Baim Wong Bisa-bisa Auto Jatuh Miskin Lantaran Ditinggal Para Subscribernya Pasca Memarahi Kakek Suhud, Sebenarnya Berapa Sih Penghasilan Jadi Youtuber?

Jumat, 15 Oktober 2021 | 10:33
Instagram @nyonya_gossip @baimwong

Kolase Foto Kakek Suhut dan Baim Wong

Suar.ID-Kasus Baim Wong yang tega memarahi Kakek Suhud masih menjadi perhatian banyak orang.

Meski telah meminta maaf melalui unggahannya (13/10/2021), Baim Wong sampai saat ini masih mendapat berbagai kritikan pedas.

Bahkan seleb fenomenal Nikita Mirzani turut bersuara terkait masalah ini di media sosialnya.

Terakhir, seperti yang dilansirTribun Wow, Baim Wong kehilangan 300 ribu subscriber-nya lantaran masalah ini.

Roy Suryo pun memberikan pesan agar suami Paula Verhoeven lebih berhati-hati dalam membuat konten agar bisa memahami audiensnya.

Jika memang Baim Wong ditinggalkan sebagian subscriber-nya, mungkinkah ini akan berpengaruh pada penghasilannya?

Lalu, sebenarnya berapa sih penghasilan menjadi Youtuber? Kita cek sama-sama yuk!

Baca Juga: Beda Banget dengan Klarifikasi Baim Wong! Ini Kronologi Kejadian Menurut Sudut Pandang Kakek Suhud: Kenapa Sama Saya Begini?

Pixabay
Pixabay

Ilustrasi uang penghasilan dari Youtuber

Dikutip darimoney.kompas.com, penghasilan yang didapat sebagai seorang konten kreator di platformYoutube didapat dari Adsense.

Adsense atau pemasangan iklan ini sudah mulai bisa didapatkan bagi para Youtuber jika kontennya sudah ditonton sekurang-kurangnya 1000 kali.

Pendapatan ini sering disebut dengan istilahCost per Milleatau CPM (biaya per seribu tampilan) yang didapatkan langsung dari Google.

Biasanya biaya CPM ini biasanya sekitar 3-5, bahkan 18 US Dollar setiap 1000 kali tayangan yang ada di kanal tersebut.

Lalu, pendapatan lainnya didapat ketika audiens mulai mengklik iklan yang terpasang di AdSense tersebut, namun seperti yang kita tahu, penonton lebih sering melewatkan iklan dan enggan mengklik iklan tersebut.

Nah, selain dari Google, pemasukan seorang Youtuber juga bisa didapat dari jumlah subscriber yang biasanya telah mencapai jutaan.

Baca Juga: Padahal Kaya Raya, Paula Verhoeven Ternyata Enggan Pakai Jasa Baby Sitter Saat Merawat Anaknya, Ternyata Begini Alasan Istri Baim Wong

(Kolase YouTube dan Instagram)

Doni anak kakek Suhud (kiri) YouTuber Baim Wong (kanan)

Jika sebuah kanal telah diikuti oleh jutaan pelanggan, biasanya ada tawaran endorsment dari berbagai brand produk.

Apabila ia sudahmencapai titik ini, biasanya seorang Youtuber sudah mulai bisa menyebut dirinya sebagai seorang influencer.

Kini, ketika Baim Wong mulai ditinggalkan oleh parasubscriber-nya bukan tidak mungin tawaran kerjasama endorsment pun mulai dicabut.

Mengutip dariForbes viamoney.kompas.com, perhitungan pendapatan seorang Youtuber jika tayangannya sudah mencapai 1 juta penonton, biasanya ia akan mendapat 5000 US Dollar.

Jika dikonversikan ke rupiah, maka nominalnya bisa mencapai puluhan juta bahkan miliar rupiah.

Maka, wajar bila berbagai artis layar kaca kini mulai beralih profesi sebagai seorangYoutuber, tak terkecuali Baim Wong.

Baca Juga: Mau Ketemu Langsung Demi Minta Maaf, Baim Wong Akhirnya Ngaku Salah pada Kakek Suhud: Seharusnya Saya Lebih Sopan

Editor : Moh. Habib Asyhad

Sumber : Tribun Wow, money.kompas.com

Baca Lainnya