Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, Detik-detik Wali Kota Bandung Oded Danial Jatuh di Depan Mimbar Masjid Sebelum Ceramah Shalat Jumat

Jumat, 10 Desember 2021 | 17:45
Kolase Instagram

Detik-detik meninggalnya Walikota Bandung Oded Danial

Suar.ID - Video detik-detik Wali Kota Bandung Oded M Danial tiba-tiba pingsan sebelum ceramah sholat Jumat di Masjid Mujahidin Kota Bandung, lalu meninggal, Jumat 10 Desember 2021.

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, Wali Kota Bandung, Oded M Danial, meninggal dunia, Jumat (10/11/2021).

Mang Oded, demikian dia akrab disapa, meninggal dunia saat hendak naik mimbar menjadi khatib Salat Jumat di Masjid Mujahidin, Jalan Sancang, Kota Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga: Innalillahi Wa Inna Ilaihi Roji'un, Selamat Jalan untuk Selamanya, Kabar Duka Datang dari Pasangan Inul Daratista dan Adam Suseno

Informasi yang didapatkan Tribunjabar.id, Oded M Danial dipanggil untuk menjadi imam khatib salat Jumat.

Namun baru beberapa langkah menuju mimbar, dia terjatuh.

Oded lalu dilarikan ke Rumah Sakit Muhammadiyah Kota Bandung. Namun, Oded sudah meninggal dunia.

Jenazah Oded kini masih berada di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung.

Suasana Masjid Mujahidin Bandung Saat Wali Kota Bandung Mang Oded Tak Sadarkan Diri, Digotong Jemaah

Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia saat akan jadi khatib salat Jumat di Masjid Mujahidin, Jalan Sancang, Kota Bandung, Jumat (10/12/2021).

Baca Juga: Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, Putra Kedua Ustaz Arifin Ilham Berpulang, Sebelum Masuk ICUSempat Keluhkan Hal Ini pada Sahabatnya: Maafin Ya, Kir

Sebuah video merekam detik-detik Oded M Danial tak sadarkan diri di dalam masjid. Jamaah salat Jumat tampak melihat ke depan dekat mimbar tempat dimana Mang Oded tak sadarkan diri.

Kemudian, tampak sejumlah jamaah mengangkat Oded M Danial ke tandu lalu diboyong ke luar masjid.

Informasi yang didapatkan Tribunjabar.id, Oded M Danial dipanggil untuk menjadi imam khatib salat Jumat, namun baru beberapa langkah menuju mimbar dia terjatuh.

Oded lalu dilarikan ke RS Muhammadiyah Kota Bandung. Namun, Oded sudah meninggal dunia. Jenazah Oded kini masih berada di RS Muhammadiyah Bandung.

Kabarkan Sakit Sejak Juli 2021

Pada Juli 2021, kondisi kesehatan Oded M Danial menurun.

Saat itu, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Bandung, Sony Teguh Prasatya, mengungkapkan, sebenarnya gejala kurang sehat sudah ditunjukan Oded sejak beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan perbincangannya bersama Oded, sambung Sony, Wali Kota Bandung sempat tidak sengaja berujar bahwa sebetulnya dalam beberapa pekan terakhir sudah diminta istirahat oleh dokter.

"Sudah sejak lama harusnya beristirahat dulu, tetapi selalu tidak mau. Beliau masih bersikeras, padahal dokternya sudah menyarankan," ujar Sony. Menurut Sony, mang Oded tetap bekerja ingin memastikan dan memperjuangkan berbagai hal terkait penanganan selama pandemi Covid-19 dapat berjalan baik.

Baca Juga: 'Itu Pilihan Masing-masing', Keluarga Sampai Syok Saat Tahu Artis Lawas ini Sudah Mualaf Sebelum Meninggal, Kini Dimakamkan Secara Islam

Seperti ketika memutuskan memakai APBD untuk bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak saat PPKM Darurat diambil.

Oded terus bolak balik ke Kantor DPRD Kota Bandung untuk berkoordinasi agar bantuan sosial bisa segera direalisasikan.

Bantuan senilai Rpb30 miliar berhasil digelontorkan untuk 60 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Bandung.

Sony menambahkan, Oded juga beberapa kali mengkoordinasikan langsung ke sejumlah rumah sakit untuk menambah ketersediaan tempat tidur guna menekan angka keterisian atau Bed Occupancy Rate (BOR) di Kota Bandung.

Walaupun rumah sakit di Kota Bandung ini hampir setengahnya dimanfaatkan oleh warga dari luar kota, Oded tetap berkordinasi intens.

Bukan hanya dengan Wakil Walikota Bandung dan Sekretaris Daerah Kota Bandung saja, beliaupun berkoordinasi dengan sejumlah lembaga pemerintahan dan swasta untuk meminta akselerasi dalam mengatasi pandemi covid-19 ini termasuk akselerasi vaksinasi di Kota Bandung.

Sony mengatakan, kondisi Oded setelah beberapa hari dalam perawatan kondisinya berangsur semakin membaik.

Sehingga dalam waktu dekat diprediksi dapat segera meninggalkan rumah sakit.

Baca Juga: Innalillahi Wainnailahi Rojiun, Tangis Mantan Istri Kiwil Tak Terbendung di Depan Jenazah, Sosok Tercinta Meninggal Dunia

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Sumber : TribunJabar.id

Baca Lainnya