4 Cara Mengatasi Anosmia, Salah Satunya Berhenti Kebiasaan Merokok

By Dinni Kamilani, Jumat, 20 Agustus 2021 | 14:01 WIB
Kebiasaan merokok berdampak buruk pada kesehatan. (Dok. Shutterstock)

NOVA.id - Anosmia adalah kehilangan penciuman sebagian atau sepenuhnya dan menjadi salah satu gejala Covid-19. Kendati demikian, kondisi ini sebetulnya tak hanya disebabkan oleh infeksi Covid-19 saja.

Anosmia adalah masalah kesehatan yang terasa sepele namun cukup mengganggu. Selain mengalami gangguan indra penciuman, penderita anosmia praktis juga tidak peka rasa karena kedua indra saling berhubungan.

Kondisi ini membuat nafsu makan penderita anosmia menurun. Tak hanya itu, apabila berlangsung lama, orang yang tidak bisa mencium bau dan rasa dapat mengalami frustasi.

Baca Juga: Mengalami Gejala Covid-19 dan Takut Tularkan ke Keluarga? Lakukan Hal IniMelansir dari Kompas.com, berikut beberapa cara mengatasi anosmia baik dengan obat atau secara alami:

1. Obat anosmiaMelansir Healthline, jika anosmia disebabkan pilek atau alergi, dokter biasanya tidak memberikan obat khusus karena gangguan kesehatan ini bisa sembuh dengan sendirinya.

Jika gejala tak kunjung membaik setelah beberapa hari, periksakan diri ke dokter. Penggunaan obat dekongestan dan antihistamin dapat mengatasi hidung yang tersumbat terkait pilek, flu, sampai alergi.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan 440.000 Nakes dan 23.000 Vaksinator untuk Distribusi Vaksin