Sering Dikatikan dengan Hal-hal Mistis, Ternyata Begini Penjelasan Arti Mitos Ayam Berkokok Malam-malam Secara Ilmiah

Jumat, 01 Oktober 2021 | 18:11
Pixabay

Mitos Ayam Berkokok di Malam Hari, Pertanda ada Malaikat Lewat?

Suar.ID - Ayam berkokok tengah malam sering dikaitkan dengan berbagai pertanda.

Apakah benar pertanda setan atau makhluk gaib atau bahkan pertanda buruk?

Mitos ayam berkokok tengah malam kerap kali dikait-kaitkan dengan berbagai hal mistis.

Baca Juga: Dari Luapan Emosi Hingga Rezeki, Ternyata Begini Penjelasan Arti Mitos Kedutan di Pipi Menurut Primbon Jawa yang Masih Dipercaya Sebagian Masyarakat

Mitos ini juga dikaitkan dengan kejadian yang tak masuk akal di sekitar kita.

Misalnya saja, kepercayaan masyarakat Tanah Jawa umumnya mengatakan mitos ayam berkokok tengah malam menandakan adanya setan atau makhluk gaib yang berkeliaran atau kehamilan yang tak diinginkan.

Padahal sebenarnya mitos ayam berkokok tengah malam dapat dijelaskan secara ilmiah dengan ilmu pengetahuan tanpa mengkait-kaitkannya dengan hal gaib.

Pernahkah kamu mendengar suara ayam jago yang berkokok di tengah malam? Lalu apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar suara ayam yang berkokok di tengah malam seperti itu?

Melansir dari Intisari, kebanyakan masyarakat percaya ayam berkokok di malam hari menandakan sesuatu yang gaib sedang terjadi.

Masyarakat Tanah Jawa percaya bila mendengar ayam berkokok tengah malam itu pertanda adanya kedatangan makhluk gaib yang berkeliaran di sekitar tempat ayam tersebut berada.

Baca Juga: Pernah Mengalami Kedutan di Lengan Kiri? Ternyata Arti Mitosnya Bagus Banget Apalagi Kalau Kamu Sedang Menghadapi Cobaan Hidup!

Ada juga yang mengatakan ayam jago berkokok di tengah malam itu menandakan kehamilan seorang gadis tanpa suami.

Lalu apa sebenarnya misteri di balik mitos ayam berkokok tengah malam? Pernah dengar tentang hubungan antara kokokkan ayam dan cuaca di esok hari?

Ya, rupanya ayam berkokok tengah malam dapat dibuktikan secara ilmiah dengan ilmu pengetahuan, karena memiliki kaitan erat dengan ramalan cuaca di esok hari.

Dilansir dari Tribunnews, ayam berkokok di malam hari karena dipengaruhi hormon yang bekerja dalam tubuhnya.

Hormon tersebut adalah hormon reproduksi bernama mon kadi yang terletak persis di belakang mata dalam rongga kepala.

Hormon reproduksi ini berfungsi sebagai pemicu yang membuat ayam jago mempersiapkan tubuhnya untuk musim kawin dan membuat si ayam menjadi lebih agresif.

Menariknya, hormon mon kadi ini sangat dipengaruhi oleh sinar matahari. Kelenjar hormon mon kadi sangat peka terhadap perubahan cuaca.

Jika kelenjar mon kadi merasakan ada perubahan cuaca dari dingin ke hangat, maka birahi sang ayam akan bangkit dan berkokok sebagai respon alami.

Itu sebabnya ilmuwan mengatakan bila ayam berkokok pada tengah malam, maka itu menandakan keesokan hari cuaca akan cerah.

Itulah sebabnya, semakin siang sang jago berkeruyuk, semakin buruklah cuaca esok harinya.

Bagaimana jika ayam berkokok siang hari, padahal sedang hujan lebat? Ini pertanda, beberapa menit lagi hujan berhenti dan udara akan panas, jadi Anda tidak perlu membatalkan rencana bepergian.

Baca Juga: Dipercaya Mendatangkan Kesialan, Inilah Beberapa Fakta Mitos Pernikahan Sama-sama Anak Pertama Menurut Primbon Jawa, Hal ini Sangat Dinanti Loh!

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Sumber : tribunnews, intisari

Baca Lainnya