Pasti Nyesel Kalau Baru Tahu Sekarang, Ternyata Orang dengan Golongan Darah ini Malah Lebih Beresiko Terkena Diabetes, Begini Penjelasnnya...

Sabtu, 17 Juli 2021 | 14:31
freepik/lek_suwarin

Ilustrasi golongan darah

Suar.ID - Golongan darah tiap manusia ini memanglah berbeda-beda.

Seperti yang diketahui, terdapat 4 golongan darah yang ada, mulai dari A, B, O, dan AB.

Tak banyak yang tahu kalau di balik golongan darah tiap orang ini dapat memperlihatkan kerentanan tubuh pada beberapa penyakit.

Bahkan ada golongan darah yang lebih beresiko terkena diabetes ini.

Baca Juga: Pemilik Golongan Darah Ini Perlu Hati-hati Saat Idul Adha, Sebab Mengonsumsi Daging Berlebihan Bisa Ancam Nyawanya, Ini Dia Penjelasan dari Dokter

Lalu golongan darah apa yang lebih rentan terkena diabetes ini?

Dilansir Nakita.ID, berikut penjelasan mengenai golongan darah yang rentan terkena diabetes ini.

Orang dengan golongan darah ini lebih beresiko terkena diabetes

Diabetes ini dibagi menjadi 2 yaitu tipe 1 dan tipe 2.

Untuk diketahui, Diabetes tipe 1 ini adalah penyakit yang dianggap sebagai penyakit autoimun di mana tubuh penderita ini menyerang sel-sel di pankreas.

Baca Juga: Masih Ingat Sosok Gugun Gondrong, Presenter yang Idap Demensia? Ternyata Pemilik Golongan Darah Ini Rentan Menjadi Penderita Penyakit dari Gugun Gondrong Ini, Berikut Penjelasannya

Akibatnya pun tubuh nantinya menjadi tak bisa memproduksi insulin.

Sedangkan, diabetes tipe 2 ini merupakan saat tubuh ini menjadi resisten terhadap hormon insulin atau tak menghasilkan cukup insulin.

Freepik/xb100

Ilustrasi diabetes

Dilansir Kompas.com, sebuah penelitian pada 2020 yang ditertibkan dalam Internasional Journal of Chronic Diseases, menemukan kalau dalam kelompok masyarakat yang terdiri dari 424 orang, golongan darah O ini dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.

Sedangkan golongan darah B dikaitkan dengan peningkatan resiko.

Baca Juga: Disebut Berkali-kali Setubuhi Gisel Di Banyak Tempat Saat Masih jadi Istri Gading Marten di Berbagai Kota, Nobu Akhirnya Bicara yang Sebenarnya

Sementara, penelitian yang ditertibkan dalam Journal Public Health Genomics pada 2020 lainnya.

Dalam penelitian ini meneliti 750 partisipan dan menemukan kalau risiko terkena diabetes tipe 2 lebih tinggi pada pemilik golongan darah A.

Tak cuma itu, penelitian yang ditertibkan dalam internasional Journal of Hematology dan Blood Disorder pada 2017 dari Pakistan.

Para peneliti pun menemukan hasil yang serupa.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Hamil Duluan, Alasan Nadia Christina Mau Dikawini Alfath Fathier Yang Baru Kenal 3 Bulan | Gisel Dituding Berhubungan Badan Dengan Nobu Lebih Dari 5 Kali, Gading Marten Disebut Dekat Dengan Sosok Ini

Selain itu, para peneliti juga mengungkapkan kalau dalam 2.258 mahasiswa, kelompok partisipan dengan golongan B lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes dibandingkan dengan pemilik golongan darah lainnya.

Namun, di sisi lain penelitian yang diterbitkan dalam Journal Diabetologia pada Maret 2015.

Penelitian menunjukkan kalau 82.104 wanita, partisipan dengan golongan darah O memiliki risiko lebih rendah untuk diabetes tipe 2.

Baca Juga: Rakyat Jelata yang Kesulitan Dapat Akses Faskes Cuma Bisa Iri, Maia Estianty Langsung Kirim Nakes dan Obat-obatan untuk Al Ghazali Ketika Terkonfirmasi Positif Covid: Ngebut Kayak Ferrari!

Sedangkan, pemilik golongan darah A dan golongan darah B ini terbukti mempunyai risiko yang lebih tinggi untuk mengalami penyakit diabetes.

Photo by Artem Podrez from Pexels
Photo by Artem Podrez from Pexels

Ilustrasi memeriksa kadar gula darah. Apa saja hal yang bisa memicu kadar gula darah naik?

Kendati demikian, penelitian diatas soal hubungan golongan darah dan diabetes masih sangat bertentangan maka diperlukan penelitian lebih lanjut.

Anda pun bisa menjaga gula darah tetap seimbang dengan diet rendah karbohidrat, makan sedikit karbohidrat olahan, dan kurangi asupan gula.

Baca Juga: Tak Mau Ongkang-ongkang Kaki Meski jadi Istri Muda Komedian Terkenal, Istri Kedua Aziz Gagap Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Selain itu jangan lupa untuk rutin berolahraga dan makan lebih banyak serat agar diabetes tak mengancam Anda.

Baca Juga: Keblinger Cinta Pria Muda Sampai Kepleset Lubang Setan, Wenny Ariani Blak-blakan Berani Muncul ke Publik Gara-gara Kepancing Celetukan Rezky Aditya Sendiri

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Sumber : Nakita.ID

Baca Lainnya