Find Us On Social Media :

Heboh Video Soal Perbedaan Oximeter Palsu dan Asli, Ini Kata Dokter Spesialis Paru

By Citra Widani, Selasa, 13 Juli 2021 | 10:30 WIB

Ilustrasi oximeter

Laporan wartawan Grid.ID, Citra KharismaGrid.ID - Belakangan ini warganet dihebohkan dengan video dari salah satu video TikTok yang diunggah ulang di Twitter soal perbedaan oximeter palsu dan asli.Selama pandemi Covid-19, oximeter menjadi salah satu benda yang banyak dicari untuk mengetahui saturasi oksigen dan denyut jantung.Dalam video berdurasi kurang lebih 1 menit itu terdapat 2 oximeter berwarna biru dan putih.Kedua oximeter tersebut sama-sama dimasukan sebuah pensil.Oximeter berwarna putih tak mendeteksi apapun, sedangkan oximeter berwarna biru justru mengeluarkan tingkat saturasi oksigen lengkap dengan denyut jantung."Jadi jangan salah beli. Masukkan pensil ke dalamnya, kebaca nggak tulisannya. Kalau terbaca, berarti Anda sudah tertipu," kata pria dalam video tersebut, dikutip dari Twitter @9itmr, Senin (12/7/2021).

Baca Juga: Ditolak Berhubungan Badan, Seorang Pelajar SMA di NTT Habisi Nyawa sang Tante hingga Lakukan Hal Mengejutkan iniVideo pendek itu telah ditonton sebanyak 64,9 ribu kali, dibagikan sebanyak 2.141 kali, dan disukai sebanyak 4.545.

Dokter spesialis paru Konsultan Onkologi di RSUD dr. Pirngadi Medan Dr. Moh Ramadhani Soeroso, M.Ked(Paru), Sp.P-K.Onk mengatakan bahwa video tersebut memang masuk akal.