Nekat Lakukan Penistaan Agama, Youtuber Muhammad Kece Akhirnya Ditangkap Polisi, Ternyata Sembunyi di Tempat Ini

Rabu, 25 Agustus 2021 | 20:01
YouTube

Youtuber Muhammad Kece akhirnya ditangkap polisi.

Suar.ID - Nekat Lakukan Penistaan Agama, Youtuber Muhammad Kece Akhirnya Ditangkap Polisi, Ternyata Sembunyi di Tempat Ini.

Youtuber Muhammad Kece yang diduga melakukan tindak pidana penistaan agama akhirnya ditangkap pihak kepolisian pada Rabu (25/8/2021).

Sebelumnya, YouTuber dengan nama channel Muhammad Kece mengundang kontroversi dan dikecam beberapa ulama lantaran narasi dan ucapannya dikhawatirkan akan memicu emosi umat islam.

Untuk itu, MUI meminta aparat kepolisian segera menindaklanjuti video itu.

Baca Juga: Wajah Gantengnya Tak Lagi Wara-wiri di TV, Sosok Bule ini Usai Cerai dari Perempuan Asal Aceh yang Buatnya Mualaf Malah Dikabarkan Pindah Agama Lagi

Dia pun telah dilaporkan ke Bareskrim Polri dengan nomor polisi nomor 500/VIII/SPKT/Bareskrim Polri tanggal 21 Agustus 2021.

YouTuber itu melakukan streaming dengan nada merendahkan dan melecehkan Nabi Muhammad SAW serta agama Islam.

Di antara ucapan Muhammad Kece yang dipersoalkan, dia menyebut kitab kuning yang diajarkan di pondok pesantren menyesatkan dan menimbulkan paham radikal.

Terkait penangkapan Muhammad Kece, hal tersebut dibenarkan oleh Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto.

Baca Juga: Sosok Ini Terang-terangan Bilang Ada Masalah Dalam Rumah Tangga Tyas Mirasih Dan Suami, Tapi Nggak Mau Membongkarnya Dulu: Pasti Ada Alasan, Tidak Ada Perkara Yang Diajukan Tanpa Alasan

Dia membenarkan pelaku telah tertangkap di Bali.

"Sudah ditangkap di Bali," kata Agus saat dikonfirmasi Tribunnews, Rabu (25/8/2021).

Rencananya, kata Agus, penyidik Polri bakal membawa Youtuber tersebut ke Bareskrim Polri untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut terkait unggahannya yang dianggap menistakan agama.

"Hari ini akan dibawa ke Bareskrim," tukasnya.

YouTube

Foto tampang Youtuber Muhammad Kece yang bikin Majelis Ulama Indonesia (MUI) murka banyak dicari di media sosial.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Inilah Fitria Yusuf Putri Yusuf Hamka Yang Pindah Keyakinan Karena Terinspirasi Cita-cita Ayahnya | Irfan Hakim Rugi 24 Miliar, Hampir Jotos Pencuri Arwana Mahal Temannya

Selain itu, masyarakat yang turut menyebarkan ulang atau repost video Youtuber Muhammad Kece yang diduga sebagai tindak pidana penistaan agama juga bisa berpotensi melanggar undang-undang ITE.

"Ya bisa (kena UU ITE), cuma kita lagi fokus kepada yang membuat," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu (25/8/2021).

Ahmad mengakui konten Muhammad Kece memang banyak dibagikan oleh masyarakat lain.

Ia meminta agar tidak menyebarkan video yang diduga menistakan agama tersebut.

Baca Juga: Inilah Sosok Fitria Yusuf Putri Jusuf Hamka yang Pindah Keyakinan karena Terinspirasi Cita-cita Ayahnya, Punya Jabatan Mentereng Meski Usianya Masih Muda

Apalagi, kata Ahmad, pihak kepolisian dan Kemenkominfo tengah berupaya untuk dapat memblokir sejumlah konten yang diunggah oleh Youtuber Muhammad Kece tersebut.

"Ada masyarakat yang membagikan secara liar.

Sementara konsentrasi yang dilakukan Polri dan Kominfo adalah akun MK.

Jadi bisa saja, postingan itu masih ada, tapi bukan lagi ditemukan dari postingan MK," ujarnya.

YouTube

Youtuber Muhammad Kece bak menantang MUI yang mendesak polisi untuk menjebloskan dia ke bui. Foto Muhammad Kece dikulik.

Baca Juga: Nggak Nyangka, Negara di Timur Tengah Ini Ternyata Malah Punya 18 Agama lho!

Di sisi lain, ia mengingatkan masyarakat untuk lebih berhati-hati membagikan postingan yang menyinggung SARA dan berpotensi melanggar UU ITE.

"Kita mengimbau kepada masyarakat agar postingan yang memiliki konten dapat berisiko bersangkutan menjadi pelaku atau jadi tersangka UU ITE agar dihindari karena akan berisiko, akan membuat kegaduhan, juga akan berpotensi memecah belah.

Resiko yang memposting akan dapat menjadi pelaku UU ITE," tukasnya.

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Tribunnews

Baca Lainnya