Masyarakat Indonesia Kena Tipu! Ternyata Ahli Kesehatan Buktikan Air Kelapa, Madu, dan Garam Tak Mengatasi Covid, Justru Bisa Bahaya Bagi Penderita Penyakit Ini

Kamis, 05 Agustus 2021 | 07:30
Kolase freepik

Air kelapa campur jeruk nipis dan garam ternyata tidak bisa sembuhkan Covid-19 malah sebabkan penyakit serius ini

Suar.ID -Sejak pandemi virus Corona melanda Indonesia, masyarakat berbondong-bondong untuk membentengi diri dari virus ini.

Beragam cara dilakukan untuk mengatasi Covid-19.

Sempat terjadipanic buying pada beberapa komoditas yang membuat harganya tidak stabil di pasaran.

Salah satu yang sempat tren di perbincangan masyarakat umum adalah air kelapa yang ditambah madu dan jeruk nipis plus garam bisa sembuhkan covid-19.

Kandungan isotonik yang terdapat pada air kelapa, juga mineral pada garam, dan zat-zat baik pada madu dipercaya bisa memperkuat imun untuk melawan virus ini.

Oleh sebab itu, air kelapa muda begitu diburu ketika ada orang terdekat terkonfirmasi positif covid-19.

Namun kini, ahli kesehatan buktikan bahwa ramuan air kelapa ini ternyata tak mampu membunuh virus covid-19 dalam tubuh.

Alih-alih menyehatkan, minuman ini justru bahaya bagi penderita penyakit ini.

Baca Juga: Sampai Geleng-geleng Kepala Lihat Khasiatnya, Rutin Minum Segelas Air Kelapa Ternyata Miliki Segudang Manfaat Ini Bagi Kesehatan

hellosehat.com

Ilustrasi maag

Dikutip dariNakita,pemahaman masyarakat tentang ampuhnya air kelapa, madu, jeruk nipis dan garam ini perlu diluruskan.

Pasalnya, ada sebagian masyarakat yang rela minum ramuan ini hampir setiap hari demi membentengi diri dari virus covid-19.

Sayangnya, mereka tak cukup paham bahwa pada orang-orang dengan riwayat penyakit lambung justru berbahya meminum ramuan ini.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 PB IDI, Profesor Zubairi Djoerban menegaskan informasi air kelapa campur jeruk untuk membunuh virus corona ini hanya hoaks.

"Contoh WhatsApp tak bertanggung jawab. Tentang air kelapa yang diklaim bisa sembuhkan Covid-19. Ini klaim palsu," jelas Prof Zubairi di Twitter, Rabu (21/7/2021).

Kemudian Prof Zubairi juga menerangkan secara gamblang terkait bahayanya air kelapa dan madu ditambah garam ini jika diminum oleh penderita maag.

Sebab, beberapa dokter lainnya sudah menemui beberapa kasus pasien yang akhirnya ia larang untuk ikut-ikutan minum ini.

Baca Juga: Tak Cuma Wanita Hamil, Nyatanya Satu Indonesia Masih Banyak yang Tak Tahu Kalau Orang-orang dengan Kondisi ini Malah Tak Bisa Diberi Vaksin Covid-19, Apakah Anda Salah Satunya?

"Kalau orang ada masalah dengan maag, itu bisa jadi problem. Jeruk nipis asam sama garam asin, maag-nya bisa kambuh. Saya terus terang saja juga ada pasien-pasien dapat jeruk nipis, jadi maag-nya kambuh," ujar dr Ari dilansir dari laman Satgas COVID-19 viaKompas.com

Oleh sebab itu, para ahli kesehatan tidak merekomendasikan untuk minum air kelapa dan madu yang ditambah garam sebagai obat covid.

Pada dasarnya, minuman ini tidak berbahaya dan bisa diminum sesekali karena zat-zat baik di dalamnya.

Tapi jika dipahami secara sempit bahwa minuman ini bisa berbahaya pada kondisi tertentu.

Selain itu, masyarakat dihimbau untuk tidak mudah percaya pada informasi yang tersebar luas di media sosial.

Bagaimana pun, dengan riwayat penyakit tertentu, setiap pasien perlu mengonsultasikan obat yang diminumnya dengan dokter yang menangani.

Baca Juga: Nggak Melulu Punya Efek Buruk, Stres Ternyata Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh, Begini Kata Ahli

Editor : Moh. Habib Asyhad

Sumber : Kompas.com, Nakita

Baca Lainnya