Nantinya Allah SWT Membalas Setiap Pengorbanannya, Inilah Bacaan Doa Memohon Ilmu yang Bermanfaat, Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Terjemahannya

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 12:03
pexels.com

Ilustrasi - Berikut ini bacaan coa memohon ilmu yang bermanfaat lengkap dengan tulisan arab, latin dan juga terjemahannya.

Suar.ID - Simak bacaan doa memohon ilmu yang bermanfaat, nantinya Allah SWT bakal membalas setiap pengorbanannya.

Dalam ajaran agama Islam, menuntut ilmu merupakan suatu hal yang dianjurkan.

Karena itulah bagi umat muslim ada bacaan doa memohon ilmu yang bermanfaat.

Lalu bagaimanakah bacaan doa memohon ilmu yang bermanfaat ini?

Melalui tayangan Youtube Ceramah Pendek, ustaz Adi Hidayat mengatakan barang siapa yang menuntut ilmu maka akan diberikan kebahagiaan.

Dok. Pixabay/klimkin
klimkin via Pixabay

Ilustrasi belajar.

"Ini menjadi gambaran kebahagiaan bagi siapapun yang menuntut ilmu, ada kebahagiaan bagi penuntut ilmu," ungkapnya.

Selanjutnya, dijelaskan ustaz Adi Hidayat bahwa manusia yang menuntut ilmu maka Allah SWT akan balas setiap pengorbanannya.

"Barang siapapun tanpa memandang laki-laki perempuan, tua muda yang serius menyiapkan langkahnya menempuh jalan belajar sebagain dari tuntunan agamanya, maka Allah akan balas segala pengorbanna.

"Setiap langkahnya akan meringankan jalan menuju surga," sambungnya.

Nabi Muhammad SAW pun bersabda:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَوَاضِعُ الْعِلْمِ عِنْدَ غَيْرِ أَهْلِهِ كَمُقَلِّدِ الْخَنَازِيرِ الْجَوْهَرَ وَاللُّؤْلُؤَ وَالذَّهَبَ

Artinya:

Mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim, dan siapa saja yang meletakkan ilmu tidak pada tempatnya, maka ibarat kalung permata, mutiara dan emas yang diikatkan pada seekor babi (HR Ibnu Majah).

Dilansir dari laman NU Online dan Tribun Jateng, berikut ini bacaan doa memohon ilmu yang bermanfaat.

1. Doa Meminta Ilmu yang Berguna

pexels.com
pexels.com

Ilustrasi doa

Bacaan Arab:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Bacaan latin:

Allahumma innii as-aluka 'ilmaan naafi'aan wa rizqoon thoyyibaan wa 'amalaan mutaqobbalaan

Terjemahan:

"Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang berguna, rezki yang baik dan amal yang baik Diterima. (H.R. Ibnu Majah)"

2. Doa Agar Diberi Kemudahan Memahami Ilmu

Bacaan Arab:

اللَّهُمَّ ارْزُقْنَا فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ اْلمَرْسَلِيْنَ وَإِلْهَامَ الْمَلَائِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ، بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bacaan latin:

Allâhummarzuqnâ fahman nabiyyîna wa hifdhal mursalîna wa ilhâmal malâikatil muqarrabîn birahmatika yâ arhamar râhimîna

Terjemahan:

“Ya Allah, anugerahilah kami pemahaman para nabi, hafalan para rasul, dan ilhamnya para malaikat yang dekat (dengan-Mu), sebab kasih sayang-Mu, wahai Dzat yang Mahapengasih.”

3. Doa Memohon Ilmu yang Berilmpah

Bacaan Arab:

اللَّهُمَّ أَغْنِنِي باِلْعِلْمِ، وَزَيِّنِّيْ بِالْحِلْمِ، وَأَكْرِمْنِيْ بِالتَّقْوَى، وَجَمِّلْنِيْ بِالْعَافِيَةِ، بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bacaan latin:

Allâhumma aghninî bil ‘ilmi, wazayyinnî bil hilmi wa akrimnî bit taqwâ, wa jammilnî bil ‘âfiyah, birahmatika yâ arhamar râhimîn

Terjemahan:

“Ya Allah, limpahi aku dengan ilmu, hiasi diriku dengan kesantunan, muliakan aku dengan takwa, dan perindah diriku dengan kesehatan, sebab kasih sayang-Mu, wahai Dzat yang Mahapengasih.”

4. Doa Agar Mudah Memahami Ilmu

Bacaan Arab:

فَفَهَّمْنَا سُلَيْمَانَ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُدَ الجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ وَكُنَّا فَاعِلِيْنَ يَا حَيُّ، يَا قَيُّوْمُ، يَا رَبَّ مُوْسَى وَهَارُوْنَ وَرَبَّ إِبْرَاهِيْمَ، وَيَا رَبَّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ اللَّهُمَّ ارْزُقْنِيَ الفَهْمَ وَالعِلْمَ وَالحِكْمَةَ وَالعَقْلَ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bacaan latin:

Fafahhamnā Sulaimāna, wa kullan ātaynā hukman wa ‘ilman, wa sakhkharnā ma‘a Dāwūdal jibāla yusabbihna wat thayra, wa kunnā fā‘ilīn.

Yā hayyu, yā qayyūmu, yā rabba Mūsā wa Hārūn, wa rabba Ibrāhīm, way ā rabba Muhammadin shallallāhu ‘alayhi wa sallama ‘alayhim ajma‘īn.

Allāhummarzqniyal fahma, wal ‘ilma, wal hikmata, wal ‘aqla, bi rahmatika, yā arhamar rāhimīn.

Terjemahan:

“Kami memberikan pemahaman kepada Sulaiman. Setiap dari mereka Kami berikan kebijaksanaan dan ilmu. Kami tundukkan gunung dan burung kepada Dawud. Mereka bertasbih.

Kami lah yang melakukan itu semua. Wahai zat yang hidup, wahai zat yang tegak, wahai Tuhan Musa, Harun, Tuhan Ibrahim, wahai Tuhan Muhammad SAW.

Ya Allah, karuniakan aku pemahaman, ilmu, kebijaksanaan, dan akal dengan rahmat-Mu wahai zat yang maha pengasih,” (Lihat Perukunan Melayu Besar, [Jakarta, Alaydrus: tanpa catatan tahun], halaman 99).

Baca Juga: Amalkan Setelah Bangun Tidur! Berikut Bacaan Doa Setelah Mimpi Buruk

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya