Find Us On Social Media :

Antonov-225, Pesawat Terbesar di Dunia Milik Ukraina yang Dihancurkan Rusia, Biasa Dioperasikan untuk Hal Ini

Pesawat terbesar di dunia milik Ukraina, Antonov-225

GridHot.ID - Sempat ada ketidakjelasan mengenai nasib pesawat terbesar di dunia milik Ukraina, Antonov-225.

Pesawat tersebut dilaporkan hancur pada hari ini, Senin (28/2/2022). Namun laporan tersebut tidak dapat dikonfirmasi secara independen.

Akan tetapi, baru-baru ini, sebuah foto yang yang dimaksudkan membuktikan laporan hancurnya Antonov-225.

Melansir Austriawings.com, selama pertempuran sengit di sekitar Bandara Kyiv, Gostomel, pada 24 Februari, pesawat Antonov-225 dikatakan mungkin telah hancur.

Namun, pada saat itu, kepala pilot Antonov Airlines membantah pernyataan tersebut di media sosial

Lalu pada 25 Februari, Austrian Wings mengetahui dari sumber-sumber Ukraina yang biasanya berpengetahuan luas, bahwa Antonov-225 setidaknya untuk saat itu masih bekerja dengan baik .

Kemudian pada malam harinya di tanggal 25 Februari, Antonov Airlines mengumumkan bahwa mereka tidak memiliki informasi tentang kondisi Antonov-225.

Melansir Kompas.com yang mengutip informasi dari AFP, Rusia rupanya telah menghancurkan Antonov-225 dalam serangan di luar Kyiv pada Minggu (27/2/2022), hari keempat invasi Rusia ke Ukraina.

Hancurnya pesawat kargo raksasa tersebut dikonfirmasi oleh kelompok produsen senjata Ukroboronprom Ukraina.

Baca Juga: Saat Ukraina Digempur Habis-habisan oleh Rusia, Negara Bekas Invasi AS Ini Auto Teringat Kenangan Perang yang Menyakitkan: Rakyat Biasa Menanggung Beban

"Penjajah Rusia menghancurkan pesawat utama Ukraina, AN-225 di bandara Antonov di Gostomel dekat Kyiv," kata mereka dikutip dari AFP.

Pesawat Antonov-225 atau AN-225 memiliki panjang 84 meter, dapat mengangkut hingga 250 ton kargo dengan kecepatan mencapai 850 kilometer per jam.