Sonny Wanimbo Bantah Soal Tuduhan Ia Menjadi Donatur KKB Papua, Mengaku Tak Kenal Neson Murib: Saya Kuliah di Jakarta, Dia di Bali

Selasa, 22 Juni 2021 | 18:37
Tribunnews.com

Sonny Wanimbo

Suar.ID - Sonny Wanimbo, Ketua DPRD Tolikara, membantah soal tuduhan ia menjadi donatur KKB di Papua.

Tudingan ini muncul setelah Satgas Nemangkawi menangkap Ratius Murib alias Neson Murib.Mengutip dari situs Tribun-Papua.com, Sonny mengaku tidak kenal dengan Neson Murib."Ketemu saja tidak pernah, apalagi mau transfer. Dia (tersangka) orang (Kabupaten) Puncak Jaya sementara saya orang Tolikara.""Bilang saya teman kuliah? Gimana ceritanya saya kuliah di Jakarta, dia di Bali," kata Sonny di Jayapura, Sabtu (19/6/2021) dikutip dari Tribunnews.com.

Baca Juga: Kaesang Kepergok Genggam Erat Tangan Nadya Arifta, Netizen Malah Sentil Felicia Tissue: Mantannya Merasa yang Paling Tersakiti SeduniaSonny mengatakan bahwa dirinya siap dipanggil penyidik Polda Papua untuk dimintai keterangan sebagai saksi."Kalau ada surat pemanggilan, saya siap," kata dia.Terkait tuduhan yang menjerat Sonny tersebut, NasDem menyatakan siap membela Ketua DPRD Tolikara ini.

Baca Juga: Umi Kalsum Sesumbar Ayu Ting Ting Sedang Dekati Pria Bule, Sebut Bakal Pensiun jadi Artis jika Menikah: Silahkah Mau Dibawa Kemana Juga

Kuasa Hukum DPW Partai NasDem Papua, Aloysius Renwarin, mengatakan pihaknya akan memberikan pendampingan hukum bagi Sonny.Bahkan, ia menuturkan sudah ada lebih dari 100 pengacara yang siap mendampingi Sonny."Apabila ada panggilan polisi, pasti kita akan lakukan pendampingan hukum," ucapnya, Sabtu, dilansir Tribun-Papua.com.

Tribunnews.com

Sonny Wanimbo

Meski begitu, hingga saat ini belum ada surat panggilan dari Polda Papua untuk Sonny.Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Tolikara, Papua, Sonny Wanimbo, dituding menjadi donatur Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.Tudingan ini muncul setelah Satgas Nemangkawi menangkap Neson Murib.

Baca Juga: Tiba-tiba Seekor Burung Gagak Nyelonong Masuk dan Berputar-putar di dalam Rumah, Wanita Ini Langsung dapat Kabar Buruk dari Keluarganya, Inilah Arti 5 Macam Burung Masuk ke Rumah Menurut Primbon Jawa

"Neson Murib membawa uang cash pecahan Rp 100 ribu sebanyak Rp 370 juta untuk bertemu dengan saudara Dewan Wenda yang mana bersedia membantu Neson Murib membeli senjata dan amunisi di Kabupaten Timika," kata Kasatgas Humas Nemangkawi, Kombes Pol Iqbal Alqudusy, dalam keterangannya, Rabu (16/6/2021), dilansir Tribunnews.com.Pihaknya menduga uang tersebut diberikan Sonny pada Neson bulan April 2021 lalu di sebuah hotel di Papua.

Tribunnews.com

Neson Murib

Dugaan tersebut, kata Iqbal, didasari bukti kuat yang dimiliki pihaknya terkait transaksi antara Sonny dan Neson.Sonny merupakan kader muda Partai NasDem yang dilantik menjadi Ketua DPRD Tolikara saat usianya masih 26 tahun.Mengutip dari situs partainasdem.id, pria bernama lengkap Sonny Arson Wanimbo ini dilantik sebagai Ketua DPRD Tolikara periode 2019-2024.

Editor : Adrie Saputra

Sumber : Tribunnews.com, Tribun-Papua.com

Baca Lainnya