Detik-detik Kecelakaan yang Menewaskan Vanessa Angel Terungkap, Polisi Ungkap Hal Ganjal Saat Olah TKP Ini Jadi Penyebabnya

Jumat, 05 November 2021 | 09:38
Istimewa

Kondisi mobil yang ditumpangi Vanessa Angel

Suar.ID - Vanessa Angel dan suaminya Bibi Ardiansyah meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal di Tol Jombang-Mojokerto, KM 672+400/A, Kamis (4/11/2021).

Diketahui mobil Mitsubishi Pajero bernomor polisi B-1264-BJU yang ditumpangi Vanessa Angel tersebut berisi lima penumpang.

Kelima orang tersebut yakni Vanessa Angel, Bibi Ardiansyah, sang anak Gala Sky Adriansyah, sopir serta pembantunya.

Baca Juga: Bagai Sebuah Pertanda, Vanessa Angel Ternyata Sempat Menangis, Ungkap Rasa Penyesalannya pada Artis Cantik Ini Sebelum Tewas Kecelakaan, Kini Keduanya telah Tiada

Mobil tersebut hendak menuju Surabaya, Jawa Timur.

Dari lima penumpang, Vanessa dan suaminya meninggal dunia.

Sementara tiga penumpang lainnya dalam keadaan luka-luka.

Buah hati Vanessa mengalami luka ringan bersama sang sopir, sedangkan asisten rumah tangga Vanessa Angel mengalami luka berat.

"Dua orang luka ringan ini, dari informasi di lapangan adalah sopir dengan anak dari pada Almarhum dan Almarhumah.Yang luka berat ini adalah asisten rumah tangganya," kata Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Gatot Repli Handoko, Kamis (4/11/2021).

Kronologi kejadian

Sementara itu, Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim, Kombes Pol Latif Usman mengungkap kronologi kejadian yang merenggut nyawa Vanessa dan suaminya.

Peristiwa bermula saat mobil Mitsubishi Pajero yang dikendarai Tubagus Joddy melaju dari arah Jakarta menuju Surabaya.

Setibanya di KM 672+400/A, mendadak laju mobil oleng ke sisi kiri bahu jalan.

Tak pelak, membuat mobil menghantam pembatas jalan berbahan beton.

Instagram @vanessaangelofficial

Vanessa Angel, Bibi Ardiansyah, dan Gala Sky Ardiansyah

Baca Juga: Sebelum Meninggal Dunia, Vanessa Angel Sempat Mengakui Bahwa Kehidupannya Sudah Mulai Membaik Setelah Sempat Terpuruk Lantaran Skandalnya di Masa Lalu

Kuatnya benturan, membuat bodi mobil terpelanting dari titik benturan di KM tersebut sejauh 30 meter hingga mobil masuk di lajur cepat.

"Jenazah yang ditemukan di luar, Vanessa Angel sekitar 3 meter dari kendaraan tersebut," ujarnya saat dihubungi awak media, Kamis (4/11/2021).

Sedangkan jenazah Febri, diketahui masih di dalam tempat duduknya, di samping kiri sopir.

Karena, ungkap Latif, Febri masih mengenakan sabuk pengaman kendaraan (Safety belt).

"Suami berada di dalam karena mengenakan safety belt, yang Vanessa Angel tidak mengenakan safety belt dan duduk di sebelah kiri," ungkapnya.

Perihal dugaan laju kecepatan mobil, Latif memperkirakan, sebelum insiden tabrakan itu, mobil diperkirakan dalam kecepatan tinggi.

"Kalau dilihat dari kondisi kerusakan, kendaraan tersebut melaju lebih dari 100 Km/Jam, tapi dari hasil pelaksanaan penyidikan nanti kami akan lihat pergerakan kendaraan. Akan kami ketahui kecepatannya berapa," ujarnya.

Sopir mengantuk

Sementara itu, Kasat PJR Ditlantas Polda Jatim, AKBP Dwi Sumrahadi mengungkap hasil sementara olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang dilakukan pihaknya.

Menurutnya penyebab kecelakaan tunggal tersebut karena sopir dalam keadaan mengantuk.

Karena mengantuk, diduga mobil melenceng ke kiri dan menghantam pembatas jalan berbahan beton hingga terpelanting yang mengoyak bodi mobil.

Baca Juga: Sedih, Vanessa Angel dan Sang Suami Tewas Kecelakaan, Unggahan Terakhirnya Langsung jadi Sorotan: Ada yang Bisa Tebak?

Hasil tinjauan analisis tersebut diperkuat dengan tidak ditemukannya bercak roda bekas pengereman.

Artinya, beberapa saat sebelum mobil menghantam pembatas, tidak ada upaya pengereman secara manual dari sopir mobil untuk mengurangi laju kecepatan mobil.

"Diduga mengantuk. Kami juga memeriksa aspal jalan juga tidak menemukan jejak bekas pengereman," kata Dwi saat dihubungi, Kamis (4/11/2021).

Kendati demikian, Dwi mengungkapkan, pihaknya bakal melakukan pendalaman lebih lanjut untuk memastikan penyebab tabrakan, dan kecepatan mobil saat itu.

"Itu nanti dulu, kami akan proses dulu," pungkasnya.

Atas kecelakaan yang menewaskan Vanessa dan suaminya tersebut, sang sopir terancam menjadi tersangka.

Kenali soal microsleep

Kecelakaan yang dialami Vanessa Angel bisa disebabkan karena sopir mengalam microsleep.

Menurut dr Yeni Wulandari, microsleep adalah kondisi dimana terjadi hilangnya kesadaran atau perhatian seseorang karena rasa kantuk.

Sehingga tiba-tiba saja, seseorang dapat tertidur dalam waktu singkat antara satu detik hingga dua menit.

Biasanya ditandai dengan terjadinya sentakan yang cukup keras.

"Dia sebenarnya cuma satu detik saja bisa atau sampai dua menit, langsung turun kesadaran. Itu dalam keadaan mata terbuka bisa terjadi microsleep," ungkapnya saat diwawancarai oleh Tribunnews, Kamis (4/11/2021).

Biasanya microsleep terjadi karena melakukan pekerjaan yang monoton.

Seperti menatap layar komputer atau handphone dalam waktu yang lama. Atau bisa juga saat berkendara.

Selain itu ada penyebab lain terjadinya microsleep.

Pertama, adanya gangguan tidur di malam hari. Bisa pula karena ada pekerjaan malam, sehingga bisa mengurangi waktu tidur.

"Terus kita punya utang tidur. Kita tidur kurang dari 6 jam. Itu biasanya punya utang tidur. Banyaknya utang tidur bisa meningkatkan risiko microsleep sewaktu-waktu," katanya lagi.

Kelelahan juga dapat memicu terjadinya microsleep.

Baca Juga: Akhirnya Nikita Mirzani Tahu Mau Ke Mana Vanessa Angel Dan Bibi Ardiansyah Pergi: Kalian Berdua Tenang Di Sana Ya

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Sumber : Tribunnews.com

Baca Lainnya