Find Us On Social Media :

Gagal Dapat Bantuan Jet Tempur, Fasilitas Perbaikan Jet MiG-29 Andalan Ukraina pun Dihancurkan Rusia

By Tatik Ariyani, Minggu, 20 Maret 2022 | 10:02 WIB

Pabrik Perbaikan Pesawat Negara Lviv di Ukraina

Intisari-Online.comRusia telah meningkatkan serangan udara di Ukraina.

Hal ini terjadi ketika permintaan lanjutan Ukraina pada Amerika Serikat (AS) dan NATO untuk mendeklarasikan zona larangan terbang di atas negara itu belum membuahkan hasil positif.

Pabrik Perbaikan Pesawat Negara Lviv di Lviv, lebih dari 40 mil dari perbatasan Polandia, dihantam oleh rudal Rusia pada 18 Maret, melansir The EurAsian Times, Sabtu (19/3/2022).

Fasilitas ini antara lain menangani pekerjaan perbaikan jet tempur MiG-29 Fulcrum Ukraina.

Ukraina telah secara ekstensif mengerahkan jet era Soviet dalam perlawanannya terhadap invasi Rusia.

Ini adalah serangan pertama di dalam Lviv, titik transshipment utama untuk berbagai jenis bantuan asing yang masuk ke Ukraina.

Fasilitas ini terletak sangat dekat dengan perbatasan dengan Polandia, yang mewakili sayap paling timur NATO.

Pekan lalu, Rusia meningkatkan serangannya di Ukraina Barat, menembakkan rudal di dekat Lviv dan menyerang fasilitas militer besar di dekat perbatasan Polandia.

Baca Juga: Didesak Seisi Bumi Supaya Segera Lakukan Negosiasi Damai, Vladimir Putin Malah Sebut Ukraina Pilih Tunda Negosiasi dengan Rusia, Apa Penyebabnya?

Baca Juga: Menguak Senjata Militer Rusia yang Digunakan Dalam Perang, Ternyata Begini Cara Negeri Tirai Besi Hancurkan Ukraina, Termasuk Kirim 950 Rudal Selama Konflik

Insiden itu terjadi setelah Kremlin mengancam akan memblokir pasokan senjata Barat ke Ukraina.

“Beberapa rudal menghantam fasilitas perbaikan pesawat. Bangunannya dihancurkan oleh serangan. Pekerjaan aktif di pabrik telah dihentikan tepat waktu, sehingga belum ada korban jiwa,” kata Walikota Andriy Sadovyi dari Ukraina.