Kunci Jawaban Kelas 5 SD Tema 1, Organ Gerak Hewan dan Manusia Halaman 51-55

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 18:07
Pixabay

Ilustrasi belajar - Kunci jawaban kelas 5 SD tema 1

Suar.ID - Berikut permbahasan soal dan kunci jawaban kelas 5 SD tema 1 halaman 51, 52, 53, 54, dan 55 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 6.

Buku Tematik Tema 1 untuk kelas 5 SD Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 ini berjudul Organ Gerak Hewan dan Manusia.

Dalam Pembelajaran 6 Subtema 1 ini terdapat bacaan cerita yang berjudul Gerak Kupu-kupu.

Kunci jawaban ini merupakan pedoman orang tua atau wali dalam mengoreksi hasil belajar anak.

Kunci Jawaban Halaman 51 - 55

Ayo Berkreasi

Hari menjelang sore. Sudah saatnya Edo kembali ke rumah. Namun, sebelum pulang Edo membantu Pak Rudi membersihkan kandang kelinci. Kandang kelinci dibersihkan untuk menjaga kesehatan kelinci.

Amatilah dengan cermat gambar di atas, kemudian buatlah cerita tertulis dari gambar tersebut. Buatlah cerita minimal tiga paragraf. Sebelum menulis cerita, tentukan ide pokok terlebih dulu yang akan kamu kembangkan dalam cerita.

Jawaban:

Paragraf 1Ide Pokok: Edo berkunjung ke rumah Pak Rudi.

Paragraf 2Ide Pokok: Pak Rudi memelihara banyak kelinci.

Paragraf 3Ide Pokok: Edo dan Pak Rudi memberi makan kelinci.

Paragraf 4Ide Pokok: Edo membantu Pak Rudi membersihkan kandang kelinci dan membuang sisa makanan kelinci.

Paragraf 5Ide Pokok: Kandang kelinci menjadi bersih.

Ayo Membaca

Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui contoh hewan yang termasuk avertebrata, yakni siput. Berikut contoh lain hewan yang juga termasuk avertebrata, yakni kupu-kupu.

Gerak Kupu-Kupu

Kupu-kupu adalah hewan yang lucu. Warnanya indah dan menarik. Banyak orang menyukainya. Dia terbang dan hinggap pada bunga-bunga. Badannya kecil, namun memiliki sayap yang lebar. Sukakah kamu pada kupu-kupu?

Kupu-kupu termasuk hewan serangga. Kupu-kupu memiliki organ gerak yang sama seperti serangga-serangga lainnya. Salah satu organ gerak yang istimewa dari kupu-kupu dan serangga lainnya adalah sayap. Dengan sayap ini, maka menjadikan serangga sebagai satu-satunya hewan avertebrata yang bisa terbang.

Tahukah kamu, sayap kupu kupu yang indah sebenarnya transparan? Lalu kenapa terlihat berwarna-warni? Sayap kupu-kupu terlihat warna-warni karena perbedaan kecerahan pada setiap lapisan tipisnya.

Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa. Kupu-kupu bisa terbang sejauh ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat ketika musim dingin tiba. Kupu-kupu akan kembali lagi menempuh jarak ribuan kilometer ketika musim semi tiba. Meskipun demikian, kupu-kupu tidak bisa terbang apabila suhu tubuhnya di bawah 30 derajat celcius.

Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan di atas.

Jawaban:

Paragraf 1Ide Pokok: Kupu-kupu adalah hewan yang lucu.

Paragraf 2Ide Pokok: Kupu-kupu termasuk hewan serangga.

Paragraf 3Ide Pokok: Penjelasan tentang sayap kupu-kupu.

Paragraf 4Ide Pokok: Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa.

Ayo Mengamati

Kamu telah mengetahui organ gerak hewan vertebrata dan avertebrata. Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui gerak kelinci, siput, kupu-kupu.

Bersama kelompokmu, melalui contoh gerak hewan-hewan tersebut, identifikasikan ke dalam kelompok hewan vertebrata atau avertebrata. Kemudian buatlah perbandingan antara keduanya. Lakukan dengan diskusi secara berkelompok.

Jawaban:

Hewan Vertebrata

Kelinci dan Kupu-kupu

Hal Yang Dibandingkan: Tulang belakangPenjelasan: Hewan Vertebrata memiliki tulang belakang

Hal Yang Dibandingkan: GerakanPenjelasan: Gerakan hewan vertebrata lincah dan cepat

Hal Yang Dibandingkan: Cara bergerakPenjelasan: Hewan bertebrata berpindah tempat dengan berlari, berjalan, dan meloncat

Hewan Avertebrata

Siput

Hal Yang Dibandingkan: Tulang belakangPenjelasan: Hewan Avertebrata tidak memiliki tulang belakang

Hal Yang Dibandingkan: GerakanPenjelasan: Gerakan hewan avertebrata lambat

Hal Yang Dibandingkan: Cara bergerakPenjelasan: Hewan avertebrata berpindah tempat dengan merayap atau melata

Ayo Berkreasi

Presentasikan hasil perbandinganmu di depan guru dan teman-temanmu. Agar lebih menarik dan mudah dalam memahami, gunakan model sederhana dari binatang yang kamu presentasikan.

Namun sebelumnya, buatlah model sederhananya. Sama seperti kegiatan pembelajaran sebelumnya, kamu dapat membuat model sederhana dengan menggunakan bahan dari karton, kardus, plastisin, maupun kawat. Perhatikan contoh berikut.

Jawaban:

Jawaban disesuaikan dengan binatang yang dibuat siswa.

Ayo Renungkan

Dengan mempelajari organ gerak hewan, kita makin tahu betapa sempurnanya ciptaan Tuhan. Sudahkah kamu menyayangi hewan?Tunjukkan sikap dan perilakumu yang menunjukkan bahwa kamu menyayangi hewan.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ajaklah teman, saudara, dan orang tuamu untuk menyayangi hewan-hewan yang ada di sekitar. Jangan merusak habitat hidupnya dan peliharalah dengan baik jika kamu memiliki hewan peliharaan.

Baca Juga: Kunci Jawaban Kelas 5 SD Tema 1, Kenampakan Alam dan Buatan Halaman 89 dan 90

Tag

Editor : Rahma Imanina Hasfi