Suar.ID -Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) punya terobosan baru dalam menggalakkan penjualan produk UMKM secara online.
Caranya adalah dengan meluncurkan Warung Rojali.
Apa itu?
Untuk menciptakanlapangan kerja dan mendorong kebangkitan ekonomi melalui promosi produk ekonomi kreatif serta UMKM dari seluruh Indonesia, Kemenparekraf membuat inovasi.
Di antaranya adalah dengan mengadakan penjualan secara daring dengan memanfaatkan fitur siaran langsung di aplikasi media sosial melalui Warung Rojali alias Warung Rombongan Jadi Beli.
Program ini diselenggarakan sebagai wujud dukungan Kemenparekraf terhadap produk ekonomi kreatif dari UMKM seluruh Indonesia.
Warung Rojali dilaksanakan dari tanggal 25 hingga 28 Februari 2022 melalui siaran langsung di akun media sosial TikTok @warungrojali.
Hadir pula Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, di situ.
Warung Rojali menampilkan berbagai macam produk ekonomi kreatif dari subsektor fesyen, kriya, dan kuliner.
Beberapa jenama yang turut tampil adalah Exodos57, Imago, Six Scents, Bendera.co, SambalNing Niniek, ZM (Zaskia Mecca), Someone Clothing, dan masih banyak lagi.
Promosi dan ulasan dari masing-masing jenama diberikan oleh Menparekraf saat siaran langsung di akun TikTok @warungrojali.
Penonton yang menyaksikan dapat langsung membeli dengan menekan produk yang muncul saat dipromosikan di tayangan.
"Yang ingin saya garis bawahi, kita semua harus membeli produk ekonomi kreatif lokal yang harus disupport oleh kita sendiri," tegas Sandiaga Uno.
Pria yang juga pengusaha itu juga berharap,acara ini dapat menjadi awal kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja melalui promosi subsektor ekonomi kreatif Indonesia.
Masyarakat Indonesia pun diharapkan dapat lebih mencintai produk lokal Indonesia dan terus mendukung kampanye #BanggaBuatanIndonesia dan #BeliKreatifLokal.