferdy Sambo saat bersaksi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (31/10/2022) lalu mengundang pro dan kontra.

Pasalnya dalam sidang tersebut, Susi tampak berbelit-belit saat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Majelis Hakim.

Terkait hal itu, suami Susi bernama Kujaeni Tamsil, buka suara terkait kesaksian istrinya dalam sidang pembunuhan berencana Brigadir J dengan terdakwa Richard Eliezer alias Bharada E.

"Kalau menurut saya, istri saya kan pembantu rumah tangga, mungkin cuma lihat. Apa dia takut sama Pak Sambo, apa gimana, jadi ngomongnya pasti nggak jelas," kata Kujaeni di kediamannya di Wonosobo, Jawa Tengah, Rabu (2/11/2022) seperti dikutip dari Kompas.TV.

Kujaeni mengaku tak mengetahui Susi menjadi saksi.

Dia baru mengetahui setelah menonton Susi di televisi.

Menurut Kujaeni, Susi ketakutan karena dicecar pertanyaan oleh hakim.

"Masalah ini enggak pernah cerita ke saya. Saya nonton di TV, kaget saya, istrinya saya terlibat itu. Ya kaget lah, apalagi sidang begitu, dibentak-bentak, namanya perempuan ya takut lah," ujar Kujaeni.

Setelah mengetahui istrinya menjadi saksi, Kujaeni berpesan agar Susi jujur dan tidak perlu takut dengan apapun.

Menurut dia selama ada penegakan hukum, Susi tak perlu takut.

"Kalau saya tuh ngomong ya jangan bohong. Orang itu jangan bohong, apa adanya, yang jujur. Orang jujur ya penting ya, kalau nggak jujur ya ajur, hancur lah," ungkap Kujaeni.

"Tinggal siapa yang terlibat, ngomong aja, nggak usah takut, kan ada hukum. Harapan saya itu, tak suruh (kuminta) jujur. Nggak usah takut sama siapa-siapa, nggak usah belain siapa-siapa," sambungnya.

Kujaeni berharap Susi bisa segera pulang ke rumah dan bertemu dengan anak.

Dia juga berdoa agar Susi diberikan keselamatan.

"Jadi harapannya ya cepet pulang, semoga selamat, cepet pulang," pungkasnya.

Susi merupakan perempuan asal Madura, Jawa Timur.

Saat ini, Susi warga Desa Tegeswetan, Kecamatan Kepil, Wonosobo.

‘Yang asli sini suaminya, dia (Susi) asli Madura. Kalau ndak salah 2019 (jadi warga sini),” kata Kepala Desa Tegeswetan, Agus Setyo Santoso.

Sebagai informasi, Susi tengah menjadi sorotan publik usai memberikan keterangan sebagai saksi dalam sidang pembunuhan berencana Brigadir J.

Susi menyampaikan kesaksian soal rumah tangga Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, serta peristiwa yang terjadi di Magelang, sebelum penembakan Brigadir J.

Namun, Majelis Hakim menilai Susi banyak berbohong karena menjawab pertanyaan dengan berbelit-belit.

Majelis Hakim kemudian meminta Susi untuk dihadirkan di setiap persidangan.

Namun, pada persidangan perkara pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J pada Selasa (1/11/2022) dan Rabu (2/11/2022), Susi tidak terlihat.

Menanggapi hal itu, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Syarief Sulaeman Nahdi menyebut jika Susi akan dihadirkan di persidangan atas terdakwa yang berhubungan.

"Maksudnya bukan setiap hari tapi pada saat memberi kesaksian di terdakwa lain yang berhubungan dengan saksi-saksi kemarin," kata Syarief.

Baca Juga: Keluarga Brigadir J Punya Keinginan Ini Saat Melihat Ferdy Sambo di Persidangan: Seandainya Kami Bisa

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya