'Beasiswa Susah!', Putrinya Dituding Berbohong Gegara Ngaku Kuliah di Oxford University, Ustaz Yusuf Mansur Malah Sebut Wirda Cuma 'Berpeluang' Kuliah

Minggu, 27 Februari 2022 | 09:33
Instagram @wirda_mansur

Wirda Mansur dituding bohongi publik dengan ngaku-ngaku lulusan Oxford, begini penjelasan Ustaz Yusuf Mansur.

Suar.ID - Beberapa waktu lalu, nama putri ustaz Yusuf Mansur, Wirda Mansur ini jadi sorotan.

Hal ini terkait dirinya yang dituding telah berbohong terkait pendidikannya.

Setelah dituding berbohong, Wirda Mansur pun gercep langsung unggah video klarifikasi soal hal ini.

Diketahui, tudingan muncul usai sebuah akun Twitter @strawbelly membuat thread soal data kuliah dari Wirda Mansur.

Usai hal itu, Wirda Mansur pun dianggap telah berbohong karena kuliah di Oxford University.

Lebih lebih pada saat lakukan sesi tanya di Instagram, Wirda Mansur ini mengaku kalau dirinya kuliah di Buckingham University.

Namun, di sisi lain Dikti malah mencatat kalau Wirda ini sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Hadis Institut Daarul Qur'an Jakarta angkatan 2020.

Dilansir Kompas.com, dalam video klarifikasi di Instagram Story, Wirda pun akui kalau berbohong telah berkuliah di 3 kampus berbeda.

Putri ustaz Yusuf Mansur ini pun mengungkapkan kalau dirinya sebenarnya menempuh pendidikan tinggi di 4 kampus berbeda.

Baca Juga: Miris, Indra Kenz jadi Tersangka dan Kekayaannya Disita, Nasib Kekasih Cantik yang Dijatah Rp 2 M per Bulan jadi Sorotan

Gadis 21 tahun ini pun akui kuliah diUniversity of Oxford, Raffles University, University of Buckingham dan Institut Daarul Qur'an Jakarta.

"Gini ya, yang bilang katanya gue tuh kuliah di 3 kampus, iya itu bohong, karena sebenarnya bukan tiga, tapi 4 say," ucap Wirda dikutip Kompas.com dari Instagram @wirda_mansur, Sabtu (26/2/2022).

Instagram @wirda_mansur

Wirda menjelaskan soal pendidikannya

Wirda pun mengatakan kalau ia mengambil progam International Baccalaureate (IB) di University of Oxford pada 2017 lalu.

Untuk diketahui, IB ini adalah program yang dikembangkan untuk persiapkan siswa masuk ke perguruan tinggi international.

Dalam kasus ini, Wirda akui tak menuntaskan program IB ini dan memutuskan pulang ke Indonesia.

"Jadi gini, tahun 2017, gue itu ngambil International Baccalaureate di Oxford, tapi enggak sampai selesai. Gue pulang ke Indonesia," ucapnya.

Masih di tahun yang sama, Wirda kemudian daftar ke Raffles University dan hanya bertahan selama 3 semester jadi mahasiswa di sana.

"Gue re-apply, re-enroll ke kampus lain di Raffles University. So, tahun 2017, gue udah sempat S1," ungkap Wirda.

Baca Juga: Cincin Kawin Dicopot Paksa, Pengantin Wanita Langsung Diringkus Polisi, Ternyata Gegara Kehadiran Kuli Bangunan tak Diundang

"Tahun 2017, ini, waktu itu lagi semester, gue itu enggak lama di sana, cuma sampai tiga semster, habis itu gue out," sambungnya.

Usai keluar dari Raffles University di tahun 2018, Wirsa pun memutuskan berhenti kuliah setahun dan mendaftar jadi mahasiswa pada 2019 di University of Buckingham.

"Tuh jadwalnya ya, Winter Timetables 2019 University of Buckingham, oke, gue ambil jurusan Business Enterprise," ucapnya.

Di waktu yang bersamaan, Wirda pun tercatat sebagai mahasiswa Institut Daarul Qur'an Jakarta.

Ia pun mengatakan kalau dirinya ini mengambil double degree.

"Gue juga ambil double degree di Idaqu, Institut Daarul Qur'an, ya iya lah gue sebagai kayak ya, bukan yang punya Daqu juga tapi maksudnya ya gue ada di Daqu masa iya gue enggak kuliah di Daqu? Ya gue kuliah di Daqu lah, jadi gue ambil double degree, ambil jurusan Islam gitu," ucap Wirda.

Tribunnews.com

Wirda Mansur

Wirda pun tegaskan kalau ia tercatat jalani 2 program perkuliahan yaitu di Jakarta dan Inggris.

Namun, kini Wirda mengakui kalau dirinya sedang cuti.

Baca Juga: Sang Nenek Langsung Ngamuk! Ashanty Tak Terima Cucunya dari Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar Dihujat Netizen: Dia Bayi Spesial!

"I hope it can answer your question and concern ya teman-teman, yang lebih penting adalah ya gimana ya, doain gue aja lah. Nah, sekarang gue lagi cuti," ungkap Wirda.

Di sisi lain, ustaz Yusuf Mansur juga ikut komentari polemik sang putri.

Melansir dari Wartakotalive.com, sang ustaz mengatakan kalau taka ada yang mengakau kalau Wirda ini adalah lulusan Oxford University.

"Bahwa dia (Wirda) berpeluang kuliah disana (Oxford University) memang iya, karena pengalaman internasional mulai SD yang sudah sering saya bawa keliling Indonesia," kata Yusuf kepada wartawan, Jumat (25/2/2022).

Selain itu, ustaz Yusuf pun jelaskan kalau Wirda sejak kecil hingga remaja sering diajak bertemu syekh ternama.

Saat masuk SMP, Wirsa pun sekolah di Yordania dan Turki.

Sedangkan, ketika SMA, ustaz Yusuf pun menitipkan Wirda ini ke ustaz Samsi Ali yang tinggal di New York, AS.

"Wirda ini resmi masuk sekolah Islam di New York hingga kemudian pindah ke Washington DC," kata Yusuf.

Sambil cari tempat kuliah, Wirda pun ikuti banyak Workship dan khursus sebagai modal ikut seleksi di Oxford University.

Baca Juga: Akhirnya Kepergok Raul Lemos hingga Dimarahi Habis-habisan, Krisdayanti Rupanya Masih Bantu Anang Hermansyah Bayar Cicilan Ruko usai Cerai: Ini Tanggung Jawab

"Oxford itu kota yang tempat sekolahnya nggak cuma satu. Kalau beasiswa susah, tapi kalau bayar sendiri kan gampanglah itu selama pasrah sama Allah," kata Yusuf.

"Saya ajarkan ke anak-anak supaya tetap percaya pada Allah hingga akhirnya Wirda diterima kuliah di Buckhingkam University," jelasnya.

Ustaz Yusuf Mansur pun mengungkapkan kalau Wirda Mansur ini resmi terdaftar dan kuliah di Buckingham University.

"Cuma kan daring karena pandemi. Beruntung belum berangkat (ke Inggris).

"Kemudian dia ikut kuliah di Daarul Quran yang dikelola babe-nya dan kawan-kawan, sekaligus cari pengalaman kuliah di Institut Daarul Quran," kata Yusuf.

Kini, Wirda Mansur sendiri rencananya sedang bersiap ke Singapura karena kuliah di Inggris ini bermasalah akibat pandemi.

Baca Juga: Hanya Dianggap Budak hingga Disuruh Pakaikan Sepatu, Wajah Ivan Fadilla saat Ketemu Venna Melinda jadi Sorotan: Menyatukan Apa!

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Sumber : Kompas.com, Wartakotalive.com

Baca Lainnya