Suami Korban Grogi Dicecar Pertanyaan Kunci Pembunuhan di Subang, Pengacara Yosef Ungkap Pesan Terselubung Lewat Foto Ini

Rabu, 08 September 2021 | 16:53
Instagram

Suami korban (bertopi merah) grogid dicecar pertanyaan kunci soal pembunuhan di Subang, Jawa Barat.

Fotokita.net - Suami korban tampak grogi saat dicecar pertanyaan kunci pembunuhan di Subang, Jawa Barat oleh Kapolres Subang AKBP Sumarni. Usai pemeriksaan suami korban yang ketujuh kalinya, pengacara Yosef mengungkap pesan terselubung lewat foto ini di akun Instagram pribadinya.

Yosef Hidayah, suami korban pembunuhan di Subang kembali berhadapan dengan polisi. Sejak penemuan jasad Tuti Suhartini (55) dan anaknya, Amalia Mustika Ratu (23), Yosef sudah diperiksa penyidik sebanyak tujuh kali.

Hingga saat ini, polisi terus bekerja keras mengungkap pembunuhan di Subang yang terus menjadi sorotan publik. Polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) hingga memeriksa puluhan saksi.

Di antara sejumlah saksi, suami korban pembunuhan di Subang paling banyak menerima pertanyaan dari polisi. Pemeriksaan terhadap Yosef juga menghabiskan waktu berjam-jam. Pada pemeriksaan yang ketujuh, Senin (6/9/2021), Yosef dicecarbanyak pertanyaan oleh Kapolres Subang, AKBP Sumarni.

Dicecar pertanyaan kunci pembunuhan di Subang, suami korban tampak grogi. Namun, usai pemeriksaan itu, pengacara Yosef Hidayah mengungkap pesan terselubung lewat foto ini di akun Instagram pribadinya.

Baca Juga: Suami Korban Buat Pengakuan Jujur Soal Pembunuhan di Subang, Pengacara Yosef Unggah Foto Hitam Putih dengan Potongan Ayat Kitab Suci

Pengacara Yosef, Rohman Hidayat mengatakan klienya dicecar 20 pertanyaan oleh penyidik dan Kapolres Subang AKBP Sumarni, dalam pemeriksaan yang ketujuh itu.

Yosef diperiksa selama 10 jam dari pukul 15.30 WIB hingga pukul 00.30 WIB. Dari 20 pertanyaan itu, Yosef ditanya soal keberadaan dirinya saat kejadian pembunuhan Istri dan anaknya, Tuti dan Amalia, pada 18 Agustus 2021 silam.

"Barusan yang memimpin BAP-nya langsung sama Ibu Kapolres Subang bersama satu orang penyidik,"ujar Rohman Hidayat dilansir Tribun Jabar.

Pada pemeriksaan yang ketujuh kali ini, kliennya ditanya penyidik pertanyaan yang sama dengan pertanyaan sebelumnya. Yakni terkait keberadaan Yosef saat kejadian pembunuhan Tuti dan Amalia terjadi.

"Yang jelas kita itu hanya mengulang dari awal pertanyaan dari beberapa hari sebelum kejadian sampai bahkan sampai setelah kejadian pun ditanya apa yang dilakukan klien kami," kata Rohman Hidayat.

Pengacara Yosef menegaskan di hari kejadian pembunuhan, Yosef berada di rumah istri mudanya yang bernama Mimin. Ketika kembali dari rumah istri muda, Yosef mengaku kaget melihat rumahnya berantakan.

Baca Juga: 3 HP Berisi Foto Amalia Mustika Ratu Lenyap, Polisi Ungkap Keluarga Korban yang Biasa Datang Malam Hari, Punya Kunci Sendiri

YouTube

Foto Yosef bersama wanita muda beredar di media sosial. Suami korban pembunuhan di Subang mengaku depresi.

Namun, saat itu Yosef tak melihat mayat istri dan anaknya, Tuti dan Amalia yang terbujur kaku di bagasi mobil. Pasalnya, Yosef langsung melapor ke polisi.

“Hanya penegasan saja bahwa memang seperti yang diceritakan di awal, saat kejadian Pak Yosef ada di rumah Bu Mimin. Dan pagi-pagi datang ke lokasi kemudian melihat rumah sudah berantakan, dia pergi ke Polres kemudian balik lagi bersama pihak kepolisian. Artinya dia tidak langsung melihat mayat istri dan anaknya tetapi di lokasi sudah dipenuhi oleh kerumunan warga. Jadi saat itu Pak Yosef diamankan dan dibawa ke SMA Jalan Cagak,” jelas Rohman Hidayat,pengacara Yosef, dilansir Kompas TV, Selasa (7/9/2021).

Pengacara Yosef menegaskan pihaknya akan tetap kooperatif jika penyidik Polres Subang masih membutuhkan keterangan dari Yosef. Bahkan, Rohman Hidayat menyebut Yosef tidak akan menyembunyikan fakta apapun dari polisi terkuat terbunuhnya istri dan anaknya.

"Yang jelas kita itu hanya mengulang dari awal pertanyaan dari beberapa hari sebelum kejadian sampai bahkan sampai setelah kejadian pun ditanya apa yang dilakukan klien kami," kata Rohman Hidayat.

"Kami sepakat juga supaya para penyidik juga yakin bahwa dari pihak Pak Yosef sendiri tidak ada hal-hal yang disembunyikan, tetap apa adanya seperti yang diceritakan dari awal," ujar Rohman Hidayat.

Yosef tak hanya kali ini saja diperiksa AKBP Sumarni. Saat awal penemuan jasad Tuti dan Amalia Mustika Ratu pun, AKBP Sumarni sempat menginterogasi Yosef. AKBP Sumarni mencecar keberadaan Yosef di malam kejadian.

Baca Juga: Istri Muda Suami Korban Bikin Pengakuan Soal Pembunuhan di Subang, Pengacara Yosef Unggah Foto Menohok: Orang Stres Nyindir Orang Kerjaannya

Instagram

AKBP Sumarni, Kapolsek Subang saat memeriksa TKP pembunuhan di Subang. Suami korban grogi dicecar pertanyaan kunci pembunuhan keji itu.

Rupanya, pertanyaan kunci pembunuhan di Subang dari AKBP Sumarni ini sempat membuat Yosef grogi. Apalagi ketika Yosef ditanya apakah di malam kejadian, ia tidak tidur di rumah bareng Tuti dan Amalia.

"Pak Yosef tidur dimana? di sini ?" tanya AKBP Sumarni.

"Gak, di sana di... ," jawab Yosef sambil menunjuk ke arah lain.

"Udah pisah rumah ?" tanya Sumarni.

"Gak (pisah rumah), di sana bu," kata Yosef

"Punya rumah lain?" cecar Kapolres Subang.

"Ya," jawab Yosef.

"Jadi gak tidur sama istri?" tanya Kapolres Subang.

"Gak, istri dengan anak di sini," kata Yosef.

"Bapak tinggal sendiri ?" kata Sumarni.

"Iya, di sana," kata Yosef.

"Apa punya keluarga baru ?" kata AKBP Sumarni.

Ditanya soal keluarga baru, Yosef tampak mengalihkan pembicaraan dengan Kapolres Subang.

Baca Juga: Terkuak, Rupanya Ini Pemilik Sepatu Putih di TKP Pembunuhan di Subang, Foto Suami Korban Dijemput Polisi Beredar

Instagram

AKBP Sumarni, Kapolsek Subang saat memeriksa TKP pembunuhan di Subang. Suami korban grogi dicecar pertanyaan kunci pembunuhan keji itu.

Pembunuhan di Subang memang masih menyimpan misteri. Cara pelaku masuk ke rumah dan menghabisi Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu terus diselidiki oleh aparat kepolisian.

Beberapa spekulasi yang muncul terkait cara pelaku masuk ke dalam rumah Tuti dan Amalia Mustika Ratu di Desa Jalan Cagak, Subang, Jawa Barat. Pasalnya Kapolres Subang AKBP Sumarni mengatakan dari hasil olah TKP tak ada kunci rumah yang rusak.

"Hasil cek TKP, bahwa pintu masuk dan belakang area masuk tidak terjadi kerusakan pintu seperti pencongkelan. Diperkirakan tidak ada motif pencurian, karena tidak tidak ada barang berharga hilang kecuali ponsel korban," kata AKBP Sumarni.

AKBP Sumarni juga sempat bertanya pada Yosef, suami Tuti yang juga ayah Amalia Mustika Ratu. Sumarni menanyakan kebiasaan Tuti jika tidur apakah mengunci pintu rumah.

"Kalau tidur ibu dikunci gak pintunya?" tanya AKBP Sumarni dikutip dari akun Youtube Heri Susanto.

"Dikunci," jawab Yosef.

Yosef mengaku saat ia pertama kali datang pintu sudah tak lagi terkunci. Sumarni menanyakan kebiasaan Tuti jika tidur apakah mengunci pintu rumah.

Baca Juga: Pelaku yang Hapus Foto Amalia Mustika Ratu Terungkap, Polisi Gunakan Senjata Pamungkas, Endus Jejak Digital Pembunuhan di Subang

Istimewa

Yosef Hidayah, ayah Amalia Mustika Ratu kembali diperiksa polisi dalam persitiwa pembunuhan di Subang, Jawa Barat.

"Kalau tidur ibu dikunci gak pintunya?" tanya AKBP Sumarni dikutip dari akun Youtube Heri Susanto.

"Dikunci," jawab Yosef.

Yosef mengaku saat ia pertama kali datang pintu sudah tak lagi terkunci.

"Tadi bapak datang pintunya terbuka atau dikunci?" tanya AKBP Sumarni.

"Karena mungkin udah terjadi, udah terbuka," kata Yosef.

AKBP Sumarni sempat heran pelaku bisa masuk ke dalam rumah tanpa merusak kunci.

"Kok bisa dia buka kunci yah? kuncinya ada gak ?" tanya AKBP Sumarni.

Yosef menduga istrinya, Tuti, sempat membukakan pintu untuk pelaku.

"Gak, mungkin bu dibuka sama istri saya," kata Yosef.

"Kuncinya ada di mana ?" tanya Sumarni.

"Ada di bagian dalam, " timpal seseorang di sampingnya.

"Nah itu nanti ditanyakan," pesan Kapolres Subang AKBP Sumarni.

Baca Juga: Misteri Foto Amalia Mustika Ratu Lenyap di Instagram Terkuak, Korban Pembunuhan di Subang Datang Lewat Mimpi, Ini Pesannya

Sebelumnya Kuasa Hukum Yosef, Rohman Hidayat menerangkan ada sejumlah orang yang memiliki akses masuk ke rumah Tuti. Mereka adalah Yosef, Yoris, Tuti juga Amalia.

Menurut Rohman Hidayat selain keluarga inti, ada keponakan Tuti yang juga memiliki akses masuk ke rumah tersebut.

"Pak Yosef kepada saya berbicara bahwa salah satu dari keluarga korban itu yang memiliki akses datang ke rumah selain kedua korban, anak tertuanya Yoris dan pak Yosef sendiri," kata Rohman Hidayat seperti dikutip dari Tribun Jabar. Dia adalah Danu, keponakan Tuti yang juga pengurus Yayasan Bina Prestasi.

Rohman Hidayat mengatakan berdasar keterangan Yosef, Danu kerap kali datang pada malam hari. "Saksi lainnya itu sering datang ke rumah malam-malam, saya kurang tau jelas memang sudah biasa aja bahwa D sering datang kerumah, itu menurut keterangan Yosef, ya," ujarnya.

Rohman Hidayat mengatakan karena memiliki akses masuk, Danu bisa datang kapan saja ke rumah Tuti. "Bisa kapan aja masuk," kata Rohman Hidayat.

Saat pemanggilan ke 6 pada Sabtu (4/9/2021) Yosef dipanggil untuk dikonfrontasi dengan Yoris dan Danu. "Ibu M tidak dipanggil. Hari ini dipanggil Pak Yosef beserta anaknya Yoris dan dari Yayasan Bina Prestasi Nasional, saksi atas nama Danu. Untuk materinya belum tahu," kata Rohman.

"Yang pasti pemanggilannya untuk dikonfrontir dengan keterangan saksi Yoris dan D," kata Rohman Hidayat. Ia menambahkan, sehari sebelumnya, Jumat (3/9/2021), Yosef juga sempat dipanggil oleh penyidik Satreskrim Polres Subang.

Baca Juga: Suami Korban Pamer Foto Wanita Muda, Motif Pelaku Pembunuhan di Subang Terbongkar, Indigo: Dia Masih Keluarga

Instagram

Rohman Hidayat, pengacara Yosef Hidayah, suami korban mengunggah foto menohok di akun Instagram pribadinya.

"Kemarin dipanggil untuk tes psikologi. Sudah selesai. Soal materi pertanyaannya belum tahu. Tapi intinya Pak Yosef kooperatif," kata pengacara Yosef itu.

Rohman Hidayat sejak awal mendampingi suami korban pembunuhan di Subang saat menghadapi pemeriksaan di Mapolres Subang. Rupanya pengacara Yosef ini sudah berteman lama dengan suami korban. Hal ini tampak dari keakraban mereka, salah satunya ditunjukkan dengan bermain golf bersama. Saat bermain golf, Rohman Hidayat sempat mengunggah foto bareng Yosef dengan dibubuhi kalimat "I'll stand by you, Mang Yosef." Foto pengacara Yosef dan suami korban dapat di lihat di bawah ini.

Usai pemeriksaan suami korban yang ketujuh kalinya, pengacara Yosef mengungkap pesan terselubung lewat foto ini di akun Instagram pribadinya. Rohman Hidayat mengunggah foto dirinya saat diwawancara oleh sebuah stasiun TV nasional soal pembunuhan di Subang. Dalam keterangan foto itu, Rohman Hidayat menyisipkan pesan terselubung, "in the crowded time, all you need is good lawyer to lead the way."

Instagram

Pengacara Yosef mengungkap pesan terselubung lewat fotyo ini usai suami korban dicecar pertanyaan kunci soal pembunuhan di Subang.

Pengacara Yosef kembali menyatakan kliennya yang bersikap kooperatif dan meminta publik untuk tidak menghakimi secara pihak.

Pengacara Yosef memang sudah berulangkali menyebutkan kepada publik, penetapan tersangka hanya bisa dilakukan oleh polisi. Dia juga meminta agar publik tidak menyudutkan suami korban yang hingga kini bersatus sebagai saksi.

Baca Juga: Terkuak Satu Per Satu Fakta Pembunuhan di Subang, Istri Muda Yosef Rebutan Jabatan Mentereng, Misteri Foto Amalia Lenyap di Instagram Terpecahkan

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya