Sampai Siapkan Wasiat Untuk Anak, Umur Marshanda Disebut Tak Lama Usai Idap Tumor Payudara, Gejala Ini Sering Disepelekan Wanita!

Selasa, 26 Juli 2022 | 17:27

GRIDVIDEO.ID- Selain sempat dikabarkan idap gangguan mental berupa Bipolar, Marshanda kini buat geger lantaran menderita penyakit tumor Payudara.

Bahkan gegara hal tersebut, Marshanda pun diduga telah menyiapkan surat wasiat untuk putri semata wayangnya.

Ya, sudah bukan rahasia lagi, belum lama ini mantan Ratu Sinetron Tanah Air tersebut dikabarkan mengidap tumor payudara.

Mantan istri Ben Kasyafani tersebut membeberkan kondisinya yang divonis mengidap tumor payudara beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Potret Pernikahan Komika Bintang Emon dengan Alca Octaviani, Usung Adat Betawi dan Mahar Pakai Dolar

Lewatkanal YouTube pribadinya, Senin (30/5/2022) Marshanda terang-terangan mengaku dirinya mengidap tumor payudara.

Gegara penyakit tersebut, Marshanda pun tak bisa menyembunyikan kesedihannya saat mengumumkan kondisi kesehatannya.

Kini, ibu satu anak ini tengah berada di Singapura untuk menjalani pengobatan atas penyakit yang dideritanya.

Bahkan air mata sampai menetes ketika Marshanda menceritakan perjuangannya usai dikabarkan mengidap penyakit cukup serius.

Tak hanya itu saja, dalam kesempatan tersebut, Marshanda pun mengaku merindukan sosok ayahnya.

Baca Juga: Jenazah Brigadir J Diautopsi Ulang, Komnas HAM Gelar Pertemuan dengan Tim Forensik Didampingi Inspektur Pengawasan Umum

Bukan tanpa alasan, Marshanda mengaku khawatir bila terjadi apa-apa pada dirinya, namun belum sempat menemui ayahnya.

"Gue pengen bisa pergi ketemu bokap gue sebelum gue kenapa-napa," tutur Marshanda.

Demi mengetahui penyakit yang diidapnya, Marshanda pun sampai terbang ke Singapura beberapa waktu lalu.

"At least gue ke Singapura tujuannya untuk tahu apakah gue masih punya harapan untuk umur panjang atau tidak," ucap Marshanda, dikutip dari Gridfame.ID.

Namun demikian, Marshanda mengaku pasrah jika pengobatannya gagal tetapi ia tidak mau menyerah.

Baca Juga: UPDATE Kasus Kematian Brigadir J, Tim Forensik Dipanggil Komnas HAM, Kenapa Kapolri Harus Perintahkan Irwasum Dampingi?

Bintang sinetron Bidadari ini terus berusaha untuk sembuh dengan berobat sampai luar negeri.

"Gue pergi ke Singapura untuk tahu apakah gue masih bisa berlanjut hidup atau udah waktunya pergi," beber Marshanda.

Di sisi lain, Marshanda pun mengaku siap dengan kondisi kesehatannya bahkan dirinya mengaku siap bila harus meregang nyawa karena tumor payudara.

"Gue ngerasain ada orang yang khawatir sama gue, yang bikin gue sedih ketika gue akan pergi, ketika gue mau pergi, kalo gue lagi syuting, kalo kemaren ada berita hoax gue meninggal, yang bikin gue sedih bukan diri gue, tapi mengetahui dan merasakan kesedihan orang lain," kata Marshanda.

Sejalan dengan kondisi kesehatan Marshanda, ternyata banyak perempuan yang belum menyadari mengenai penyakit tumor payudara.

Tak jarang beberapa wanita justru mengabaikan bila dirinya mengalami beberapa ciri-ciri pengidap tumor payudara.

Baca Juga: BREAKING NEWS Ria Ricis Melahirkan, Air Ketuban Sudah Berkurang, Jadinya Natural atau Caesar?

Lalu apa saja ciri adanya tumor payudara pada wanita?

Gejala dan Ciri Tumor Payudara

Dikutip dari Kompas.com, (22/8/2020), dokter spesialis bedah RS Brayat Minulya Surakarta, dr. Yudit Anastasia Sari, M. Biomed, Sp.B mengatakan bahwa tumor jinak payudara adalah benjolan yang tumbuh di payudara, tidak berbentuk dari sel-sel yang ganas, dan tidak menyebar ke bagian tubuh lain.

1. Ciri-ciri tumor payudara

Kita juga bisa mengetahui keberadaan tumor jinak payudara dengan mengecek ciri-ciri benjolan. Ciri-ciri benjolan tumor jinak payudara, yakni:

Batasan tumor jelas

Artinya, benjolan yang masih menjadi gejala tumor payudara jinak mempunyai batas yang jelas dengan jaringan di sekitarnya. Kondisi ini tidak seperti tumor payudara ganas, di mana batas tepi benjolannya tidak terlihat jelas.

Baca Juga: Tak Sekedar Punguti Sampah, Cinta Laura Datangi Citayam Fashion Week untuk Tujuan Ini

Teraba kenyal dan lunak

Artinya, benjolan yang masih menjadi gejala tumor payudara jinak memiliki konsistensi yang kenyal dan lunak. Kondisi ini lain dengan gejala kanker payudara, di mana tumor ganas rata-rata akan teraba keras dan padat.

Mudah digerakan

Artinya, benjolan yang masih menjadi ciri tumor payudara jinak pada umumnya bisa dengan mudah digerakan ketika disentuh. Sementara, benjolan tumor ganas pada kanker payudara tidak bisa digerakan seperti telah menyatu dengan jaringan di sekitarnya.

Jika Anda menemukan benjolan atau penebalan di dekat payudara, misalnya di ketiak yang tetap terasa setelah masa haid, maka disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.

2. Jenis dan penyebab tumor payudara

Dikutip dari Kompas.com, (8/8/2020), ada beberapa jenis dan penyebab tumor jinak payudara yang umum terjadi.

Fibroadenoma

Fibroadenoma adalah jenis tumor payudara jinak yang paling sering menyerang kaum wanita muda usia 15-35 tahun. Penyebab fibroadenoma diduga adalah pengaruh hormon di dalam tubuh wanita. Fibrokistik Fibrokistik adalah jenis tumor payudara jinak yang hilang-tumbul sesuai siklus haid.

Kista payudara

Baca Juga: Dhena Devanka Sebut Jonathan Frizzy Lakukan KDRT di Kamar dan Beberkan Foto Lebam-lebam di Tubuh

Kista payudara adalah benjolan berisi cairan yang dapat terbentuk pada salah satu atau kedua payudara. Penyebab kista payudara secara pasti belum dapat diketahui.

Tapi, munculnya kista payudara dapat berkaitan juga dengan adanya perubahan hormon pada wanita, terutama dalam siklus menstruasi tiap bulan.

3. Bisa tumbuh membesar

Selain itu, Yudit mengatakan, pada umumnya gejala tumor jinak payudara hanya ditandai dengan adanya benjolan pada payudara. Hanya pada beberapa kasus saja, tumor jinak payudara bisa menyebabkan rasa nyeri pada payudara karena tumbuh besar.

4. Gejala yang perlu diwaspadai

Bagi siapa saja yang mengalami tumor jinak payudara akan lebih baik jika tetap memeriksakan diri ke dokter. Secara garis besar, berikut ini gejala-gejala tumor payudara jinak yang perlu diwaspadai:

  • Muncul benjolan atau penebalan pada payudara atau di sekitar payudara, misalnya di ketiak, yang tetap terasa setelah masa haid selesai
  • Benjolan tidak bisa bergeser saat ditekan atau digerakan
  • Muncul area yang jelas terasa atau terlihat berbeda dibanding daerah di sekitarnya, pada salah satu atau kedua bagian payudara
  • Terjadi perubahan pada bentuk, ukuran, dan kontur payudara
  • Terjadi perubahan pada kulit payudara atau pada putting, seperti kemerahan, cekung, berkerut, tanda-tanda peradangan, atau bersisik Keluar cairan bening atau darah dari payudara
(*)

Baca Juga: TERUNGKAP Alasan MS Glow Kalah dari PS Glow di Pengadilan, Pantes Aja!

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya