Lenyap Sendiri Tanpa Digosok, Semudah ini Merontokkan Kerak Hitam pada Pantat Wajan

Selasa, 15 Juni 2021 | 06:00
pixabay

Ilustrasi wajan hitam di atas kompor.

GridHITS.id -Inilah cara efektif membersihkan kerak hitam pada pantat wajan.

Membersihkan peralatan memasak di dapur merupakan rutinitas yang melelahkan.

Seperti pantat wajan yang mulai menghitam dan berkerak.

Berkali-kali digosok dengan sekuat tenaga pun terkadang panci atau wajan tak bisa sebersih yang kita inginkan.

Namun jangan khawatir ternyata masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah.

Cukup dengan bahan-bahan murah ini panci kamu sudah terlihat seperti baru lagi.

Baca Juga: Jangan Lagi Simpan Masakan dalam Panci Stainless Steel, Hati-hati Ada Campuran Logam yang Bisa Larut Dalam MakananUntuk kamu yang senang masak, tak perlu repot membuang panci dan wajan yang sudah berkerak dan gosong.Soalnya, kerak dan bekas gosong pada panci bisa dihilangkan dengan bahan alami yang murah dan mudah didapat.

Cara membersihkan panci yang gosong bisa dimulai dengan mengenali masalahnya.Misalnya, apakah kerak gosongnya terjadi langsung pada permukaan panci.

Atau juga bisa bercak gosongnya merupakan kerak sisa masakan yang menempel di panci maupun wajan.Untuk mengatasinya, ini tips membersihkan pantat wajan berkerak dengan bahan yang murah dan mudah dibeli.1. CukaUntuk membersihkan bagian bawah panci dan penggorengan yang gosong, cukup ambil secangkir cuka makan.Tambahkan dengan beberapa sendok makan baking soda tergantung besarnya noda gosong, lalu beri sedikit air.Untuk menggosoknya, pakailah spons bertekstur kasar.

Baca Juga: Selama Ini Kita Salah, Ternyata Merendam Panci Rice Cooker untuk Membersihkan Sisa Nasi Bisa Merusak Lapisan Panci dan Membuat Nasi Cepat Basi

Selain dengan baking soda, cuka juga dapat dikombinasikan dengan garam.Caranya, isi air ke pantat wajan.Masukkan garam dan cuka, lalu rebuslah air dan campuran garam-cuka tersebut hingga mendidih.Setelah airnya dingin, cuci panci seperti biasa karena kerak gosongnya sudah lebih mudah diangkat.

2. Beras atau Irisan LemonUntuk membersihkan kerak bagian dalam panci, masukkan segenggam beras dan irisan jeruk lemon yang cukup banyak ke dalam panci.Tambahkan sedikit air hangat dan biarkan beberapa saat, lalu guncang-guncangkan panci. Kerak akan berjatuhan sedikit demi sedikit.

3. Baking SodaMasukkan air mendidih ke dalam panci atau wajan yang gosong.

Tambahkan satu sendok bubuk baking soda dan rendam selama 15 menit sampai semalaman, tergantung tebal/kerasnya kerak gosong.

Baca Juga: Selama Ini Kita Salah, Panci Alumunium Ternyata Tak Boleh Digunakan Untuk Masak Deretan Bahan Ini, Bisa Berubah Jadi RacunKemudian, buang air dan cuci hingga bersih.Yuk, bersihkan panci gosong dan berkeraknya!

Artikel ini telah tayang di Sajiansedap dengan judul Engga Pakai Repot, Begini 3 Cara Bersihkan Kerak Hitam di Pantat Panci dengan Bahan Alami, Langsung Bersih Mengkilap Bak Baru

Editor : Saeful Imam

Sumber : sajiansedap.com

Baca Lainnya