Ciri-ciri Hamil Saat Masih Menyusui Ternyata Berbeda dengan Tanda Hamil Seperti Biasanya, Salah Satunya Mengalami Penurunan Berat Badan, Ketahui Juga yang Lainnya di Sini

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 26 Februari 2022 | 18:29 WIB
Ciri-ciri hamil saat masih menyusui (freepik)

Nakita.id - Hati-hati loh, Moms bisa mengalami ciri-ciri hamil saat masih menyusui.

Meski banyak orang mengatakan kalau menyusui adalah KB alami, tapi sebenarnya Moms tetap berpotensi hamil lagi.

KB alami saat menyusui biasa disebut LAM atau Lactational Amenorrhea Method.

Dan hamil saat menyusui bisa mungkin terjadi saat Moms sedang dalam masa subur. Tanda hamil saat masih menyusui berbeda dengan tanda kehamilan pada umumnya.

Jelasnya seperti ini, saat Moms sedang menyusui bayi usia 0-3 bulan, kemungkinan Moms hamil adalah 0 persen. Ini karena Moms sedang mengalami nifas, tak mungkin seorang ibu hamil di masa-masa nifas.

Nifas biasanya berhenti setelah 40 hari pasca melahirkan. Kemudian, 3-6 bulan pasca melahirkan, Moms bisa saja hamil tapi kemungkinannya hanya 2 persen saja.

Baru setelah bayi berusia 6 bulan keatas Moms harus waspda karena 6 persen kemungkinannya Moms bisa hamil lagi.

Apalagi bagi Moms yang tidak menyusui secara langsung dan hanya melakukan pumping ASI, sangat mungkin untuk hamil lagi. Bahkan, kemungkinannya 5,2% lebih tinggi daripada yang menyusui langsung.

Sebenarnya tak ada masalah jika Moms hamil lagi saat menyusui, tapi Moms harus tahu kalau ciri-ciri hamil saat menyusui bayi ternyata berbeda dengan tanda hamil muda pada umumnya.

 Baca Juga: Ciri-ciri Hamil Setelah Keguguran Hampir Mirip Seperti Tanda Kehamilan Pada Umumnya, Tapi Ada Sederet Hal yang Harus Diperhatikan Selama Masa Kehamilan

Mengutip dari Kelly Mom, inilah ciri-ciri hamil saat masih menyusui bayi:

1. Berat badan turun drastis