Pisah dari Lekagak Telenggen, Pemimpin KKB Papua Baru ini Langsung Diburu Satgas Saat Buka Kekuasaan di Yahukimo Usai Punya Senjata Rampasan dari TNI

Rabu, 25 Agustus 2021 | 15:03
dok. TPNPB - OPM

Ilustrasi KKB Papua

Suar.ID -Pemimpin KKB Papua baru yang bernama Tendius Gwijangge alias Tendinus Murib masih saja terus berbuat onar di Kabupaten Yahukimo.

Bahkan, pada Minggu (22/8) lalu, kelompok ini pun diduga menembak mati 2 pekerja PT Indo Papua di Yahukimo.

Selain itu, KKB Papua pun juga sampai nekat membakar mobil yang digunakan 2 pekerja ini hingga hangus.

Satgas Nemangkawi pun memastikan pelaku aksi kriminal bersenjata di Yahukimo dalam 2 minggu terakhir ini KKB pimpinan Tendius Gwijangge.

Baca Juga: Hingga Kini Masih Jadi Buronan, Satgas Nemangkawi Bocorkan Alasan 2 Pemimpin KKB Papua ini Jadi Sosok Paling Berbahaya, Siapa Saja Ya?

Dilansir Kompas.com, KKB pimpinan Tenius Gwijangge ini memiliki senjata rampasan dari TNI.

Kelompok ini pun juga menyerang rombingan Satgas Nemangkawi ketika hendak mengevakuasi pekerja PT Indo Papua pada Senin (23/8).

"Iya, ini kelompoknya Tenius," ujar Kasatgas Gakum Nemangkawi, Kombes Faisal Ramadhani, melalui sambungan telepon, Selasa (24/8/2021).

Dari kontak senjata yang terjadi ini Satgas Nemangkawi ini pun berhasil mengidentifikasikan kalau kelompok Tendius Gwijangge ini memegang 6 senjata api.

Baca Juga: Bikin Bangga Indonesia, TNI Berhasil Gempur Habis-habisan dan Kuasai Markas KKB Papua Berawal dari Patroli Drone, Kasatgas: Sudah Dikuasai!

"Ada juga senjata hasil rampasan milik TNI, senjata itu pakai teleskop jadi tembakan mereka lebih terbidik," kata Faisal.

Soal jumlah anggota KKB Tenius Gwijangge, Faisal pun akui belum bisa memastikannya dikarenakan tim masih melakukan observasi.

Satgas Nemangkawi
Satgas Nemangkawi

Jasad korban KKB dibawa oleh petugas.

Personel Satgas Nemangkawi dipastikan akan kembali mendatangai lokasi pembunuhan 2 pekerja PT Indo Papua di Jembatan Kali Yegi yang berjarak 27 Km dari Kota Dekai.

Baca Juga: Niat Hati Pamer Kemesraan Istri Muda dengan Anak Kandungnya, Ahmad Dhani Kena Semprot Netizen Gara-gara Hal Ini: Sayang Aurat Mbak Mulan

"Malam ini kami akan susun strategi untuk besok kami ke TKP," kata Faisal.

Sementara itu, personel Satgas Nemangkawi yang mencoba mengevakuasi 11 pekerja PT Indo Papua pada Senin (23/8), terlibat kontak senjata dengan KKB sebanyak 3 kali, baik saat berangkat maupun saat kembali ke Kota Dekai.

Ada 4 personel yang mengalami luka antara lainAKP I Putu Edi Wirawan yang terkena rekoset di leher, Iptu Arif Rahman tertembak di helm, Bripka Irwan terkena rekoset di kaki kanan, dan Bharatu Nimrot mengalami rekoset di tangan kanan.

"Saat ini anggota yang mengalami luka tembak telah mendapatkan perawatan medis," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal, melalui keterangan tertulis, Senin (23/8/2021).

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Yosef Asyik Bareng Istri Muda Saat Istri Dan Anaknya Tewas Dibunuh Di Subang | Gisel Keceplosan, Gading Marten Ternyata Masih Sering Nginep Di Rumahnya

Siapakah Tendius Gwijangge?

Istimewa

KKB Papua yang meresahkan warga Pegunungan Tengah.

Usut punya usut, sosok Tendius Gwijangge ini merupakan orang baru di Yahukimo karena sebelumnya ia kerap berpindah lokasi.

"Kelompok ini adalah kelompok Nduga yang awalnya bergabung dengan kelompok Lekagak (Telenggen)," ujar Direskrimum Polda Papua, Kombes Faisal Ramadhani, di Jayapura, Jumat (25/6/2021).

Baca Juga: Innalilahi, Roger Danuarta Ungkap Kabar Duka, Rezky Aditya: Semoga Diterima di Sisi Allah

Kala itu, Tendius Gwijangge ini ikut bersama Lekagak Telenggen di Distrik Yambi, Kabupaten Puncak.

Tapi setelah Satgas Nemangkawi ini melakukan Penegakan hukum di lokasi ini ia pun akhirnya pecah dari kelompok Lekagak.

"Jadi di Distrik Yambi (Kabupaten Puncak) pada 2018 setelah kita melakukan penindakan, Lekagak bergeser ke arah Ilaga, sedangkan Tendius Gwijangge ini geser ke arah Nduga, mereka pecah," kata dia.

Baca Juga: Rumah Tangganya Sempat Dikabarkan Sedang Diujung Tanduk, Celine Evangelista Pun Bongkar Kalau Kebersamaannya dengan Stevan William Terhalang Hal ini, Apa Ya?

Bergeser ke Yahukimo

Faisal pun menyebutkan kalau karena di Nduga ini sudah ada kelompok Egianus Kogoya, maka Tendius pun akhirnya bergeser ke Yahukimo.

"Dari Nduga dia geser ke arah Yahukimo. Apakah sekarang dia berdiri sendiri atau tidak, kita sedang profiling," kata Faisal.

Baca Juga: Nggak Sadar Umur? Ashanty Blak-blakan Ogah Dipanggil Nenek oleh Anak Aurel dan Atta, Sampai Merengek kepada Anang Hermansyah

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Sumber : KOMPAS.com

Baca Lainnya