Cara Menyusui Sambil Mengasuh Balita yang Bisa Moms Terapkan, Kuncinya Jangan Sampai Stres Moms

By Kirana Riyantika, Minggu, 24 April 2022 | 09:30 WIB
Penting tahu cara menyusui bayi sambil mengasuh balita (Pexels/Didik Setiawan)

Nakita.id - Banyak yang bertanya-tanya mengenai cara menyusui bayi sambil mengasuh balita.

Sebab, mengasuh balita sekaligus menyusui bayi baru lahir merupakan tantangan sendiri bagi para Moms.

Dua-duanya merupakan hal melelahkan namun harus dilakukan sekaligus.

Bayi baru lahir masih memerlukan perhatian penuh dari ibunya.

Namun, di sisi lain anak yang berusia balita cenderung sedang aktif-aktifnya dalam urusan tingkah laku sehingga perlu pengawasan ekstra.

Tim Nakita telah mewawancarai Siskana Rosita Dewi, SST, M.Kes selaku Bidan sekaligus Dosen Kebidanan di STIKes Mitra Husada Karanganyar perihal tips cara menyusui bayi sambil mengasuh balita.

Siskana Rosita Dewi memberikan tips bagi Moms yang menyusui bayi sambil mengasuh balita.

"Lakukan aktivitas bersama yakni melakukan aktivitas bersamaan seperti saat menyusui bayi sambil menjaga balita, misalnya membacakan cerita pada balita sambil menyusui bayi," jelasnya.

"Libatkan balita dalam aktivitas membantu bayi seperti memandikan hingga mengganti popok. Supaya balita tetap merasa dirinya tidak disingkirkan oleh kehadiran adiknya," imbuhnya.

Baca Juga: Yuk Ketahui Pil KB untuk Ibu Menyusui yang Tidak Bikin Gemuk, Bisa Bernapas Lega karena Tetap Langsing Seperti Zaman Gadis

Cara menyusui bayi sambil mengasuh balita lainnya yaitu mengalihkan perhatian balita ketika Moms sedang menyusui sang adik.

"Menyiapkan aktivitas untuk balita. Ini sebagai upaya pengalihan perhatian balita saat ibu sedang menyusui bayi. Misalnya ibu bisa sediakan terlebih dahulu mainan kesukaan atau alat belajar," jelas Siskana Rosita Dewi.