Mendadak Kasus Pembunuhan Subang Fokus ke Yoris, Pernah Ngamuk Bawa Golok hingga Dirukyah Keluarga

Rabu, 10 November 2021 | 13:31
Tribun Jabar/Dwiki MV

Yoris, kakak Amalia dan Yosef, hubungan keduanya dalam kasus pembunuhan Subang jadi sorotan.

Suar.ID - Yosef Hidayah baru saja menjalani pemeriksaan terbarunya sebagai saksi kunci dalam kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang, Jawa Barat, Selasa (9/11/2021).

Terhitung sudah 15 kali suami Tuti Suhartini (56) sekaligus ayah Amalia Mustika Ratu (23) tersebut menghadiri pemanggilan penyidik.

Dalam pemeriksaan kali ini, terungkap karakter Yoris, anak Yosef dan Tuti, yang disebut temperamental hingga pernah menjalani prosedur rukiah.

Baca Juga: Sosok Danu Terus Diperiksa Secara Marathon dalam Kasus Pembunuhan Subang, Sang Ayah Malah Bongkar Sifat Asli Anaknya: Nggak Mikir Panjang!

Fakta bahwa Yosef pernah dikejar-kejar sang anak yang membawa senjata tajam juga ditanyakan oleh penyidik.

Keterangan tersebut dilontarkan oleh kuasa hukum Yosef, Rohman Hidayat.

Dilansir dari TribunJabar.id, Rohman Hidayat menyebutkan kliennya hanya dicecar lima pertanyaan saja.

Termasuk soal asbak rokok, karakter anak laki-lakinya yang temperamental, dan kucing peliharaan Amalia.

Bahkan, Yosef juga diminta oleh penyidik untuk menuliskan aktivitasnya pada 16 hingga 19 Agustus 2021.

"Hari ini cuma lima pertanyaan saja dan semuanya masuk dalam berita acara saksi tambahan," ungkap Rohman Hidayat di Polres Subang, Selasa (9/11/2021).

"Mudah-mudahan setelah ini ada penyelesaian lah segera dan benar-benar sudah selesai," harapnya.

Baca Juga: Siapa Banpol Misterius Yang Suruh Bersihkan Kamar Mandi TKP Pembunuhan Subang? Disebut Memegang Kunci Rumah Tuti Dan Amalia Mustika Ratu

Rohman Hidayat pun memberikan penjelasan singkat terkait asbak yang dimiliki oleh kliennya.

Disebutkan Yosef sudah tidak merokok sejak sebelum Tuti dan Amalia terbunuh pada 18 Agustus lalu.

Kasus tewasnya istri dan anak perempuan Yosef diketahui ketika jasad keduanya ditemukan dalam keadaan tertumpuk di bagasi mobil Alphard yang terparkir di rumahnya di Desa Ciseuti, Kecamatan Jalancagak, Subang, Jawa Barat.

"Pak Yosef punya dua asbak rokok, tapi itu buat tamu karena Pak Yosef sudah tidak merokok sejak sebelum kejadian," jelas Rohman Hidayat.

Tak hanya itu, Rohman Hidayat juga membeberkan fokus pemeriksaan tambahan atas Yosef, kali ini juga membahas terkait karakter Yoris.

Penyidik melayangkan pertanyaan soal sifat anak laki-laki Yosef itu yang disebut temperamental hingga pernah dirukiah beberapa tahun lalu.

"Fokus pertanyaan BAP kali ini yang pertama adalah bahwa Yoris pernah dirukiah. Itu kurang lebih di tahun 2018," kata Rohman Hidayat.

Menurut kuasa hukum Yosef itu, pelaksanaan prosedur rukiah yang sempat dilakukan Yoris, digelar dengan mendapatkan izin dari Yosef mau pun Tuti Suhartini.

Hal itu dimaksudkan agar pria berusia 34 tahun tersebut tidak lagi temperamental, lantaran saat itu, kata Rohman Hidayat, sifat Yoris tersebut sudah parah hingga bahkan melampaui batas.

"Maksudnya adalah kesepakatan almarhumah Tuti bersama Pak Yosef menyarankan agar (Yoris) dirukiah. Akhirnya, diobati di rumahnya Yoris di Kasomalang. Saat itu ada ustaz yang didatangkan, tujuannya agar Yoris tidak temperamen lah," ungkapnya.

"Memang sudah ada gejala-gejala temperamental dan sudah menjadi pembicaraan waktu itu dari Bu Tuti dan Pak Yosef untuk dilakukan rukiah di kediaman Yoris," tambah Rohman.

Baca Juga: Terobos Masuk TKP Subang, Saksi Ungkap Pria Misterius Bawa Kunci Rumah hingga Bukakan Pintu Rumah Korban Pembunuhan Subang

Selain itu, bahan yang ditanyakan oleh penyidik soal kasus Subang kepada Yosef dalam pemeriksaan terbarunya, juga terkait dengan pengakuan suami Tuti itu, bahwa pernah dikejar oleh Yoris yang membawa senjata tajam.

Rohman Hidayat menjelaskan peristiwa tersebut terjadi ketika kliennya baru memasuki awal masa pernikahan dengan istri mudanya, Mimin Mintarsih.

"Menurut keterangan, karena saat itu Yoris melihat Pak Yosef sedang berboncengan menggunakan sepeda motor bersama Bu Mimin, istri mudanya Pak Yosef," ujar Rohman Hidayat.

Di sisi lain, Yoris sebelumnya pernah menjelaskan kronologi kejadian ketika mengacungkan sebuah golok ke arah Yosef.

Hal tersebut diungkapkan saat diwawancarai untuk program AIMAN yang diunggah melalui kanal YouTube KompasTV pada Selasa (28/9/2021).

Yoris mengakui saat itu dirinya sangat marah karena kelakuan Yosef yang memiliki istri muda, yaitu Mimin.

Kejadian membawa golok itu diungkapkannya sudah terjadi sejak sekitar sepuluh tahun lalu.

"Kalau masalah itu sudah lama ya, sudah silam, sekitar 2010 atau 2009 kalau tidak salah. Saya bawa golok tumpul itu membela ibu," kata Yoris.

Yoris tidak bisa menahan kemarahannya karena ibunya, Tuti, sempat mengadu terkait pertemuannya dengan suaminya, Yosef, saat bersama istri mudanya.

Saat itu, ibu dan adiknya, Amalia, berpapasan dengan Yosef yang terlihat bermesraan dengan istri mudanya.

"Marah ke papah. Mamah itu sama Amel (Amalia) berpapasan dengan papah sama Mimin sambil bermesraan si papah itu," ungkap Yoris.

Ketika menceritakan kejadian itu kepada Yoris, Tuti sampai menangis sehingga membuatnya sangat marah dan mengancam Yosef dengan golok.

"Kelihatan itu, mungkin langsung mamah nangis, ke aa ngadu. Aa itu mamah sama Amel, itu ngelihat Mimin sama ini, mamah enggak kuat, gitu-gitulah. Langsung saya marah. Mana papah (mengacungkan tangan) plek ke motor orang (memukulkan golok ke motor)," katanya.

Setelah itu, Yoris mengaku ditenangkan oleh satpam yang ada di lokasi kejadian.

Baca Juga: Semakin Mencurigakan, Danu kini Ngaku Disuruh Saksi Kunci Lain Jaga Hal Ini usai Mayat Amalia dan Tuti Ditemukan di TKP Pembunuhan Subang

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Sumber : TribunJabar.id

Baca Lainnya